26 February 2012

Panasnya....

(ilustrasi source:http://2.bp.blogspot.com/__ilGsQcnGTY/TRqim4yYU5I/AAAAAAAAA90/dbfrDGFxTUs/s1600/lonepalmsaharadesert.jpg)
 
Akhirnya setelah lama tidak menulis (padahal baru beberapa hari g nulis dan BW, tapi rasa kayak dah berbulan2), akhirnya malam senin ini saya sempatkan menulis sesuatu yang penting sangat (penggunaan ejaan yang salah). Di Surabaya beberapa hari ini saya merasakan kepanasan yang cukup ato bisa dibilang sangat panaslah bagi saya kaum pendatang. Perasaan ini baru terasa sewaktu keluar dari kantor,,rasanya udah kayak tempat sauna (mandi uap, red00). Ternyata g cuma di Surabaya sih, di kota kediaman saya Bondowoso juga sama, kata orang rumah malah sampek 43 derajat, gile banget, udah sama kayak mandi shower aer anget begitu panasnya.
Perubahan cuaca ekstrem emang sedang berlangsung, biasanya sih mau kemarau, tapi tadi siang saya merasakan sendiri dinginnnya air hujan. mana tanpa pemberitahuan lagi datangnya hujan ini. Padahal pagi tadi panasnya masyaallah dah, tapi siangnya waktu kondangan eh malah hujan dueres super. Sampek sepatu van tovel buat besok seperti kerendam di kolam ikan (sampek sekarang saya bingung besok gimana). Tapi ya kita sebagai manusia harus mensukuri apa yang telah diberikan oleh Maha Pencipta buat kita di dunia. Cuman sekarang kalo mau hidup tenang dan sante emang kudu punya AC yang telah terset 16 derajat. Ukuran segitu adalah hal yang paling mantep untuk cuaca ekstrem panas begini.
Oke dah, mohon maaf kalo postingan kali ini kemana - mana dan gak jelas, harap maklum, saya di kos udah kayak di padang pasir, aku tidur di lantai pake kipas angin eh malah tetep panas banget,,hehe. Best regards...hooho,,,kapan aku gajian.....

21 February 2012

Akhirnya Dipindahkan Lagi...


(ilustrasi, source : http://brettschumann.com/images/instagram/20-10-2010%20%5BWorking%20Day%5D.jpg)

Sudah dua hari saya akhirnya dipindah tugaskan ke divisi lain, hyah, kemaren udah diajari ilmu yang satunya dan fix dengan supervisor yang enak. Eh g taunya sekarang saya ditarik di divisi lain, yah, bukan karena saya bisa ataupun pinter, karena emang lagi butuh banget bantuan orang untuk divisi ini. Maklum divisi yang sekarang ini bisa dibilang sumber awalnya dari alur yang ada di kantor, jadi divisi lain bisa bergerak kalo udah ada data yang di cek oleh divisi ini, kalo belum di cek ya yang lain hanya diem saja.

Mau gimana lagi, dengan bingung akan dimana saya dipekerjakan, akhirnya saya sepertinya dipindahkan ke sini. Harus disyukuri saja, karena kerja emang berat dan emang harus berjuang sampai jor - joran kalo mau sukses. Emang kalo dilihat di tempat saya kerja ini banyak yang sudah resign karena g kuat dengan kerjaan dan jam terbangnya, bayangin saja kalo berangkat jam 6 pagi pulang bisa jam 9an malam, rutinitas kerja yang garang kan? Ya, emang kejam sih, belum lagi kerjaan yang buanyak banget dengan pressan yang kejam, akhirnya perusahaan ini g main - main untuk nyaring pegawainya. Dan akhirnya menggunakan jasa outsourcing untuk nyaring pegawainya, dan orang outsourcing bakal butuh waktu beberapa bulan bahkan bisa lebih dari 1 tahun untuk jadi pegawai tetapnya. 

Dan saya niatin untuk konsen saja dah di kerjaan disini, udah kepalang tanggung untuk resign dan nyari yang lain, jalani dan mungkin saja saya bisa berkembang di perusahaan ini,hehe. Dari 3 minggu saya bekerja di kantor ini, udah 3 divisi yang saya hinggapi walau sebentar, tapi saya jadi tau bagaimana cara kerja semua orang disini. Dan yang paling penting kalo masalah beli rumah,wakakakak. Oke deh, segitu dulu cerita untuk hari ini, moga sukses buat blogger semua dan makin sukses,,heheeh,,selamat malam,hoho.

20 February 2012

Saya Pindah Kos

(ilistrasi : http://1.bp.blogspot.com/-N0Lp2U2y3hA/TavNRAiuMEI/AAAAAAAAAHo/P5rszVdsjzI/s1600/monday.jpg)

