18 September 2010

Tips Download IDM yang Macet di 99%

1 Udah ampir seminggu setelah lebaran (tepatnya kupatan) aku mencoba untuk nulis tips dan trick bagi para downloader yang depresi setelah make IDM yaitu macet di 99% dan tidak dapat dilanjutkan lagi, berhubung saya adalah downloader juga tapi bedanya saya downloader dengan koneksi pas-pasan dan kalo gak pinter-pinter ngakalin masalah kayak gini bakal depresi, bayangin aja aku download 250 mban itu sehari, gak lucu kan kalo dah nunggu sampek 99% tapi gagal,,,,,nangis darah bisa – bisa, kalo mau download ulang ya kasian udah harus sabar sehari, hehe. Tapi ini tipsnya sedikit bermanfaat mungkin bagi anda yang sama seperti saya.

Oh iya sebelum itu kemarin di website resmi IDM kenap a kok jadi aneh ya, malah jadi halaman iklan, apa gara – gara belum dibayar tuh domain dan hosting, kq aku juga mau update IDM jadi gak bisa,hehe. Oh ya, aku yang nyoba tips ini buat download lokalan (IDWS) dan support resume ya, mediafire masih belum nyoba tapi kalo masalahku dulu download dengan IDM juga begini, dan jika anda downloadnya masih dalam 1 hari, mungkin bisa di resume, lain lagi dengan hosting yang lain kayak rapid dan MU ya, saya tidak bisa bagi tipsnya karena gak punya premium akun.

2Program IDM kan dasarnya membagi suatu file yang akan di download dan di download per bagian 2 kecil, jadinya misalnya 200 mb itu, jika kita pake 16 Koneksi, jadi 200 mb itu dibagi menjadi 16 bagian dan per bagian in di download langsung (mungkin ini juga dasar dari program download manager). Nah problem di IDM ini kalau udah hampir 100 % sering terjadi eror yaitu program ini sudah buru – buru menyatukan file (misalnya yang tadi itu kan ada 16 bagian itu keburu dijadikan 1 gitu, padahal downloadnya hampir sempurna) kelemahannya ya itu, udah terlanjut hampir selesai jadi kurang beberapa kb dari ukuran aslinya,dan otomatis gak mungkin bisa dibuka dan dibutuhkan suatu program yang bisa meresumekan bagian ini dan menurut saya yang paling multifungsi adalah downloader biasanya mozilla firefox, disini emang yang paling stabil dan yahud dah downloadernya ini. Jadi kasarannya itu ntar kalo dah macet dari IDM kita resume di mozilla, nah caranya akan saya jabarkan secara saya,hehe, moga bisa dimengerti.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan file yang tidak bisa di resume di IDM dan yang udah hampir sempurna,hehe.

4

Terus, kita masuk ke temporary folder dari program IDM nya, masuk ke Downloads –> Options –> masuk tab Save to –> nah itu inget2 lokasi Temporary Directory (kalo di windows 7 ini dah alamatnya C:\Users\HP CompaQ\AppData\Roaming\IDM\) kalo sulit ngapalinnya ya tinggal copy aja alamatnya terus pasti di address bar di Windows Explorer

6

Abis itu pilih masuk folder DwnlData –>ada folder disitu buka lagi –> nah tinggal cari dah nama folder atas file yang kita download, contohnya kalo di aku itu download file yang namanya 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b14a.zip jadi aku nyari folder 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b1_163 dan dalam folder itu ada 2 file yaitu 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b1 sama log_163.log. Belum pada bingung kan? cz ini cara rada manual gitu,

7 

Terus yang tadi biarin aja buka mozilla terus download lagi file tersebut tanpa program IDM, jadinya itu ya gunakan downloadernya mozilla gitu. Mengerti gak? Begini2, kita download ulang file tanpa IDM, ato copy alamat yang file yang akan di download paste di mozilla terus enter, dan simpen dimana gitu, setelah proses download dimulai, PAUSE downloadan kita.

