11 Juli 2009

Tsuchinoko???

Anda sudah pernah membaca komik doraemon? Dalam salah satu chapter di komik doraemon ada cerita tentang binatang yang bernama Tsuchinoko, digambarkan dalam komik doraemon ini binatang yang disebut Tsuchinoko ini berbentuk ular tetapi mempunyai perut yang besar. Apakah binatang yang dimaksud ini benar - benar ada? Mari kita simak beberapa hasil pencarian saya tentang binatang ini.

Tsuchinoko (ツチノコ) adalah hewan yang hanya ada di jepang (menurut laporan) tapi sampai sekarang belum ada yang pernah membuktikan. Menurut orang yang melihatnya bentuk dari tsuchinoko ini berbentuk ular namun berperut seperti botol atau pin boling dengan ekor yang mirip tikus. Orang yang melapor pernah melihat binatang ini di berbagai tempat di jepang, kecuali di Hokkaido dan Kepulauan Ryukyu. Sampai sekarang tsuchinoko ini tidak pernah ada yang menangkap karena saksi mata yang melihat takut atau juga hewan ini melarikan diri lebih dahulu.

Asal kata "Tsuchinoko" menurut penduduk daerah Kansai berasal dari nama lokal untuk hewan. Di daerah Kanto, penduduk setempat menyebutnya "Bachihebi". Karena tidak ada yang pernah menangkap binatang ini, beberapa daerah di jepang sampai menawarkan hadiah uang tunai dalam jumlah yang sangat besar, di kota Itoigawa perfektur Niigata sampai menawarkan hadiah sampai 100 juta yen. Angka yang fantastik hanya untuk menangkap seekor binatang sekecil ini.

Menurut saksi mata yang pernah melihat binatang ini mempunyai ciri - ciri sebagai berikut
1. Berbentuk seperti ular tapi di bagian perut sedikit lebih gendut.
2. Dapat meloncat sampai 1 meter.
3. Suka minum sake.(aneh juga ular kok minum sake).
4. Berbunyi "chii".
5. Dapat bergerak dengan cepat.
6. Cara bergeraknya seperti ular dan dapat juga menggulung diri dan menggigit bagian ekor, berputar seperti roda.
7. Mulut binatang ini dapat menyemburkan api.

Ada juga beberapa fakta yang menyatakan tentang keberadaan Tsuchinoko ini dalam sejarah masa lalu di jepang
1. Ditemukan alat - alat yang terbuat dari batu yang berbentuk ular yang mirip tsuchinoko di situs arkeologi zaman Jomon di Hida, Perfektur Gifu. Gambar yang mirip tsuchinoko juga ditemukan pada bagian luar tembikar berbentuk guci yang berasal dari situs arkeologi di Prefektur Nagano.
2. Tsuchinoko dikatakan juga sebagai dewa padang rumput dalam literatur klasik Kojiki yang ditulis pada abad ke-8.
3. Dalam ensiklopedia Wakan Sansai Zue asal Jaman Edo, Tsuchinoko ditulis dalam artikel berjudul Nozuchihebu (野槌蛇 / ular palu ladang). Karena sampai sekarang tidak ada bukti fisik keberadaan Tsuchinoko ini banyak yang menyimpulkan bahwa kemungkinan besar, para saksi mata ini hanya salah melihat saja. Jika ular baru menelan mangsa yang ukuran tubuhnya beberapa kali besar tubuh ular ini maka perut dari si Ular akan membesar seperti bentuk perut dari tsuchinoko. Tsuchinoko juga mirip dengan kada genus Tiliqua yang masuk jepang dan dijadikan binatang peliharaan sekitar tahun 1970-an. Kadal ini memiliki kaki yang kecil dan hampir tak terlihat, sehingga di tengah kerimbunan dapat disangka sebagai tsuchinoko. Berikut adalah gambar dari Kadal jenis Tiliqua.

Source : Havana @ kaskus.us

Share this

Halo, Saya Rezky Pratama, seorang blog yang masih belajar tentang blog. Hobi menulis random, jadi maklum kalau isinya macem - macem. Begitu juga dengan hobi nonton, sekarang hobi nonton meski film yang ditonton itu diselesein sampai tamat tapi ya kadang juga enggak paham tentang jalan ceritanya, emang bener blogger random!

31 Responses to "Tsuchinoko???"

  1. wekz...
    gila nhe binatang...
    aneh pisan euy...
    ada yach binatang yang ngeluarin api dari mulutnya..
    ckck...


    oya sering" maen ke blog ku yach..
    en komen"

    BalasHapus
  2. serem juga ya ini binatang..
    sampai seperti tiga bentuk, ular,botol,tikus...

    kalau ada di indonesia pasti bisa di pake buat nangkap para koruptor hahhaha

    BalasHapus
  3. @♥♥♥ήέ_©ħάп♥♥♥ berkata...
    ya gitu da infonya,,yup,,,ntar tak kesana

    @frank
    kalo bisa di indonesia mah keren

    BalasHapus
  4. Weitzzz,... binatang nyag bisa nyemburin api itu ada beneran? kirain cm di dongeng. Bisa diimpor nggak ya?

    BalasHapus
  5. Naga, Mungkin....