Minggu tanggal 19 Februari kemaren akhirnya saya berhasil membawa (boyongan) barang bawaan saya ke kosan baru, sekarang saya tidak merepotkan om saya lagi (akhirnya). Siang kemaren sebelum hujan deras yang mengguyur kota surabaya barang kloter terakhir yang saya bawa sudah saya pindah, jadi terhitung mulai hari minggu saya pergi ke kantor dengan rute yang berbeda dan lumayan dekat, antara 5-10 menitan dari kosan, hoho. Lokasi kos saya ini ada di dekat salah satu universitas besar di surabaya, pertama mikir, daerah anak kos universitas xx ini pasti makanan murah dan dekat mana - mana. Ternyata, emang si bener deket mana - mana, tapi kalo makanan rata - rata sama kayak di pusat kota surabaya, tapi gak apa, yang penting akhirnya saya dapat kamar yang lumayan gede, yaitu sekitar 3 x 3 m. Untuk rata - rata kosan di daerah surabaya dengan besar segitu dan dengan harga 400ribu saya rasa jarang - jarang si, cuman g enaknya ini satu rumah ma ibu kos begitu, tapi g masalah lah, namanya juga bujangan,wakakaka. G terlalu bebas yang penting aman lah, pagi ini adalah hari senin, hari memulai aktivitas di awal minggu terakhir februari. Semoga blogger sekalian sehat dan semangat selalu, oke deh, moga aja hari senin ini lancar semua kerjaan, saya mau mandi dulu, best regards.hehe

19 February 2012

Weekend!!!

(ilustrasi diambil dari : http://1.bp.blogspot.com/-nxDTV254KDE/TfuUCNf3yWI/AAAAAAAAEA0/twzm73178FM/s1600/weekend.jpg)

Hari minggu pagi yang cerah, sejenak mengistirahatkan badan sebentar sebelum memulai aktivitas besok. Sebenarnya tidak ada yang khusus dalam postingan ini, mungkin hanya ingin menyapa sobat blogger yang sedang melintas,hehe. Setelah dua minggu terhitung saya memulai kerja ini ada yang berbeda dengan hari sabtu dan minggu, yup weekend disini rasanya seperti berharga sekali, karena senin - jumat badan digempur bangun pagi dan kerja sampe sore atau bahkan lembur sampai malam. Jadi dua hari ini dimaksimalkan untuk istirahat sejenak dari aktivitas yang monoton seminggu ini (kayak dah berapa taun aja bekerjanya). Sebelum kerja sih, sabtu dan minggu itu sama aja, karena emang nganggur sih jadi semua hari adalah sama, sama - sama nganggur,hohoho. 

Sekarang nuansanya jadi berbeda, menyambut hari sabtu dan minggu itu rasanya gimana itu senangnya,wakakakka. Soalnya dua hari ini saya bisa bermalas - malasan super, contohnya kemaren cuman makan mandi maen laptop doang seharian, bagi saya itu sudah cukup, jadi g perlu jalan - jalan, wakaka. Tapi untuk hari minggu ini nampaknya akan rada sibuk karena harus pindahan (boyongan) ke kosan,hehe untuk detailnya saya rasa ntar bakal saya posting,hohoho.

Oh iya kemaren jumat akhirnya tugas saya agak berhasil, ceritanya kan saya harus bantuin nelpon - nelponin nasabah ni, dan mempromosikan tentang program baru, disini saya diharuskan menelepon sekitar 27an orang yang ada di berbagai tempat. Sehari sebelumnya hari kamis saya sempat dimarahin orang gara - gara orangnya jadi bingung, tapi saya jadi lebih bingung, alhasil dimarahin abis - abisan. Tapi hari jumat kemaren sungguh bahagia, karena dari 27 orang yang harus ditelepon itu ada dua yang berminat, meski sedikit tapi lumayan lah daripada lumanyun,hehe. Padahal suara saya tidak cocok untuk menjelaskan ke nasabah, tapi mau gimana lagi, karena emang tugas saya udah kelar ya mau g mau kudu ngebantuin divisi lain (biar g disangka makan gaji buta,wakakak). Ternyata untuk menjadi seperti customer care dan sejenisnya itu harus tahan makian dan cercaan (lebay.com), soalnya yang dihadapi adalah orang dengan berbagai macam kondisi dan watak. Ada yang baik hati dan antusias, ada yang lagi meeting, ada yang nyante tapi ngamuk - ngamuk, ada yang g diangkat, ada yang nomernya g aktif, ada nomernya belum terpasang (ini yang super aneh). Tapi inilah hidup dan bekerja harus tahan dan melanjutkan untuk jadi pekerja tetap,hehe. 

Tapi berkat kerja disini saya jadi tau bagaimana membeli rumah dan syarat - syaratnya sih, terlepas dari ini kerjaan yang gimana - gimana, yang penting ini saya bekerja dengan niat yang baik dan tidak neko - neko, hehe. Jadi kalo ini kerjaan emang rejeki saya dan emang harus saya jalani ya saya harus jalani lah,hehe. Oke deh selamat nyante di hari minggu ya, tetep semangat, best regards,hohoho

16 February 2012

Dan Pekerjaan Saya Menjadi...

(ilustrasi, image source : http://www.small-business-consultants.net/images/manager_overload.gif)

