25 January 2012

Basket Cake

Akhirnya mosting lagi, berhubung 2 hari kemaren ngaskus mulu jadi sekarang waktunya mengisi blog ini. Beberapa hari yang lalu itu imlekan ya, biasanya saya seneng banget tuh waktu kecil kalo pas mau imlek karena waktu kecil saya tinggalnya di pontianak kalimantan barat, nah itu saya tinggal beserta orang tua di perumahan (namanya komplek kalo disana). Di komplek itu macem - macem orang ada dari berbagai macam agama dan rasnya, jadi disana kalo ada tetangga yang merayakan hari besar agama mereka itu tetangga - tetangga di sekitarnya pasti kecipratan gitu. Jadi misalnya kalo dirumah itu lebaran pasti nganter - nganterin ke tetangga gitu, dan kalo anak tetangga kerumah biasanya sih dikasi duit jajan begitu dah. Nah saya waktu di pontianak itu demen kalau udah mau imlekan, karena saya senang sekali sama makanan khas yang ada waktu imlek doang yang manis bin enak yaitu kue keranjang. Dan biasanya kue keranjang ini dikasi sama tetangga gitu, ukurannya gede sih, padet lagi, gratis lagi. Saya sendiri sih gak tau kenapa kok bisa jatuh cinta sama makanan ini, mungkin lidah - lidah anak kecil sih jadi kalo makanan manis bin gratis itu demen banget.


Terakhir makan sih saya kelas 4 SD, karena kelas 5 saya udah pindah ke jawa. Dan kalo boleh jujur selama lebih dari 13 tahun saya yang sekarang berdomisili di jawa tidak pernah mencicipi makanan ini. Terlebih karena tetangga di deket rumah tidak ada yang yang merayakan imlek jadi tidak ada yang nganter - nganterin kue ini (ngarep). Sampek kemaren, waktu saya nyari kerja di surabaya waktu jobfair saya tidak sengaja melihat di salah satu minimarket yang pasti ada di kota - kota menjual makanan ini. Tapi berhubung kemaren dana tidak tersedia dengan cukup, jadi saya hanya melihat dari jauh meski kepengen. Rasa kepengen ini sampek dibawa mimpi loh, tidur jadi mikirin makanan ini tapi bohong,hehe. Setelah saya kembali ke rumah dan kebetulan ngikutin orang rumah lagi belanja secara tidak sengaja dan disangka - sangka (lebay) mellihat sekotak kue yang saya lihat di minimarket kemaren, isi kotak ini 4 biji kue keranjang dengan harga 29 ribu rupiah. Mahal sih, tapi berhubung ada penyandang dana akhirnya say abeli juga makanan yang saya idam - idamkan 13 tahun ini,hehe. Ini saya fotoin kotaknya,, gak boleh minta ya, kasian orang ngidam,wakkaka.


Mungkin aja dari pembaca ada yang demen makanan ini juga, silahkan kalo mau ngasi aku,hehe. Oia sedikit tambahan, kalo rasa sih ampir sama ya mungkin bedanya kue keranjang di jawa sama di pontianak itu masalah bentuk dan kekerasannya, karena kalo yang di pontianak itu padat jadi tinggal iris, nah kalo yang di jawa ini kok lembut banget, sulit dimakan, karena terlalu kenyal, jadi kudu pake sendok udah mana lengket banget, tapi lumayan menghibur saya lah yang lagi ngidam. Terus sih pembuatan dari kue keranjang ada prosedurnya, kayak buat tape sih, misalnya kalo tempatnya gak bersih itu ntar kue keranjangnya gak jadi, terus kalo yang buat wanita yang lagi mens itu ntar gak mungkin jadi kue keranjangnya, tapi saya sih gak tau pastinya, namanya juga cuma makan, gak ikut - ikut buat,,yang penting enak di mulut dan kenyang,hehe. Best regards,,moga kepengen semua,wakakakak

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

24 Responses to "Basket Cake"

  1. eh saya pikir sama aja lho kue keranjang mau dari Pontianak mau dari Jawa, ternyata teksturnya beda ya?
    kalau menurut pengalaman saya, kue keranjang kalau baru dibuat memang masih lembek, jadi harus didiamkan dulu beberapa hari supaya mengeras, baru deh abis itu bisa dimakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaknya,kataku tapi lo
      misalnya emang akan mengeras ya,
      itu saya beli 2 hari setelah imlek loh
      hehe

      Delete
  2. gue sebutnya dodol cina. wkwkkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bener kalo yang di jawa itu namanya dodol ya mbake,hehe

      Delete
  3. aku malah gak suka kue ini lho. gak suka manis sih. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dibagiin aku mbak,kasian ya,hehehe

      Delete
  4. ehh, kue keranjang.
    saya pernah dikasi sama tetangga saya. enak emang gan. berhubung saya emang suka manis.
    tapi sebenernya, kue keranjang ini ada berbagai macam rasa ya gan?
    saya sempet bingung waktu nyobain, ada yang asem juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh,,baru tau aku mas kalo ada yang asem,,gimana ya rasanya, jadi penasaran,hehe

      Delete
  5. Kue apaan tuh Mas,,dodol kah itu Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 11 12 mas sama dodol,hehe,,tapi enak ini mas,,,cuman ada waktu imlekan,hehe

      Delete
  6. Enak gak? Kalo enak kirimin ke gue yaw.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak bro,ahha
      sementara ini anda telat bro,
      cz udah aku abisin,wakakakka

      Delete
  7. oh klo di sini mah pada nyebutnya dodol cina.
    ternyata ada pantrangan2 pas buatnya, wow.

    ReplyDelete
  8. kalo mau ya, di goreng pake tepung. atau di kukus n dimakan pake kelapa. enaaak sekalii

    ReplyDelete
  9. Hehe... Selamat ngidamnya tuntas setelah 13 tahun. Semoga makan kue keranjang berikutnya ngga perlu nunggu 13 tahun lagi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,,amin,,hehe
      moga aja taun depan bisa makan lagi,hehe

      Delete
  10. wah..kalao saya babar blas om lom pernah.. soalnya yang ngerayain di sekitar rumah tidak ada... oh, ya om.. award udah tak pasang monggo dipirsani

    ReplyDelete
  11. hahah,
    iya mas,,ini aja saya tau waktu di kalimantan mas
    kalo disana gak pernah dikasih ya gak pernah makan juga,hehehhe

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.