    Tsuchinoko masih misterius

    BalasHapus
  6. menurut saya juga itu ular yang abiz makan kali yah.. :)

    udah dicari2 pake sayembara 100jt yen ga ketemu juga.... hmmm.. langka banget klo emang ga ada.. :D

    BalasHapus
  7. woo.. aneh yaah.. walo ada yg mengira cuma ular yang sedang makan hewan yang lebi besar darinya, tapi ular khan ga bisa menyemburkan api dan loncat sampai 1 m..

    kalo yang foto paling atas itu asli kk? O_o

    BalasHapus
  8. @paank fachrezi
    ntar kalo aku udah liat q kasi tau

    @antaresa
    benermm

    @spydeeyk
    mungkin gitu,,uang seambrek lo

    @satona
    gak tau ya,,asal comot tuh,,heheh,,ntar q update gambarna

    BalasHapus
  9. perlu diklarifikasi tuh..

    BalasHapus
  10. Wah keren neh, coba benar2 ada yach. Bakalan jadi berita besar tuh

    BalasHapus
  11. hiii keq ular jadi-jadian

    BalasHapus
  12. perutnya panas gara2 minum sake smpe2 dari mulut'a bisa keluar api....
    keren.....

    thanks mas udh mampir ke blog ogut

    BalasHapus
  13. wah lucu agak mengerikan binatangnya ;)

    BalasHapus
  14. itu sih uler kelaperna trus nelen wajan
    wakakak...

    BalasHapus
  15. kalau didoraemon tuh makhluk imut banget.

    ternyata setelah dilihat, ih sangar...gak jadi deh gue miara.

    BalasHapus
  16. Wah keren juga nih hewan.....
    hehehehe

    BalasHapus
  17. wah. nyeremin nih binatang. gigi na aja da bkin takut tuh.

    BalasHapus
  18. Kunjungan balik

    Saya pernah membaca komik Doraemon tentang Shuchinoko tersebut.Dikomik ia kelihatan imut,tapi kenapa jadi terlihat agak seram ya???

    Salam kenal ya...^_^

    BalasHapus
  19. Haiii numpang lewat sekalian ngisi kolom komentar.

    Iiiiiih...serem euy!!!!
    Geli ngeliatnya...

    Cheers,
    -Hamster Land-

    BalasHapus
  20. wah saya malah baru tehu dan dengan tentang legenda ini... artikel yang penuh dengan ide dan sangat kreatif

    BalasHapus
  21. Ngerii....segerombolan genk kucing aja pada takut!
    Tapi,ada baiknya juga!.Jadi,boleh doNk gw nyalain rokok dulu..!Hehehe....

    BalasHapus
  22. nice. info sob.

    klo ular yang abis makan kambing perutnya besar tuh sob termasuk gak tuh ???
    tapi ga bisa loncat


    ditunggu kehadiranmu diblogku. komen juga ya

    BalasHapus
  23. @dhani
    siapa ya yang ntar ngeklarifikasinya?

    @paman gober jualan vcc
    bener tuh,,berita yang sangat besar,,hehe

    @nggresik
    bener2 jadi2an neh

    @dicky adiyat
    hehe iya,,kebanyakan minum sake kali ya

    @arifudin
    sangat mengerikan juga sih

    @blog ijo
    wajan????

    @qori
    mau melihara?
    MAU?

    @achmad suryadi
    sangar tepatnya,,hehe

    @sofia
    bener nih

    @arief rachaman
    bener,,gak sama kayak di doraemon

    @kami yang waras
    ati2 makan hamster neh
    hehe

    @alfon
    terima kasih mas

    @habash
    maksudnya???

    @nationalinks.co.cc
    oke dah bro

    BalasHapus
  24. aku suka Conan, Death Note,kunimitsu, mr. fulswing, apa lagi ya.........
    buanyak.......... i love manga.

    BalasHapus
  25. baru tahu nih gua soalnya gua ngga pernah nonton doraemon hehehe makasih masukan nya

    BalasHapus
  26. tuh hewan bisa ngigik engk ya kayak ular?....
    hehe....

    kalo q lihat sih cukup serem walupun bentuknya lucu banget hehe...

    BalasHapus
  27. Wah gilee bener itu binatang apa yach ??

    BalasHapus
  28. @kira
    sama bro

    @budy santoso
    sama2 bro

    @coy
    bentuknya lucu si,,tapi sangar kayaknya

    @bisnis online
    jadi2an ,,hahah

    BalasHapus
  29. Kalo menurut cerita simbahku dulu, di indonesia juga ada jenis binatang ini, cuma disini namanya ular kendang, dan besarnya lumayan juga pada bagian perutnya yang besar itu bisa sebesar batang pohon kelapa (ceritanya sih, tentang kebenarannya hanya mbahku yang udah pernah melihat)

    BalasHapus
  30. Dulu dikampung saya didaerah sungai pernah melihat sosok itu.. kami menamainya ular kendang, dia bisa berjalan dengan menggelinding, pada waktu itu kurang lebih THN 90-an. Ciri-ciri ular pendek dengan warna kekuningan , seingat saya dulu anak2 jaman saya sering sekali melihat penampakannya, secara kita menggodanya supaya kita dikejar dengan cara menggelinding dan meloncat, saya baru bisa balas blog ini karena baru saja membacanya ,klo memang binatang yg dimaksud bisa berada dikampung saya , bukan tidak mungkin karena negara kita dulu dijajah Jepang. Entah untuk binatang ini masih ada atau sudah mati, karena sebagian besar area sini sudah menjadi perumahan. Tepatnya nama perumahannya di River side malang kota sebelah Utara.terimakasih sudah berbagi cerita pengalaman.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Kolom Untuk Mengisi Komentar.