Hari kamis yang indah, dimulai dengan terbitnya matahari yang memang dinanti semua orang di dunia. Begitu juga dengan saya yang menanti pekerjaan di bidang lain, begini ceritanya, saya kan bekerja di bidang verifikasi data inputan, jadi untuk awal bulan itu akan dimasukkan first input dan juga cleansing data. Untuk kedua hal ini kemaren saya lembur dua hari dan tuntas, setelah itu saya tanya supervisor mengenai kerjaan saya apa lagi? Eh mas supervisornya bingung dan menugaskan saya membantu di verifikasi dokumen, jadi dokumen / aplikasi yang masuk ini di saring apakah layak untuk diteruskan di bidang lain atau harus dilengkapi persyaratannya, senin kemaren memang banyak yaitu 25 aplikasi/dokumen, dan setengah hari saja  tuntas. Setelah itu besoknya saya nanya tugas saya itu apa untuk hari itu, alhasil saya ditugaskan untuk belajar mengenai manual produk seharian hari selasa. Ngantuk yang jelas kalau disuruh belajar, karena di ruangan ber ac dan cuma melihat layar monitor pasti blogger mengerti perasaan saya saat itu. Dan hari itu saya menjamur di meja saya,hehe. Baru besoknya saya menanyakan tentang tugas untuk hari rabu, dan akhirnya saya dikasi data lagi dan ditugaskan membenarkan data yang masuk, dan sampek jam 2 siang sudah tuntas semua karena emang enggak sebanyak yang yang pertama. Setelah saya laporan lagi ke supervisor, eh malah ditugaskan untuk bantu divisi laen yang melayani nasabah via telepon. Nah kalo yang ini saya anggap paling berat selama saya baru kerja di kantor ini, karena pada dasarnya saya ini orangnya kaku, mudah dibegoin sama bingungan dan akhirnya saya ditugasi untuk menghubungi 21 orang nasabah untuk dijelaskan program baru.

Disini terlihat saya harus menyiapkan segalanya, karena dua kerjaan sebelumnya bisa diselesaikan hanya dengan otot dan otak sedikit tapi untuk yang satu ini harus kerja bareng dan serius. Hehe, ini baru tantangan baru,haha tapi kemaren saya menyiapkan materi untuk menawarkan produk ini ampe jam setengah 6 jadi itung - itung lembur sejam,hehe. Sampai sekarang saya masih kagok liat telepon, tapi saya sudah berjanji pada diri saya sendiri hari ini harus kelar nelponin nasabah ini,hehe. Jadi bisa dibilang anak baru yang kerjanya geje ya cuma saya, karena divisi lain itu sibuk dengan kerjaannya sendiri, tapi saya harus mobile pindah2 konsentrasi juga dengan bidang yang beda juga. Menarik sih, tapi ini saya anggap usaha dan pengalaman, itung - itung ini saya di Bank yang lumayan bonafit, jadi pengalaman harus banyak,. Nanti kalo udah dilempar dari bank ini jadi ada pegangan sih, tapi saya berharap juga jadi pegawai tetap di sini, karena orang tua saya senangnya saya kerja disini. Tapi saya sebenarnya pengen wirausaha, but it's ok, saya menyenangkan orang tua dulu dengan berusaha menjadi pegawai tetap dan nanti setelah menikah rencana saya sih buka usaha sama istri saya. haha, angan - angan boleh saja kan, biar saya ada tujuan nantinya,hehe dan semua aspek yang membuat saya dan orang yang saya sayangi bahagia semua,hehe. Oke dah segitu dulu saya share sedikit pengalaman dan cerita, moga aja ada blogger yang mampir, best regards...

12 February 2012

Oh Kos - Kosan!!!!

(ilustrasi, source : http://4.bp.blogspot.com/_RHTlDf-bLQM/S9_AV2q3_NI/AAAAAAAAAMA/DIeBbMrXdRU/s1600/03052010438.jpg)

Sabtu dan minggu adalah weekend yang sempurna bagi blogger semuanya,,, tapi tidak bagiku. Sabtu dan minggu adalah hari nyari kos - kosan, maklum anak desa yang baru pindah ke kota. Sementara ini saya menumpang di rumah om, letak rumah om saya ini lumayan jauh dan melewati beberapa titik macet. Jadi ya mau gak mau harus nyari kosan yang dekat dengan kantor ataopun yang daerah deket kantor sana, soalnya kedepannya saya bakal banyak lemburan yang pulangnya diatas jam 8 malam. Haha, meskipun saya anak laki, tapi ya saya manusia biasa yang emang punya capek, kebayang enggak, tiap hari berangkat dari rumah om jam 6 pagi, menempuh perjalanan 30 menit lebih belum ditambah macet. Tapi waktu berangkat gak parah, yang parah itu jika saya enggak lembur dan pulang normal jam setengah lima, nyampek rumah om jam enam sore karena saya pulang bertepatan dengan orang kantor lain pulang, jadi muacetnya pol. Untuk kemaren - kemaren sih fine - fine aja pulang jam segitu, tapi untuk ketenangan dan keenakan bersama ya saya harus mencari kosan. Gak enak juga terlalu lama numpang, tapi saya baru bisa mencari kos ini hari sabtu dan minggu ini.

Dua hari ini saya mencari kosan, pertama daerah deket kantor, tapi apes semua kosan full. Alhasil melanjutkan mencari kosan di dekat salah satu universitas di kota Surabaya yang lumayan dekat dengan kantor. Di daerah sana saya mensurvei tiga tempat, yang pertama dengan harga 350ribu, 400ribu dan 500ribu. Untuk yang 350ribu itu tempatnya satu rumah sendiri beda dengan ibu kos, kamar mandi hanya satu untuk 9 anak (gak kebayang saya gimana antre mandinya, terus yang parah gak ada ventilasinya alias tertutup, kalo mau menghirup udara segar harus buka pintu,hehe. Untuk yang 400ribu ternyata kosannya nyampur dengan ibu kos, dan yang membedakannya itu kamar anak kos di lantai dua, tapi mau gak mau harus melewati tempatnya ibu kos, kamar mandi hanya satu untuk 7 anak (gak kebayang saya kalo mau rebutan mandi ini) terus kamarnya standar anak kosan, ada ventilasinya tapi yang sangsi itu atapnya yang nampak bocor, akhirnya dari dua pilihan kamar ini saya tangguhkan. Dan yang ketemu terakhir yaitu kosan 500ribu, kosan rumah baru dengan 6 kamar, 3 kamar diatas dan 3 kamar dibawah, dari yang dua harga tadi emang ini yang paling cocok karena kelihatannya aman dan kamar mandi ntar ada pembantu yang ngebersihin, cuman kamarnya rada kecil sih, kasurnya spring bed sih, cuman saya gak bisa ngasi kepastian kepada pak kosnya, tapi saya minta nomer hpnya untuk mikir - mikir dulu. 

