23 December 2017

3 Cara Mengatasi Penyakit Diabetes



Di era modern seperti sekarang ini, ada banyak masalah yang menggangu pada tubuh terutama pada kesehatan. Selain karena faktor pola hidup masyarakat yang sudah lebih praktis dan mudah, juga karena pola konsumsi makanan yang tidak teratur dan tidak memperhatikan asupan makanan yang sehat. Sejak sekolah dasar dahulu mungkin kita sudah tahu bahwa makanan yang menyehatkan adalah yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti makanan empat sehat lima sempurna. Salah satu gangguan kesehatan yang sekarang ini banyak diderita adalah penyakit kencing manis atau biasa disebut diabetes. Penyakit ini bisa disebabkan karena faktor kebiasaan hidup yang tidak sehat juga karena faktor genetic, namun bagi mereka yang selalu tampil dengan pola hidup sehat, maka tidak memerlukan cara mengobati penyakit diabetes.

Namun bagi anda yang sekarang ini sudah terlanjur menderita penyakit diabetes, ataupun baru mengalami gejala diabetes, maka anda bisa melakukan berbagai cara mengobati penyakit diabetes baik secara medis melalui obat dan suntikan insulin, juga dengan cara tradisional melalui berbagai pengobatan alternatif ataupun obat herbal alami. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar penyakit diabetes yang telah anda derita bisa sembuh, yaitu diantaranya adalah:

1. Mengatur Asupan Makanan
Penderita diabetes memang harus berhati-hati terhadap asupan makanan, terutama makanan yang banyak mengandung glukosa dan juga karbohidrat. Bahkan bagi penderita yang sudah parah kadar gulanya, makan nasi pun harus diatur baik dalam hal porsi ataupun jadwalnya. Biasanya ada beberapa jenis beras yang disarankan bagi penderita diabetes seperti beras merah.

2. Kontrol Obat
Bagi penderita yang menggunakan system medis, maka harus dikontrol obat ataupun suntikan insulin dan disesuaikan dengan kebutuhan insulin setiap harinya. Dan hal ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Mengatur Aktivitas Fisik
Agar peredaran darah menjadi lancar dan darah tidak menggumpal, maka penderita disarankan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan selama kurang lebih tiga puluh menit.

Itulah tiga hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi penyakit diabetes yang membahayakan. Selamat mencoba.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

10 Responses to "3 Cara Mengatasi Penyakit Diabetes"

  1. Bila mendengar penyakit yang tu ini memang susah-susah gampang dalam mengatasinya, karena berhubungan dengan pola hidup sehat dan pola makan yang benar. Apalagi bagi yang memiliki turunan dari pendirita penyakit ini di dalam keluarganya. Yang penting tetap semangat untuk selalu hidup sehat ya kang.

    ReplyDelete
  2. Setau saya (karena dari kedua belah pihak orang tua) kena diabetes, sulit bahkan hampir tak mungkin sembuh mas. Tiga cara diatas memang sangat perlu dilaksanakan penderita, demi mengontrol kondisi gula darah tetap stabil.

    ReplyDelete
  3. Hai, Mas Rezky, lama tak maen. Gimana kabarnya, sehat?
    Semoga terus produktif berbagi dan menginspirasi lewat blog ini ya..

    Setuju, selain menjaga asupan makanan, fisik juga harus seimbang, dengan olahraga misalnya. Karena mau bagaimana pun, lebih baik menjaga daripada mengobati.

    Terkadang manusia suka lupa akan kesehatannya, disaat jatuh sakit baru merasa bahwa kesehatan itu penting.

    Semoga diri ini bisa lebih baik lagi menjaga kesehatan tubuh..

    ReplyDelete
  4. jaman sekarang penyakit macam2, beda dengan penyakit dulu, kalau dulu org sakit dokter kita disuruh makan yang banyak, beda dengan sekarang, dokter malah membatasi makanan yang kita makan

    ReplyDelete
  5. kalau sudah bicara masalah diabetes banyak yang nyerah bang tinggal mengatur pola hidup saja, karena untuk sembuh susah

    ReplyDelete
  6. Oooh.... begitu ya caranya.... oke deh.

    ReplyDelete
  7. Mengatur asupan makanan yg kadang susah apalgi yang enak enak

    ReplyDelete
  8. sya ada tau 2 org penderita diabetes/ hiperglukemia (benar nda nih yah namanya), yg berhasil survive. yg pertama, kristina carrillo. tempo hari ketemu webnya pas cari inpoh2 raw food. dia sukses lepas dri penyakit diabet setelah merubah pola makannya secara ekstrim, hanya sayur mentah dan buah. luar biaaasa dia. klo pengen ngesearch, bisa beud. dia juga sudah sering jdi narasumber untuk raw food. worth it tpi ngeri juga yah. (nda siap saia).

    ada lagi penjaga sekolah saia pas jaman smp. si bapak survive dri gula kering setelah rutin konsumsi jeruk hangat setiap pagi. boleh jadi referensi kayaknya. :))

    ReplyDelete
  9. Bagi yang belum menderita, olah raga dan memperhatikan asupan makanan sangatlah penting.

    ReplyDelete
  10. aku sih belum pernah ngalami diabetes.

    yang penting juga hidup sehat iya, sama sering-sering olahraga.

    makasih infonya mas. bermanfaat :-)

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.