89

 

 

Nah ini baru dimulai cara yang bingungin,hehe. Gambar diatas itu masalahnya, jadi begini, downloadan kita kan tadi kita pause, nah itu kita buka filenya itu ada dimana gitu, soalnya sekali kita download dengan menggunakan download biasanya mozilla itu ada 2 file yaitu file hasil (pasti kalo belum kelar itu 0kb) dan file part (ini yang penting, karena inilah temporarynya, dan kita bisa edit sesukanya). Dan filenya kita yang barusan kita pause itu kan ada file partnya, nah kita ubah atau ganti dengan file name yang sama dengan file yang ada dari temporary nya IDM tadi jadi kayak di gambar ini, pertama ada 2 file (setelah kita pause), yaitu 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b14a.rar (0kb) dan 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b14a.rar.part (karena filenya kita pause jadinya terakhir berhenti di 134kb) nah yang part ini yang kita ganti dengan yang dari IDM kan yang dari IDM itu filenya kan 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b1 itu kita copy dan paste di folder yang sama degan file yang kita pause, terus kita apus dah file yang kita pause tadi yaitu 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b14a.rar.part diapus dan file 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b1 kita rename menjadi 31ecd7f2382fa264acbc4a2764c2b14a.rar.part. Paham gak, kasarannya kita ganti part yang kita pause dengan part dari IDM.

Setelah itu kita tinggal resume, berikut adalah beberapa gambarnya, dan terbukti lancar,,maknyos…..

10 11 12 Bagaimana? Apakah dengan tips ini bisa membantu anda melanjutkan kembali downloadan yang tertunda di 98% ato 99% di IDM? Ya mohon maklum karena ini berdasarkan pengalaman sendiri, dan jika ada yang kurang mengerti bisa di tanyakan dah, saya akan senang sekali,hehe. Semoga bermanfaat, best regards…

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

79 Responses to "Tips Download IDM yang Macet di 99%"

  1. belum pernah sie ngalamin tapi... patut di simpen nie ilmunya... thx for share ^^

    BalasHapus
  2. wah bagus nich bro... tapi bukannya IDM yang sekarang itu kalo udah kedownload 100% baru file yang didownload itu ada di folder download, tapi kalo belum terdownload 100% filenya itu gak ada di folder download.... IDMku kayak gitu bro... lah gimana noch?

    BalasHapus
  3. yuuhuu ... tips keren nih ...
    denuzz sering juga ngalamin kejadian ngeseli tuh ...
    udah lama nunggu eh gagal ...
    salam downloader!

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~
    http://blog.beswandjarum.com/denus

    BalasHapus
  4. Mumetzzz... Tapi emang kejadian kayak gitu juga sering kualami sih kalo pas file yg didownload besar...makanya kalo mau donlot aku pilih di kantr aja yg ada wifinya ;)

    BalasHapus
  5. tips yang okee... saya sering mengalami juga soalnya.. *buru2 nerapin ntar kalo kejadian lagi*

    BalasHapus
  6. wow...thanks coy! sering banget nih sy ngalemin masalah kyk ini... :D

    BalasHapus
  7. yang versi full punyakah kawand?
    share dunk...

    BalasHapus
  8. Info bagus,sorry kalo terlambat kunjung.heheh

    BalasHapus
  9. Info yang bagus. Aku juga sering mengalami hal itu. Dan memang meyebalkan sekali. Hati sudah merasa senang ketika sebentar lagi download tan berhasil, eh nggak tahunya malah apes.

    BalasHapus
  10. aku jarang banget pake direct donlot kecuali utnuk file kecil kecil. untuk donlot yang bergigagiga mendingan pakai torrent. aman nyaman dan terkendali...

    BalasHapus
  11. beda jalur nih saya mas, soalnya saya pake multiget ga pernah gagal ehhehe

    BalasHapus
  12. info yang sangat bermanfaat untuk para pendownload, salam...www.rajakupu.wordpress.com

    BalasHapus
  13. wah inyong kalau soal download mendownload belum paham betul, makasih buat tambahan ilmu

    BalasHapus
  14. memang paling sebel kalau udah lama2 donlot pelem tapi macet dijalan. bawaannya pengen ngebanting kompi, hehe

    BalasHapus
  15. Salam,
    penyakit IDM versi 30 hari ya? nasib menggunakan versi gratisnya. Kalau udah gini tinggal kesal dan jengkel aja. Makasih tipsnya.

    BalasHapus
  16. pakde sih kagak ada macet macetnya karena memang hampir kagak pernah donlot.

    sukses selalu kawan

    BalasHapus
  17. kalo saya sih ngalaminnya ga sampai 99%
    tapi pas udah 80% an dulu pernah gagal

    tapi ya dengen terpaksa saya donlot dari awal lagi
    karena kebetulan koneksi di kantor saya cukup maknyoss
    hehehe

    BalasHapus
  18. Aku pake IDM kog mesti harus registrasi dulu, aneh........

    BalasHapus
  19. iya..om..kadang njengkelin..sih....udah hampir finished...eh...pak sutradara bilang cut...btw thanks tutuorialnya..