Sampai saya nyari di hari minggu ini belum dapat - dapat, dan ada saran untuk ambil yang 500ribu itu, tapi masih diperhitungkan dulu untuk biaya lainnya selama sebulan, gajian aja belom,haha. Eh sialnya saya sudah memikirkan dan mau ambil kamar 500ribu itu ternyata waktu saya telepon pak kosnya tuh kamar udah ada yang nempatin. Hyah bukan rejeki sih, mau gimana lagi ini, terpaksa nginep lagi seminggu di om untuk nyari kosan lagi, sekarang berasanya itu mencari kosan lebih sulit daripada kerja,hhahahhahah, sekian curhatan orang yang nyari kosan sambil kesasar ini,hehe. Maklum surabaya gede dan saya g tau mana - mana,,hehe, best regards,,doakan saya dapat kosan ya,ahhahaha

9 February 2012

Hari Ketiga, Ini Namanya Kerja!

 (ilustrasi, image source : http://school.discoveryeducation.com/clipart/images/goodwork.gif)

Huwa,,,,akhirnya baru pulang saya dari kantor, terpaksa pulang karena jarak yang lumayan jauh dari kantor dan perut yang udah minta diisi,hehe. Hari ini merupakan hari yang menyenangkan juga berat, karena hari ini saya akhirnya di tempatkan untuk menyelesaikan beberapa lembar data yang mana tulisannya kecil-kecil, kayak font dibawah 10, dan ada beratus - ratus. Pertama sih mas supervisorku bawa 6 lembar data itu buat di cek dan diisi asuransinya, lumayan keder sih awalnya. Tapi ini emang yang ditunggu, ini baru namanya kerja,haha. Jam 9 lewat pagi tadi, salah satu mas senior mengajari saya cara input data ke sistem, kalo dibandingin sama yang kemaren yang sekarang lebih kompleks dan ruwet karena setelah perbaikan beberapa bagian, saya diharuskan mencari dan menginputkan data nasabah yang filenya mencar ke dalam sistem. Total tadi ada 3 excel, calculator adalah file yang terbuka di desktop saya, dan control + f adalah shortcut yang saya gunakan untuk mencari nama nasabah dan perusahaan asuransinya. Data yang diberikan kepada saya untuk diinputkan kan 6 lembar, tapi akhirnya berkurang 3 lembar gara - gara nomer rekening nasabah malang ikut dimasukkan, seharusnya hanya ya yang surabaya saja. Alhamdulillah pertama,, tapi kalo diitung - itung, itu 3 lembar isinya 240 data,,hahahahahahaha. 

Setelah diberi pengetahuan tentang menginput data secara benar, akhirnya saya mulai mengerjakan dari jam 10 pagi sampek jam setengah delapan malam ini. Hasilnya sampai tadi sudah sekitar setengahnya yang saya masukkan, mas supervisornya bilang besok kudu kelar,hahahaha. Besok berarti lembur lagi dah,, baru ngeh saya, kemaren saya jadi anak yang hanya minta duit ke orang tua tanpa mengetahui seberapa beratnya orang tua mencari duit, eh akhirnya sekarang saya mengerti sedikit tentang pengorbanan orang tua saya, bagaimana capeknya untuk menghidupi saya. Mungkin bagi blogger ada yang belum kerja, dan mungkin baru ngerti waktu dah kerja, sayangi aja orang tua anda sampai akhir hayat, dan ngertilah kalau orang tua gak punya duit jangan dipaksa untuk mendapatkan barang yang diinginkan, karena rasa capek yang orang tua kita keluarkan untuk kita itu melebihi apapun. 

Itu hanya pendapat saya saja, karena saya baru bekerja dan emang berat, ini saya belum berkeluarga, gak bisa saya bayangkan bapak saya mencari sesuap nasi bukan hanya untuk saya tapi untuk satu rumah, terima kasih bapak dan ibu saya, tiada kasih dan perjuangan yang bisa melebihi kasih dan perjuangan mereka, best regards...

