1 February 2012

Final Interview & My First Job...

(source : http://2.bp.blogspot.com/-pwlu7BjsI24/TlTW91Z4QdI/AAAAAAAAAJ4/XiJAbeYHixE/s1600/making-your-first-job-your-dream-job-8328.jpg)
 
Akhirnya setelah kemaren saya tidak membuka internet dan si lepi sama sekali, malam ini senyum sedikit berkembang di hati saya, karena ditinggal sehari email notifikasi tentang komen di blog saya akhirnya nambah (alhamdulillah) dan juga yang ngefollow blog saya juga nambah, kemaren 96an eh sekarang udah lewat 100 orang,,(alhamdulillah). Dan juga saya berterima kasih kepada orang tua saya, pacar saya, dan blogger semua, karena alhamdulillah lagi penderitaan saya beberapa postingan yang lalu (kata lain dari nganggur) ini akhirnya (lagi) menjadi sesuatu yang baik untuk saya. Karena berkat doa semua yang terlibat dan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT akhirnya saya dapat kerja,,,,,kerja pertama setelah 3 bulan nganggur dan jualan es,hahahahahah. Akhirnya,,, kemaren malam saya dikabari untuk senin besok langsung kerja,,,akhirnya (lagi), alhamdulillah (*sujud syukur). Terima kasih banyak doanya ya kawan - kawan,hehe, ini saya mau share sedikit cerita saya sebelum mendapat pekerjaan,hehe.

Cerita paling awalnya begini, pertengahaj desember 2011 kemaren saya dapat kabar dari temen kalo ada salah satu bank yang mencari pegawai, karena persyaratannya itu semua jurusan, jadi saya dan teman saya yang jurusannya emang yang gak ada hubungannya dengan bank, alhasil kita berdua mencoba peruntungan saja pokok kami mengirimkan seperti yang diminta persyaratannya ke bank tersebut (saya gak berani bilang banknya ah,ntar dituntut lagi). Setelah syarat - syaratnya kami siapkan itu ternyata tanggal pengumpulannya alias closed datenya mepet dah, jadi harus dikirimkan ke surabaya itu selang berapa hari dari waktu tau kabar lowongan itu, dan waktu kami mengirimkan itu ngirimnya bukan di bondowoso tapi dari malang karena sekalian menghadiri jobfair waktu itu.

Nah udah dah, setelah mengirimkan persyaratan itu (dalam bentuk surat) ke surabaya, saya melanjutkan pencarian kerja dengan mengikuti beberapa jobfair dan juga ngirim online ke perusahaan yang ngiklanin di mana aja. Alhasil 2 minggu setelah itu saya diundang melalui sms untuk hadir psikotest di salah satu penyedia outsourcing yang ditunjuk bank bersangkutan, alamatnya di sebelah hotel shangrila surabaya,hehe. Perjuangan untuk berangkat ke tes ini aja udah repot, karena aku yang 0 pengalaman mengenai daerah surabaya diharuskan datang ke tempat tepat waktu, untungnya hari sebelumnya dibantu orang rumah ngapalin jalan jadi lumayan terbantu. Dengan berbekal beberapa contoh soal psikotest yang saya baca dan pelajari, saya berharap dengan itu bisa agak lebih mudah untuk mengerjakannya, karena sebelumnya saya sempet gagal juga di bagian psikotestnya. Dan emang karena rejeki, sewaktu saya mengerjakan test di tempat yang ditentukan itu saya bisa lebih PD karena emang bisa mengerjakan test itu dengan baik (saya pikir) dan berharap ntar saya bisa lolos ke tahap selanjutnya. Yang dipanggil dalam psikotest pagi itu ada 13 orang yang rata - rata dari timur surabaya semua, dan emang pertama melihat saya sempat minder juga melihat peserta yang datang karena emang mereka terlihat bagaimana gitu (hanya saya yang tau,hoho).

Setelah selesai test itu tidak diberi tahukan secara pasti berapa lama nanti pengumumannya. Selanjutnya sekitar 2 minggu setelah test itu atau tanggal 30 Januari kemaren saya di sms sama pihak outsourcing ini untuk langsung hadir pada Final Interview tanggal 31 bertempat di gentengkali surabaya. Nah loh, tau - tau besoknya disuru ke genteng kali surabaya untuk Final Interview, tapi ya namanya juga waktu itu saya nganggur (bisa dilihat di sini dan sini untuk melihat bagaimana cara saya mencari kerja di jobfair,hehe) alhasil langsung saja besoknya (tanggal 31 januari) jam 03.10 pagi saya berangkat menuju surabaya untuk menyiapkan segala sesuatu untuk interview jam 1 siang. Nyampek di surabaya jam setengah 9 pagi saya langsung ngacir ke rumah om dan mandi2, disini saya belom tau posisi tempatnya sih, jam 12 saya langsung tancap gas,, ngebut karena emang gak tau tempatnya dan juga nanya orang lokasi yang dituju, untungnya 40 menit sudah sampek di tkp. Disini ternyata ada 6 orang termasuk saya yang dipanggil untuk final interview, ada 3 cewek dan 3 cowok (termasuk saya). Dan emang karena saya sepertinya datang paling belakang (tapi gak telat lo) akhirnya saya dipanggil paling bontot yaitu baru jam 3 sore dipanggil dimana yang lain udah pulang semua.