    BalasHapus
  20. belum pernah ngalamin sih mas.. smoga enggak deh.. bisa nangis kalau dah 99% trus gagal :D

    BalasHapus
  21. wehh kok sama ya bro.. saya kadang juga ngalami ginian..
    tak bookmark dl yaa

    BalasHapus
  22. makasih tipsnya, buat antisipasi kalo mogok (donlot) dijalan ;)

    BalasHapus
  23. wah wah lengkap banget tutorialnya...makasih gan atas tipsnya

    BalasHapus
  24. boleh nih tipsnya..izin disave ya mas artikel tips triknya..
    terimakasih dan
    salam adem ayem

    BalasHapus
  25. Kunjung ulang ni..!
    hehehehe..!

    BalasHapus
  26. Wah kebetulan ni, saya juga beberpa kali pernah kejadian kayak gini.
    Thx infonya Mas.
    Salam kenal.

    BalasHapus
  27. Lama ga ngomen nih.... tapi sayang lg ga pake windows, jadi ga bsa di praktekin deh.... he...he....

    BalasHapus
  28. Paling gak suka kalo di sebuah jaringan internet LAN ada yang ngedonlot pake IDM. :mad: Rasanya semua benwit disedot ama mereka. Well, pake torrent juga nyedot benwit sih... :D

    BalasHapus
  29. Poenya IDM yang full gak??

    BalasHapus
  30. heheheh... aku juga maniak IDM.. jadi kebantu banget nih dengan trik ini. salam! ^_^

    BalasHapus
  31. Hehe... Saya yakin tipsnya bermanfaat, tapi jujur saja saya bacanya mumet. Dasar saya ngga jago komputer.

    BalasHapus
  32. oke sobat aku save yaaa ilmunya hehe :))

    BalasHapus
  33. selama ini aku download IDM lancar saja kawand.
    tapi ya hanya sebulan tok bisa digunakan.
    punyakah versi full register?
    share dunk kawand ya

    BalasHapus
  34. Kebetulan saya juga pakai IDM. Tapi belum pernah kejadian kek gini

    OOT:
    Mohon bantuannya untuk ikut menerjemahkan kata "Hutan, Binatang, dan Tumbuhan" dalam BAHASA DAERAH yang sobat kuasai. Ditunggu bantuannya di Menyebutkan Kata Hutan, Binatang, dan Tumbuhan dalam Bahasa Daerah | Alamendah's Blog

    BalasHapus
  35. wah, saya jarang bgt punya masalah dgn donlot2.. bisa donlot sih di kantor.. dulu pernah donlot file film 1.3 giga kayak lagi copy-paste dari 1 drive ke drive lain..
    kalo di rumah ngga donlot yg berat2, palingan lagu yg cm 10 mb

    BalasHapus
  36. Script apaan bro??? script icon??? ni liat aja di postinganku yang ini bro

    BalasHapus
  37. jiahahahahhaahahaha........
    aku pake IDM juga
    hajaaar lah

    BalasHapus
  38. saya juga user IDM sob memang bener demikian adanya, triknya lengkap banget jadi gampang buat prakteknya
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  39. salam sobat
    jadi tahu dowload IDM yg macet di 99%.
    trims tipsnya.
    walau sudah lewat,minal aidin walfaidzin mas Ricky

    BalasHapus
  40. Ini dia yg aku cari, kadang suka dongkol kalo udah 99% trus gagal

    BalasHapus
  41. iya emang. Sering bikin kesel tuh. Pas uda lama nungguin eh stay di 99 persena.

    BalasHapus
  42. gw belum pernah kena kayak gitu. klo kena gw pasti buka lagi postingan ini. thx 4 share.

    OOT: ijin follow ya. :)

    BalasHapus
  43. wah penting nih ! saya simpen dulu ya ! saya suka download juga sih ! tentunya dengan IDM !

    BalasHapus
  44. kalo masalah saya idmnya kalo di update ga bisa dipake mesti registrasi pembayaran dulu gimana ya?

    BalasHapus
  45. om ada award nih..mohon diambil...

    BalasHapus
  46. Keren info nya sob,tp aq msh bingung he...he.,

    BalasHapus
  47. Thanks sob.. ini saya bookmark dulu ah..

    BalasHapus
  48. makasih brow...
    sebenarnya jitu banget caranya.
    tapi filenya tetep korup. soalnya yang didownload fil rar potongan film....

    kita sama downloader juga...
    he....

    BalasHapus
  49. sy udah coba gan... tp koq tetap ngga bisa yah??

    cara2 agan diatas udah sy ikutin, tp tetep aja ngga bisa...

    ada solusi lain ngga??