Kerja Pertama & Lembur Pertama

 (ilustrasi, image source : http://www.themillionairesecrets.net/images/2011/11/work-hard-success.jpg)

Wah,,akhirnya siang kemaren setelah paginya belajar dan ngetik - ngetik geje, sebelum makan siang diajak briefing dan akhirnya saya dijelaskan bagaimana saya nantinya bekerja. Dijelaskan sama supervisor saya, tapi gak gitu ngeh (maklum lintas negara jurusannya,hehe). Dijelaskan bahwa saya nantinya di bagian verifikasi data yang masuk dan juga bagian cleansing,hehe. Sebelum dipraktekkan, saya dipersilahkan makan dulu, baru jam 1 tancap gas lagi,hehe. Setelah sholat dan makan, baru saya di praktekkan bagaimana cara kerjanya tuh sistem. Jadi saya membenarkan kecamatan sama nomer telepon, dan datanya sih lumayan untuk verifikasi awal itu ada 33 data. Baru setelah kelar yang 33 data, dilanjutkan cleansing yang 3 lembar full, g tau berapa jumlah datanya. Harus dinikmati,, dan harus kuat ini, karena ini kerjaan udah terasa beratnya, dan sudah komitmen saya, gimana beratnya harus jalan karena untuk masa depan saya, untuk orang tua dan seseorang disana,hehe. Eh gak kerasa kemaren saya kerja dari jam 7 pagi tancep setengah hari lebih ampe jam 8 malam. Baru pulang tapi gak pake mandi,hahah, maklum ada masalah air, pokok makan malam harus di lanjutkan,heheh. Tapi overall saya menikmati hari pertama lembur saya, semoga aja ntar lanjut lembur lagi *asik2,hehe. Oke dah segitu dulu ya, saya mau siap2 berangkat, best regards...

8 February 2012

Dan Hari Kedua


(ilustrasi, source : http://www.furnitureinfashion.net/images/437.jpg)

Dan hari kedua bekerja disini dimulai dengan rutinitas yang sama seperti hari pertama, yaitu bangun jam 5, sholat dan mandi. Abis itu buat energen dan makan roti, siap - siap berangkat kerja dan berangkat jam 6 lewat. Berangkat ditemani macet sampai tempat tujuan setengah tujuh lewat 10 menit. Sampai kantor duduk - duduk di mushola kantor sampe jam tujuh lewat sepuluh setelah itu lanjut nunggu ruang tunggu (karena belum ditempatkan di bagian mana). Jam setengah delapan ngikut briefing di ruangan, sama perkenalan kepada warga di ruangan itu. Kurang lebih pukul delapan pagi ditempatkan di meja masing - masing, dan dimulai lagi membaca materi tentang bank, buanyak banget.

Singkat cerita jam 3 sore baru saya diberi tahu mengenai siapa supervisor dan bagian apa saya. Saya di masukkan bagian verifikasi dokumen, kurang lebihnya belum tau bagaimana,hehe. Sampek waktu pulang saya hanya melongo saja, karena supervisornya lagi sibuk dan saya pulang masih dengan belum tau kerja saya bagaimana. Menurut supervisornya besok baru diberitahu bagaimana kerjanya, yah, moga saja hari ini saya sudah mulai mengerjakan sesuatu. Dan bakal sering lembur kayaknya, amin,hehe. Sukses buat pembaca semua, best regards sedikit,hehe. Awal yang berat ini, harus sabar dan semangat..hohoho

6 February 2012

First Day..

(ilustrasi, source : http://www.thefeeherytheory.com/wp-content/uploads/2011/03/openingday_baseball.jpg)

Hari pertama menempuh tahapan baru, akhirnya hari ini saya menempuh tahapan baru dalam hidup. Setelah 4 tahun belajar dan kuliah, akhirnya pengaplikasian 22 tahun hidup di dunia baru dimulai. Tahapan baru ini adalah kerja. Tidak ada lagi maen - maen, jalan - jalan bareng temen, atopun ngenet seharian penuh, sekarang yang ada di depan mata adanya kerja doang. Emang sih terlalu berlebihan pembukaan ini, tapi emang begitu kejadiannya, sekarang harus bangun pagi (terakhir bangun pagi ya sd-sma) siap - siap dan berangkat. Meski baru hari pertama, tapi kayaknya besok juga akan dimulai dengan seperti ini.

Hari pertama kerja dimulai dengan bangun jam 5 pagi diteruskan sholat subuh dan mandi, setelah itu nyalain heater dan buat energen (biar gak laper cz kan gak makan pagi) sebagai sarapan pagi. Ditemani dua roti tawar mengawali hari pertama kerja ini. Target harus berangkat dari rumah om ini jam 6 pagi, karena takut telat soalnya perjalanan dari sini lumayan jauh dan juga macet. Alhasil jam 06.04 WIB saya tancap gas, dengan memperkirakan waktu perjalanan paling lama 45 menit. Suasana masih lengang tapi lumayan banyak yang berangkat, mulai dari bapak yang nganterin anaknya ke sekolah, anak SMA yang boncengan untuk ke sekolah dan juga orang kerja. Jam 6 pagi dipilih mungkin karena mengantisipasi titik - titik macet di kota Surabaya ini, tapi baru sadar saya, petugas p***** jam segini sudah siap siaga untuk menertibkan lalu lintas (hehe,kalo di kotaku sih jam setengah 7 baru nongol).

