4 November 2018

Beberapa Cara Mengatasi Gigi Kuning Pada Balita


Kesehatan gigi adalah hal yang juga penting yang anda harus perhatikan untuk balita. Hal ini dikarenakan jika kesehatan gigi balita anda terganggu, bisa membuat anda repot sendiri. Misalnya jika gigi balita anda sudah berlubang. Maka akan menyebabkan rasa sakit dan pastinya anda yang akan repot. Oleh karena itu anda harus ikut membantu anak anda untuk membersihkan gigi. Jika anda malas untuk membawa anda ke dokter gigi, maka anda bisa melakukannya di rumah. Terutama jika gigi anda terdapat noda kuning. Gigi kuning pada balita jangan dibiarkan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Berikut beberapa cara mengatasi gigi kuning pada balita yang bisa dengan mudah anda praktekan di rumah.
 
1. Bersihkan GiGi Kuning Dengan Buah - Buahan
Balita biasanya akan suka dengan buah - buahan. Apalagi rasanya yang manis membuat mereka tak akan menolak untuk memakan buah - buahan. Maka cara menghilangkan gigi kuning pada balita dengan cara ini akan dengan mudah anda lakukan. Namun tidak semua buah bisa menghilangkan noda kuning di gigi. Apalagi buah seperti cherry, blueberry yang justru bisa membuat gigi kuning pada balita bertambah. Hal ini karena kandungan pewarna pada buah tersebut lebih banyak. Buah pertama yang bisa membantu menghilangkan gigi kuning adalah buah jeruk. Jeruk memiliki rasa yang disukai oleh balita. Namun sayangnya jeruk yang ampuh untuk menghilangkan noda kuning pada gigi adalah yang memiliki rasa asam. Sehingga balita akan merasakan rasa asam dan akan banyak mengeluarkan air liur. Air liur karena asamnya jeruk itulah yang bisa menghilangkan noda kuning di gigi balita. Jika ada ragu menggunakan jeruk, anda bisa menggunakan buah strawberry. Anda bisa meminta balita anda untuk langsung memakannya atau dengan memblendernya. Buah strawberry dan jeruk yang asam bisa menghilangkan noda kuning pada gigi karena kandungan vitamin C di dalamnya.
 
2. Menggosok Gigi Secara Teratur
Bukan hanya orang dewasa saja yang wajib untuk menggosok gigi, balita pun wajib melakukannya. Supaya gigi tetap sehat dan bersih. Kebersihan gigi pada balita bisa anda dapatkan jika anda rajin menyuruhnya menyikat gigi. Jika balita belum bisa menyikat gigi sendiri, anda bisa membantunya menyikat gigi. Biasanya mereka takut terhadap bulu sikatnya. Maka anda harus memilih bulu sikat yang selembut mungkin. Anda juga bisa memilh pasta gigi dengan rasa buah, agar anak anda menyukainya. Kemudian pilihlah pasta gigi yang organic, sehingga jika tertelan tidak akan membahayakan anak anda. Anda bisa menyuruhnya menggosok gigi 3 kali sehari. Bisa dilakukan sehabis makan, dan juga sebelum tidur. Anda ajarkan juga bagaimana pola menyikat gigi yang benar. Dengan begitu anak anda akan lebih paham.
 
3. Meminum Air Putih
Anda harus mengusahakan jika anak anda meminum air putih. Karena dengan begitu anak anda akan terbiasa untuk meminum air putih dan bukan minuman berasa. Minuman berasa hanya akan membuat kesehatan gigi terganggu dan juga membuat gigi kuning. Anda bisa membeli botol minum yang menarik, yang ada gambar kartun favorit mereka. Kemudian isi dengan air putih, jadi anak anda tidak mala suntuk meminum air putih. Kandungan air putih sangatlah baik untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Usahakan untuk sesering mungkin balita meminum air putih. Walaupun mereka sudah meminum susu.

picture source : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

2 Responses to "Beberapa Cara Mengatasi Gigi Kuning Pada Balita"

  1. oh, begitu ya. nambah ilmu baru nih. thanks

    ReplyDelete
  2. Iyaas bener banget. Nanti bakal ku ajarin ke anakku, biar gankayak bapaknya. Wkwk

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.