23 July 2018

Tips Memilih Makanan Untuk Kucing


Saat ini hewan peliharaan yang paling populer adalah kucing. Kucing ada beberapa macam ras atau jenisnya mulai dari Persia, Maine Coon,  British Shorthair, Ocicat dan masih banyak yang lainnya. Mungkin anda merupakan salah satu penggemar hewan lucu ini. Kalau saya dulu pengen melihara kucing jenis Maine Coon karena emang ini jenis kucing yang paling besar di antara ras yang lainnya. Jadi berasa keren aja kalau punya peliharaan kucing yang ukurannya gak umum. Sayangnya emang rada sulit untuk mendapatkan kucing jenis ini, alhasil cuman mimpi aja.

Perlu diketahui kalau kucing  adalah hewan mamalia karnivora yang termasuk keluarga Felidae.  Untuk dapat memelihara kucing salah satu yang harus diperhatikan adalah pakannya, karena kalau pakannya tidak cocok maka kucing tidak mau makan.  Tips memilih makanan kucing antara lain adalah

1. Memberikan makanan kucing sesuai dengan ras

Hal ini penting dikarenakan setiap kucing memiliki karakteristik dari rasnya tersendiri, seperti kucing persia yang harus diberikan makanan yang berisi nutrisi yang dapat menjaga berat badan dan rambut panjangnya.

2.    Memilih makanan sesuai dengan umur

Memilih makanan sesuai dengan umur adalah salah satu hal yang penting dikarenakan kucing umur dibawah satu tahun harus diberi makanan khusus anak kucing (kitten) karena mereka butuh makanan yang berisi nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.  Lain halnya kalau sudah berumur 7 tahun diwajibkan untuk memberi makanan kategori senior.

3.    Memilih makanan sesuai sensitivitas

Maksud dari sensitivitas ini adalah disesuaikan dengan kondisi kucing tersebut salah satunya adalah 70 % kucing umur lebih dari 3 tahun sering bermasalah dengan giginya. Kondisi ini menyebabkan penyakit yang kalau tidak diobati maka akan mempengaruhi dari kesehatan kucing itu sendiri. Makanan dengan kibble yang ukuran dan teksturnya tertentu dapan membantu kucing untuk mengunyah makanan dengan baik.

Selain pakan hal yang sangat penting lainnya adalah hubungan batin antara si kucing dengan majikannya, karena dengan adanya hubungan batin ini akan membantu majikannya untuk dapat mengerti karakteristik kucingnya. Saya rasa hubungan ini yang paling penting dalah hal memelihara kucing, karena dengan adanya ikatan batin seperti ini kita akan semakin menyayangi hewan peliharaan kita.

picture source : link

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

1 Response to "Tips Memilih Makanan Untuk Kucing"

  1. Salam kenal bloggers, boleh dong kunjungi blog ku https://fulfikablog.wordpress.com/2018/07/26/ternyata-ada-yang-tidak-kita-ketahui-tentang-pt-rapp/ :)

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.