Berhubung gak pake jam tangan jadi mengira - ngira ini sudah jam berapa, singkat cerita saya hafal perjalanan ke kantor yang saya tuju. Melihat jam di handphone yaitu 06.32 WIB, jadi sekitar 28 menit saya sudah sampai di lokasi tanpa macet gara - gara pagi. Suasana kantor juga sepi, masih kosong sepeda motor, dan saya baru sadar sepertinya saya kepagian datang,haha. Mending kepagian daripada telat,hehe. Dijanjikan saya jam 07.15 ketemu kepada mbak - mbak yang bilang saya lolos untuk kerja, dan bisa dipastikan harus menunggu orang - orangnya datang. Menunggu sampai jam 8 baru mbak - mbak yang dituju datang dan memberikan instruksi, posisinya yang datang untuk kerja hari ini sebenernya 5 orang, tapi yang datang hanya 3 orang termasuk saya, yang 2 orang lagi gak tau kemana. Instruksi yang diberikan yaitu berhubung manager di situ lagi ada masalah yang mengakibatkan harus off beberapa hari jadi nasib saya bertiga harus membaca dan belajar masalah bank2an. Jadi kami bertiga masih belum jelas di tempatkan di bagian apa, karena masih menunggu instruksi dari managernya.

Singkat cerita kebosanan terjadi dari jam 9 pagi sampai waktu pulang yaitu setengah 5 sore (bisa dibayangkan disuruh baca buku tebel2 dah,hahaha), tapi tadi juga diberikan penjelasan tentang isi dari buku itu (kalo yang ini jelas, karena pake gambaran bagan mengenai kerja tiap divisi,hahaha). Dan saya pulang kehujanan dan macet, itulah kisah saya di hari pertama kerja tapi belum kerja,hehe, alamat sibuk dan jarang blogwalking ni kalo kerjanya ful,hahaha. Moga saja saya tidak lupa ngeblog,hehe, best regards.hoho,,doakan lancar ya kerja saya,hehehe

2 February 2012

2-2-2012

Hari kedua bulan Februari 2012 ini memang berbekas dalam hati dan kalbu dah (lebay), mulai dari duka (apes) sampai seneng ada campur aduk. Kamis pagi ini di kota bondowoso lumayan terang dan panas, cocok dah buat nyuci baju dan jaket, perjalanan pulang dari bondowoso surabaya kemaren menghasilkan setumpuk pakaian kotor. Aku heran kenapa dalam waktu sehari aja udah numpuk tuh baju kotor, dan hari kamis inilah waktu yang tepat dan juga cuaca yang mendukung untuk proses penjemuran pakaiannya. Belom semenit saya memikirkan bahwa cucian saya kering hari ini,,eh cuaca sudah mulai berubah menjadi mendung,,hadeh,, cucian tinggal jemur akhirnya saya paksakan di bawah terik (gelap tepatnya) matahari. Setelah berkutat dengan pakaian kotor saya melanjutkan mencuci badan saya alias mandi. Rencananya hari ini saya mau ke Jember untuk bertemu teman kuliahan yang masih berjuang di kampus dan juga buat nagih duit pulsa (sepertinya niat sebenarnya adalah ini,hahah).

(ilustrasi dari : http://img5.tokobagus.com/55/20/5524205_8665541.jpg

Tepat pukul 09.30 saya akhirnya sudah siap untuk berangkat ke Jember, cuma bawa tas, handphone, jas ujan dan gak lupa si baja item (sebutan buat motor jadulq,haha). Pemanasan motor juga sudah dilakukan, dan dilanjutkan dengan pamit kepada orang rumah (kan pergi kemana - mana kudu pamit orang tua,hehe). Kurang lebih 09.40 saya sudah berangkat dari rumah, tapi ada yang enggak beres sama motor yang saya kendarai ini, pegangan gas ini tidak selancar biasanya, alias seperti ngadat. Tapi saya berpikiran mungkin karena kemaren enggak dipanasi jadinya mungkin belom terbiasa, tapi emang bener bermasalah karena sampai saya menarik gasnya eh gasnya malah gak kembali lagi (seperti udah loss gitu) padahal waktu itu kecepatan saya dari 20 naik menjadi 40 km/jam, bingung bukan kepalang, tapi emang beruntung saya karena saya reflek menginjak rem dan memasang lampu sen kiri untuk minggir dan segera mematikan mesin. Untungnya saya segera mematikan mesin, karena kalao enggak bisa dibayangkan kecepatan 40 km/jam akan konstan dan kalo gak saya antisipasi pasti baru berhenti kalo menabrak sesuatu. Untungnya saya tadi tidak kenapa - napa, setelah berhenti saya mencoba memancing gasnya supaya kembali ke normal, eh tapi emang kelihatan putus alias loss, mesin dinyalakan juga gak mau karena posisi gas itu konstan 40 km/jam tidak mau di 0 kan. Alhasil saya mendorong motor saya sampai ke bengkel terdekat, dan setelah di cek ternyata kabel gas emang kayak kurang oli dan per-nya juga kendor. Tanpa banyak pertimbangan saya minta ganti saja dengan yang baru kabel gas dan pernya. Ini merupakan awal yang buruk, tapi untung masih bisa diatasi. 

Setelah selesai diperbaiki akhirnya saya melanjutkan perjalanan ke kota tujuan, tadi motor saya ngadat masih di deket rumah sih, masih di kota Bondowoso. Untungnya perjalanan ke Jember tidak ada masalah, jadi bisa sampai tepat waktu 40 menitan. Untuk kota sepi, perjalanan 40 menit rasanya lama sekali, mungkin dikarenakan samping kiri dan kanan masih hutan dan sawah jadi terasa jauh sekali perjalanan, ditambah lagi jalan yang naik dan turun (maklum bondowoso itu kota yang rada di gunung,hehe). Sampai di Jember saya langsung menuju kontrakan teman - teman seperjuangan saya. Di kontrakan ini isinya anak teknik elektro angkatan saya jadinya kontrakan ini dijadikan base camp untuk angkatan kami. Ya karena mayoritas anak teknik itu cowok jadinya ya bisa dibayangkan apa yang mereka kerjakan di kontrakan, ada yang main dota dan ada yang ngobrol (realitas yang ada). Tapi saya senang sekali ngumpul bareng sama mereka, karena perjalanan 4 tahun kuliah emang dilalui berbarengan sama mereka, jadi udah kayak keluarga sendirilah nganggepnya. Saya datang di kontrakan itu sekitar jam 12 siang, dan emang cuaca di jember tadi panas banget. Ngobrol masalah yang udah sidang kemaren sampek masalah kerjaan ntar akhirnya terlontar juga dijadikan topik pembicaraan. (skip sampai aksi terakhir saja ya,hahaa).