    BalasHapus
  50. kalo misalkan tadi d C:\Users\HP CompaQ\AppData\Roaming\IDM\) trz DwnlData –>ada folder disitu buka lagi nah d sana ga ada yg datanya rar sama log
    malah avi gtu bgmn caranya??

    BalasHapus
  51. biasanya di microtik firewallnya di hadang tube atau file pornnya...

    BalasHapus
  52. bole di coba ini gan...terima kasih

    follow blog ku jg gan...aku uda follow blog kk..
    terima kasih

    BalasHapus
  53. Tah iyo Yah idak... mang apo akaitannya ama IDM,
    Gini gan, cuba waktu berhenti di 99,99% dan tidak bisa lagi, selalu error saat di resume, pilih pause, trus ganti koneksi net agan, misal download pake speedy di ganti dulu koneksiya pake modem HSDPA (minjem aje kalo kaga ada) lalu resume pasti jalan gan... ampe selesai.. itu masalah koneksi ato IDM agan ndriri yang nyimpulin..

    BalasHapus
  54. kalau aku yang ajdi masalah saat file 100% di download malah crash saat di satukan aku unduh file windows7.iso nyesek 2.8 giga! ada yang bisa bantuin ane

    BalasHapus
  55. NAIS INFOH..
    cara ini apakah juga berfungsi buat resume download dari IDM komputer satu ke IDM komputer lain juga nggak ya? Jadi maksud ane di replace part part filenya di folder temp IDMnya. soalnya koneksi tercepat dan murah untuk ane tuh adalah dengan ke warnet depan rumah. He he he...

    BalasHapus
  56. tapi file part di idmnya ada 16 broo mana donk yang diganti??

    BalasHapus
  57. wah gimana nih.. dah di coba gagal.. file dari server beda sama donlot langsung dari mozila.. misal dari idws donlot a pake idm.. macet.. trus pake mozila.. file sama tapi beda nama jadi b... udah di ganti juga tetep aja.. gagal..

    BalasHapus
  58. iya setuju saya kadang kadang saya hampir nangis darah kalow pas 99% ngadat thankyou thankyou

    BalasHapus
  59. trims bro, 3GB juga bikin nangis darah kalo macet di 99%

    BalasHapus
  60. salam kenal dan ijin berbagi kata bijak "Laughing is healthy, especially if you laugh about yourself.
    Tertawa itu sehat, lebih-lebih jika mentertawakan diri sendiri." :)

    BalasHapus
  61. oi ini kalo misal yg dari IDM filenya banyak gimana? yang di lo kan cuma 2 doang tuh gan makanya gampang

    BalasHapus
  62. Sob ... tulisannya bermanfaat bener .. apalagi buat ane yang baru belajar download pake idm.

    tapi mo kritik dikit nih -comment ini gak dipublikasikan juga gak apa2 -, coba Sob belajar menulis lebih baik lagi, materi udah bagus, tapi penyampaiannya kurang maksimal, terutama tentang pembagian paragrap. Biasanya satu paragrap itu satu topik bahasan. Juga bikin kalimat jangan panjang2, kapan pake titik, pake koma harus diperhatiin bener2, jadi yang baca lebih nyaman.

    kalo untuk penggunaan bahasa, itu sih gak masalah mo inggrisan, jogjaan atau gaulan nda masalah, yang penting pembagian paragrap gak bikin pusing.

    Maaf ya, kritik ini gak ada maksud buat nyerang, apalagi menjatuhkan. Niatnya, biar Sob bisa nulis lebih bagus lagi, efeknya yang baca lebih nyaman, and blog-nya makin rame.

    -Beneran tulisan nda usah dipublikasikan, ini cuma kritik pribadi dari ane-

    Makasih Sob lewat tulisannya ane jadi lebih ngerti make IDM

    - Peace yo :)

    BalasHapus
  63. gan letak temporary mozilla yg part itu dimana gan ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. C:\Users\'Komputernya'\AppData\Roaming\IDM\ ini bro

      Hapus
  64. bahasanya diperjelas donk

    BalasHapus
  65. wah pasti bikin esmosi ya mas, udah mau selesai downloadnya malah macet :D

    BalasHapus
  66. bulet koayak kadal...kesit,.,,,, nggak jelas banget...

    BalasHapus
  67. arigatou gozaimasu..............sangat membantu

    BalasHapus
  68. file hasilnya gak kebaca bro...

    BalasHapus
  69. file ku belum jadi satu (masih ada 6 file dalam folder) ada solusi lain?

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.