7 November 2018

Cara Menyediakan Menu Makan Malam Untuk Diet Yang Tepat


Untuk Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, ada kalanya merasa galau memilih menu makanan malam hari Anda. Kekhawatiran rusaknya diet karena makan malam kerap kali membuat Anda menghindari makan malam. Walaupun aktifitas malam kita hanyalah beristirahat tapi tubuh tetap butuh asupan nutrisi yang cukup untuk bertahan sampai keesokan pagi.
 
Memang untuk Anda yang sedang berdiet tidak boleh sembarangan memilih menu makanan untuk makan malam Anda. Namun dengan menu makananan malam hari yang tepat akan membuat Anda tidak mudah lapar dan terhindar dari makan malam yang berlebihan. Lantas bagaimana mengatur menu makan malam hari agar diet tetap terjaga?

Perhatikan Bahan Makanan yang Digunakan
 
1.    Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran di malam hari dapat mengurangi asupan kalori sampai dengan 12 persen. Serat yang terkandung dalam sayuran membuat Anda kenyang lebih lama, jadi Anda tidak perlu merasa kelaparan di tengah malam. Alhasil, Anda lebih mudah menjaga berat badan Anda.
 
Orang dewasa dianjurkan mengkonsumsi 400 sampai 500 gram sayuran per hari. Sedangkan untuk Anda yang sedang diet boleh menambahkan sekitar 230 gram lebih banyak sayuran dalam porsi makan Anda dalam sehari.
 
Anda dapat mengolah sayuran menjadi beberapa masakan yang lezat dan mengenyangkan. Olahan sup sayuran, capcay sayuran, tumis kangkung polos, pasti mampu menggugah selera makan Anda. Atau bila Anda tidak ingin repot, Anda cukup kukus sayuran-sayuran seperti brokoli dan kembang kol lalu disantap

2. Tambahkan Protein.
Menurut sebuah penelitian dari Tufts University, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah mengganti asupan karbohidrat dengan protein. Protein pada makanan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau lemak.
 
Pilihan sumber protein seperti daging ayam, makanan laut, dan kacang-kacangan cukup baik untuk menurunkan berat badan. Hindari menu daging merah yang kurang sehat untuk tubuh. Sebagai menu tambahan, Anda dapat mengonsumsi susu yang khusus di formulasikan untuk menangkal pertambahan berat badan dan membangun massa tubuh.
 
Anda harus menjaga kandungan protein dalam menu makanan malam Anda dengan memilih metode memasak yang tepat. Dada ayam tanpa kulit atau salmon dapat Ada panggang atau rebus. Atau Anda boleh juga menumis potongan ayam dengan menambahkan sedikit kaldu untuk menambah rasa dan hindari penggunaan minyak yang banyak.
 
3. Lengkapi Kebutuhan Serat Dengan Gandum Utuh
Mengurangi karbohidrat bukan berarti Anda benar-benar menghilangkan karbohidrat dalam menu makanan Anda. Kuncinya adalah Anda harus mengontrol porsi karbohidrat dalam menu makanan malam Anda. Pilih beras merah, roti gandum utuh atau bayam untuk mengganti porsi karbohidrat menjadi lebih sehat. Kandungan serat yang juga terkandung dalam bahan makanan ini juga membantu membuat Anda kenyang lebih lama.
 
Menu makanan malam hari untuk diet Anda harus dikondisikan semenarik mungkin agar Andapun senang saat memakannya. Berawal dari perasaan senang, maka diet tidak lagi menjadi beban namun berubah menjadi pilihan gaya hidup yang sehat dan menyenangkan.
Selain memperhatikan menu makan malam anda, ada baiknya anda juga perhatikan menu sarapan anda. menu sarapan untuk diet tetaplah harus makanan yang mampu memenuhi kebutuhan energi harian kamu.

picture source : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Cara Menyediakan Menu Makan Malam Untuk Diet Yang Tepat"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.