Setelah ngobrol dan duit pulsa terkumpul saya sudah tidak ada tujuan lagi, dan emang gak mau nginep sih. Jadinya setelah selese mau pulang, eh waktu mau pamit pulang malah diajakin makan rujak cingur (mumpung lagi laper, dan katanya murah*sifat anak kos balik lagi) di dekat stadion di kota Jember. Sesampainya di sana saya malah ketir - ketir takut harganya mahal, karena yang makan disitu ada yang berpakaian rapi ijo item (bisa disimpulkan sendiri). Tapi udah sampek lokasi mau gimana lagi, pesan 1 rujak cingur pedes sama minum es teh. Prakiraan pertama (kayak cuaca aja) 10 ribu keluar dah ni buat makan ini, tapi ya dinikmatin aja, kan emang jarang makan di luar semenjak gak ngekos lagi,hehe (emang dasar anak kos pelit kali ya). Rujaknya gak sempet kefoto sih, lumayan lah porsinya meski cingurnya dikit, tapi lumayan mengenyangkan dan ditemani segelas es teh, mantep jos dah,hahah. Setelah puas dengan sensasi kenyang dan pedas akhirnya saya pamit pulang ke Bondowoso. Cuaca juga mulai mendung di Jember, persiapan jas hujan harus dikerahkan. Gak sampek 10 km perjalanan emang dibuka dengan hujan gerimis, dan dilanjutkan dengan hujan deras yang mengharuskan saya memakai jas ujan betmen saya. Perjalanan yang harusnya sekitar 40 menitan jadi sekitar 1 jam karena emang hujan deres jadi gak berani ngebut.


Sampek di rumah jam 16.00, cuaca juga kayak abis ujan tapi gak deres (mungkin yang deres di Jember aja). Sampainya di rumah kok idung ini sepertinya mencium bau makanan enak, eh sampeknya di depan meja makan ada seperangkat nasi kuning beserta teman - temannya, memanggil buat dimakan,hahaha. Ini nih yang bikin berat badan nambah terus,, giling terus,, akhirnya perjalanan panjang saya (ke jember maksudnya) di akhiri dengan makan nasi kuning,hahahah. Mumpung ada makanan dan tinggal makan, kan mubajir kalo gak dimakan, saya mau makan dulu ya, jangan pada ngiri,, kerumah kalo mau,hahaha. Besok alamat nimbang naik lagi ni berat badan,wakakak. Best regards..

1 February 2012

Final Interview & My First Job...

(source : http://2.bp.blogspot.com/-pwlu7BjsI24/TlTW91Z4QdI/AAAAAAAAAJ4/XiJAbeYHixE/s1600/making-your-first-job-your-dream-job-8328.jpg)
 
Akhirnya setelah kemaren saya tidak membuka internet dan si lepi sama sekali, malam ini senyum sedikit berkembang di hati saya, karena ditinggal sehari email notifikasi tentang komen di blog saya akhirnya nambah (alhamdulillah) dan juga yang ngefollow blog saya juga nambah, kemaren 96an eh sekarang udah lewat 100 orang,,(alhamdulillah). Dan juga saya berterima kasih kepada orang tua saya, pacar saya, dan blogger semua, karena alhamdulillah lagi penderitaan saya beberapa postingan yang lalu (kata lain dari nganggur) ini akhirnya (lagi) menjadi sesuatu yang baik untuk saya. Karena berkat doa semua yang terlibat dan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT akhirnya saya dapat kerja,,,,,kerja pertama setelah 3 bulan nganggur dan jualan es,hahahahahah. Akhirnya,,, kemaren malam saya dikabari untuk senin besok langsung kerja,,,akhirnya (lagi), alhamdulillah (*sujud syukur). Terima kasih banyak doanya ya kawan - kawan,hehe, ini saya mau share sedikit cerita saya sebelum mendapat pekerjaan,hehe.

Cerita paling awalnya begini, pertengahaj desember 2011 kemaren saya dapat kabar dari temen kalo ada salah satu bank yang mencari pegawai, karena persyaratannya itu semua jurusan, jadi saya dan teman saya yang jurusannya emang yang gak ada hubungannya dengan bank, alhasil kita berdua mencoba peruntungan saja pokok kami mengirimkan seperti yang diminta persyaratannya ke bank tersebut (saya gak berani bilang banknya ah,ntar dituntut lagi). Setelah syarat - syaratnya kami siapkan itu ternyata tanggal pengumpulannya alias closed datenya mepet dah, jadi harus dikirimkan ke surabaya itu selang berapa hari dari waktu tau kabar lowongan itu, dan waktu kami mengirimkan itu ngirimnya bukan di bondowoso tapi dari malang karena sekalian menghadiri jobfair waktu itu.