Pertama menghadap bapak yang ngeinterview saya sih emang grogi sangat, tapi ya mau gak mau harus pd dan siap menjawab pertanyaan. Mulai dari nama lengkap, asal kuliah dan lain - lain. Di interview ini dijelaskan bahwa jika ntar saya diterima kerja di perusahaan ini nanti saya itu pegawai kontrak yang disesuaikan dengan kebutuhan, dan tidak ada garansi alias jaminan kalo ntar pegawai outsourcing ini dapat menjadi pegawai tetap tapi kalo ada kesempatan dan emang kerjanya bagus sih bisa untuk jadi pegawai tetap. Setelah selesai menanyai saya dengan berbagai pertanyaan akhirnya selese juga Final Interview tersebut. Pokok sudah berusaha sungguh - sungguh dan doa yang tidak terputus jika ntar emang rejeki ya bisa dipanggil kerja dimari. Sebenarnya sih pegawai outsourcing ini kalo dilihat dari gaji emang gak seberapa, tapi pengalaman kerja ini yang penting, ya kalo emang rejeki semua bisa berubah menjadi baik,hehe. Sore itu setelah interview selesai saya pulang ke tempat om untuk beristirahat. Betapa terkejutnya aku (lebay mode on) malamnya jam 8 itu dari pihak bank ini menelpon dan mengatakan bahwa saya lolos (alhamdulillah) dan hari senin besok diwajibkan datang jam 7.15 pagi dengan pakaian rapi, celana kain dan bersepati di kantor. Senang bukan kepalang dah, ternyata diterima,, ternyata saya kerja,hiyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh,,,pengangguran selama 3 bulan terjawab sudah dengan kata KERJA,................ Saya bersyukur sekali kepada Allah SWT, orang tua dan semua pihak yang sudah ikut mendoakan saya, akhirnya saya kerja minggu depan, perjuangan akhirnya terjawabkan sudah,hehe. Baru bisa nyengir saya sekarang tapi gak boleh sombong, hehe. Semoga saja ini jalan yang benar,hehe, dan semoga saja saya bisa beradaptasi dari penganggura ke orang kerja,hehe. Moga pembaca postingan saya juga sukses semua, amin, terima kasih tuh doanya kawan - kawan,hehe. Best regards....

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

14 Responses to "Final Interview & My First Job..."

  1. Deuh yang dah kerja ... selamat ya mas ... Kalau dijalani dengan penuh ikhlas dan doa ... Pasti hasilnya bagus ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,senen bro baru tau dunia kerja
      hehe
      amin dah,makasih doanya ya,,,

      Delete
  2. Rezky... Selamet ya... Welcome to the club! *toss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lita,,tapi ini belom tau bagaimana2nya,,,,belom teken kontrak dan lain2 ni,hehehe

      Delete
  3. Selamat ya Mas,
    Aku ikut mendoakan nggak ya?
    Btw, tetep semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting semangatnya mas,,
      hehehe maskasih2 sudah berkunjung2

      Delete
  4. Wuih selamat ya Bang! d tunggu traktirannya! traktir Pizza! huehuehue

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah,,ayo mampir,,hahah
      belom kerja,masak disuru traktiran,hahahahah
      sementara traktir doa dulu ya,,,,bulan depan aja ya,ahahhaha

      Delete
  5. alhamdulillah..
    selamat ya Rez, akhirnya jadi karyawan :D
    MAKANMAKAN!!! *tetep* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tiesa,,,,
      hehehehe
      kalo mau makan2 sementara dirumahq dulu mbak makan2nya,heheh

      Delete
  6. Hore....akhirnya bekerja di Surabaya. Wah kenapa gak call saya pasti nanti saya antar, daerah Surabaya hafal tuh. Hehehe....Emang skrg tinggal di rumah Om-nya di Sby mana?

    Selamat ya sudah bekerja, semoga menjadi orang yang lebih sukses.

    ReplyDelete
  7. Saya doakan, semoga sukses ya, di tempat kerjamu yang baru, Rez. :) Aamiin! ^^

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.