7 November 2016

Tips Mengatasi Masalah Wifi di Windows XP

Bungkus modem wifi kantor
Setelah beberapa bulan modem wifi di kantor menggeletak tidak terpakai, akhirnya baru hari ini bisa dipakai. Kirain modem wifinya rusak, padahal masih segel, eh ternyata windows di komputernya yang g support. Ini juga tau gegara kemaren mau njebol wifi tetangga yang akhirnya juga g bisa, security wifi sekarang rupanya lebih baik dari yang kemaren #ehh. Ternyata yang menjadi masalah adalah komputer di kantor, komputer di kantor windowsnya XP SP 2. Wifi spot sekarang mayoritas security nya alias keamanannya adalah WPA 2, perlu diketahui WPA 2 ini tingkat keamanannya lebih baik dibandingkan WPA (Wi-Fi Protected Access) dan WEP (Wired Equivalent Privacy). WEP disini adalah yang paling gampang untuk dijebol, makanya protocol security ini diperbarui sampai WPA 2. Sampai sekarang saya nyoba ngebobol WPA 2 g berhasil, #huhu.

Kembali lagi ke komputer kantor yang windows nya XP SP2, pertama kali saya nginstall modem wifi dan drivernya itu kendala pertamanya adalah waktu saya klik dua kali Jaringan Wireless yang ada itu muncul tulisan eror :

"Windows is unable to connect to the selected network.  The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again"

Pertama kali saya ngira modemnya rusak, karena g masuk akal kok g mau konek modemnya. Eh hari ini saya coba buat hotspot pake smartphone saya, ternyata konek. Perlu diketahui Hotspot dari Hape saya itu WPA-PSK kebacanya. Di Windows XP cuman ada 2 fitur keamanan yaitu WPA dan WPA-PSK, maklum waktu XP SP 2 fitur security nya masih belom WPA2. Di Wireless Router yang ada sekarang itu keamanannya adalah WPA2, jadi jelas aja g mungkin kebaca. Kebaca sinyalnya aja yang full tapi gagal konek. Solusinya adalah UPDATE PATCH alias ngupdate security Windows XP nya, untuk update an resminya adalah WindowsXP-KB893357-v2-x86-ENU. Berikut adalah mirror nya, setelah di install update annya, restart komputer atau laptop dan coba konek lagi. Saya mirrorin soalnya sulit untuk dapet update di tahu 2016 ini. 


Koneksi aman


Source :  link

2 November 2016

Wifi Gratisan


Total sudah dua tahun saya nebeng wifi tetangga saya, memang bukan suatu perbuatan baik, tapi ya karena terkendala kuota akhirnya saya pun nebeng. Baik untuk sekedar browsing - browsing maupun download, dulu kalau nyambung wifi, rasanya untuk download pun tak terbendung, ngedownload pun macem - macem, entahlah kebiasaan ini yang sampai sekarang saya g bisa bendung. Kesenangannya cuman download file, ntar kalau sudah selesai file yang di download ya sudah, sudah selesai ngedownload itu perasaan saya sudah puas, mungkin sama kayak kalau kita lapar dan dikasi makan gitu perasaannya.

Itu gegara wifi gratisan tetangga, akhirnya saya bertahan dengan kesenangan saya nebeng itu. Sampai akhirnya karena satu dan dua hal saya diharuskan pindah, pindah ke tempat yang baru. Dimana sebenarnya ada hotspot di sekitar, cuman saya g bisa njebol. Alhasil sudah seminggu ini saya berjuang bertahan hidup dari dunia perinternetan hanya bermodal smartphone + kuota internet, itupun terbatas alias limited. Kuota 8 Gb untuk bertahan hidup internetan selama sebulan, biasanya saya kalau nebeng wifi, besaran 8 Gb itu terasa kecil banget, apalagi untuk download. Sekarang pertanyaannya adalah kuota segitu apa cukup untuk ngeblog dan blogwalking sebulan? #mungkinsajabisa