Nah udah dah, setelah mengirimkan persyaratan itu (dalam bentuk surat) ke surabaya, saya melanjutkan pencarian kerja dengan mengikuti beberapa jobfair dan juga ngirim online ke perusahaan yang ngiklanin di mana aja. Alhasil 2 minggu setelah itu saya diundang melalui sms untuk hadir psikotest di salah satu penyedia outsourcing yang ditunjuk bank bersangkutan, alamatnya di sebelah hotel shangrila surabaya,hehe. Perjuangan untuk berangkat ke tes ini aja udah repot, karena aku yang 0 pengalaman mengenai daerah surabaya diharuskan datang ke tempat tepat waktu, untungnya hari sebelumnya dibantu orang rumah ngapalin jalan jadi lumayan terbantu. Dengan berbekal beberapa contoh soal psikotest yang saya baca dan pelajari, saya berharap dengan itu bisa agak lebih mudah untuk mengerjakannya, karena sebelumnya saya sempet gagal juga di bagian psikotestnya. Dan emang karena rejeki, sewaktu saya mengerjakan test di tempat yang ditentukan itu saya bisa lebih PD karena emang bisa mengerjakan test itu dengan baik (saya pikir) dan berharap ntar saya bisa lolos ke tahap selanjutnya. Yang dipanggil dalam psikotest pagi itu ada 13 orang yang rata - rata dari timur surabaya semua, dan emang pertama melihat saya sempat minder juga melihat peserta yang datang karena emang mereka terlihat bagaimana gitu (hanya saya yang tau,hoho).

Setelah selesai test itu tidak diberi tahukan secara pasti berapa lama nanti pengumumannya. Selanjutnya sekitar 2 minggu setelah test itu atau tanggal 30 Januari kemaren saya di sms sama pihak outsourcing ini untuk langsung hadir pada Final Interview tanggal 31 bertempat di gentengkali surabaya. Nah loh, tau - tau besoknya disuru ke genteng kali surabaya untuk Final Interview, tapi ya namanya juga waktu itu saya nganggur (bisa dilihat di sini dan sini untuk melihat bagaimana cara saya mencari kerja di jobfair,hehe) alhasil langsung saja besoknya (tanggal 31 januari) jam 03.10 pagi saya berangkat menuju surabaya untuk menyiapkan segala sesuatu untuk interview jam 1 siang. Nyampek di surabaya jam setengah 9 pagi saya langsung ngacir ke rumah om dan mandi2, disini saya belom tau posisi tempatnya sih, jam 12 saya langsung tancap gas,, ngebut karena emang gak tau tempatnya dan juga nanya orang lokasi yang dituju, untungnya 40 menit sudah sampek di tkp. Disini ternyata ada 6 orang termasuk saya yang dipanggil untuk final interview, ada 3 cewek dan 3 cowok (termasuk saya). Dan emang karena saya sepertinya datang paling belakang (tapi gak telat lo) akhirnya saya dipanggil paling bontot yaitu baru jam 3 sore dipanggil dimana yang lain udah pulang semua.

Pertama menghadap bapak yang ngeinterview saya sih emang grogi sangat, tapi ya mau gak mau harus pd dan siap menjawab pertanyaan. Mulai dari nama lengkap, asal kuliah dan lain - lain. Di interview ini dijelaskan bahwa jika ntar saya diterima kerja di perusahaan ini nanti saya itu pegawai kontrak yang disesuaikan dengan kebutuhan, dan tidak ada garansi alias jaminan kalo ntar pegawai outsourcing ini dapat menjadi pegawai tetap tapi kalo ada kesempatan dan emang kerjanya bagus sih bisa untuk jadi pegawai tetap. Setelah selesai menanyai saya dengan berbagai pertanyaan akhirnya selese juga Final Interview tersebut. Pokok sudah berusaha sungguh - sungguh dan doa yang tidak terputus jika ntar emang rejeki ya bisa dipanggil kerja dimari. Sebenarnya sih pegawai outsourcing ini kalo dilihat dari gaji emang gak seberapa, tapi pengalaman kerja ini yang penting, ya kalo emang rejeki semua bisa berubah menjadi baik,hehe. Sore itu setelah interview selesai saya pulang ke tempat om untuk beristirahat. Betapa terkejutnya aku (lebay mode on) malamnya jam 8 itu dari pihak bank ini menelpon dan mengatakan bahwa saya lolos (alhamdulillah) dan hari senin besok diwajibkan datang jam 7.15 pagi dengan pakaian rapi, celana kain dan bersepati di kantor. Senang bukan kepalang dah, ternyata diterima,, ternyata saya kerja,hiyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh,,,pengangguran selama 3 bulan terjawab sudah dengan kata KERJA,................ Saya bersyukur sekali kepada Allah SWT, orang tua dan semua pihak yang sudah ikut mendoakan saya, akhirnya saya kerja minggu depan, perjuangan akhirnya terjawabkan sudah,hehe. Baru bisa nyengir saya sekarang tapi gak boleh sombong, hehe. Semoga saja ini jalan yang benar,hehe, dan semoga saja saya bisa beradaptasi dari penganggura ke orang kerja,hehe. Moga pembaca postingan saya juga sukses semua, amin, terima kasih tuh doanya kawan - kawan,hehe. Best regards....