25 April 2010

Arti Simbol di Bawah Botol Plastik

Mungkin bagi sebagian pembaca tidak asing lagi dengan simbol segitiga disertai dengan angka di bawah botol air mineral ataupun peralatan sehari hari yang digunakan khususnya yang berbahan plastik. Sebagian besar konsumen pastinya banyak yang belum paham benar apakah simbol - simbol itu, disini mungkin ada sedikit informasi yang bisa saya tuliskan dari beberapa sumber mengenai arti dari simbol ini sehingga kita dapat waspada dan bijaksana menggunakan media ini. Oh ya sebenarnya sejak tahun 1998 itu dikeluarkan kode dari The Society of Plastic Industry di Amerika Serikat dan yang menjadi acuan oleh lembaga - lembaga pengembangan sistem kode seoerti ISO (International Organization for Standarization). Secara umum kode yang dikeluarkan harus berada atau terletak di bagian bawah, bentuk segitiga, di dalam segitiga terdapat angka dan terdapat nama jenis plastik di bawah segitiga. Sedangkan macam dari kode atau simbol ini ada 10 jenis tanda pengenal plastik. Berikut penjelasannya

1. PETE atau PET

Biasanya tanda ini tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya terus ada tulisan PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate) di bawah segitiga. Dipakai untuk botol plastik, berwarna jernih / transparan / tembus pandang contohnya botol air mineral, botol jus dan hampir semua botol minuman lainnya. Perlu ditekankan untuk botol jenis PET atau PETE dipakai HANYA SEKALI SAJA, karena bila terlalu sering dipakai terlebih sering digunakan untuk menyimpan air hangat maupun panas dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker. Bagi para pekerja yang berhubungan dengan pengolahan PET ataupun daur ulang plastik PET harus waspada karena di dalam membuat PET terdapat bahan yang disebut antimoni trioksida, bahan Antimoni Trioksida yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan yaitu akibat menghirup debu yang mengandung senyawa ini. Dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernafasan. Bagi pekerja wanita senyawa ini dapat meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran, bila melahirkan, anak mereka kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan. Di dunia mayoritas bahan plastik PET untuk serat sintetis (sekitar 60%), di tekstil PET biasa digunakan dengan polyester, bahan dasar botol kemasan 30%.

2. HDPE

Biasanya tanda ini tertera logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya terus ada tulisan HDPE (High Density Polythylene) di bawah segitiga. Biasanya dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat dan lain - lain. HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Meskipun HDPE termasuk salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan / minuman yang dikemasnya tapi dianjurkan hanya untuk SEKALI PEMAKAIAN saja karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.

3. PVC atau V

Biasanya tertulis berwarna merah dengan angka 3 di tengahnya disertai tulisan V. Arti V yaitu menunjuk pada PVC (Polyvinyl Chloride) yaitu jenis plastik yang paling sulit untuk di daur ulang. Sering ditemukan pada plastik pembungkus (Cling Wrap), dan botol - botol. Jika PVC digunakan untuk makanan sangat berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

4. LDPE

Biasanya tergambar logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya serta tulisan LDPE. LDPE sendiri berarti Low Density Polyethylene yaitu plastik tipe coklat (Thermoplastic / dibuat dari minyak bumi), yang biasanya dipakai untuk tempat makan, plastik kemasan dan botol - botol lembek. Sifat mekanisnya sangat kuat, tembus pandang, fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat di daur ulang serta baik untuk barang - barang yang memerlukan fleksibilitas tapi kuat. Barang yang berbahan LDPE sangat sulit untuk dihancurkan tetapi baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5. PP

Biasanya tergambar logo daru ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP. PP singkatan dari Polipropilen, karakteristiknya adalah botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Bahan ini lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, tahan terhadap lemak, stabil dengan suhu tinggi dan cukup mengkilap. Bahan ini merupakan BAHAN PLASTIK TERBAIK, baik untuk tempat makanan dan minuman.


6. PS

Biasanya tergambar logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS. Biasanya dipakai untuk tempat makanan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain - lain. PS ini adalah polystyrene yang merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makan itu bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, dapat mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi dan pertumbuhan sistem syaraf. Bahan jenis ini sulit untuk di daur ulang, meskipun dapat di daur ulang memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. Cara lain untuk mengidentifikasi tentang kandungan PS dalam wadah yang tidak tertera angkanya yaitu paling mentok harus dibakar, jika mengeluarkan api berwarna kuning jingga dan meninggalkan jelaga maka positif mengandung PS ini.

7. OTHER

Biasanya tergambar logo daur ulang dengan angka 7 di tengahnya, serta tulisan OTHER. Untuk jenis ini ada 4 macam yaitu 1. SAN - styrene acrylonitrile, 2. ABS - acrylonitrile butadiene styrene, 3. PC - polycarbonate, 4. Nylon. Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol air minum olahraga, suku cadang mobil, alat - alat rumah tangga, komputer, alat - alat elektronik dan plastik kemasan. SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. Merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.
PC – atau Polycarbonate dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula. Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman
Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas

Dari penjelasan diatas kita harus dapat membedakan bahan plastik mana yang aman dan yang harus sekali pakai misalnya
1. Kalo yang berkode 1, 3, 6, dan 7 (PC) harus digunakan sekali pakai karena memiliki bahaya secara kimiawi.
2. Kalau dengan kode 2, 4, 5, dan 7 (SAN atau ABS) dapat aman digunakan.

Berikut ada beberapa tips
1. Jika kita sering membeli gorengan di pinggir jalan, usahakan tidak langsung dimasukkan kresek, karena zat pewarna hitam yang terkandung dalam kresek itu terkena panas, bisa terurai dan terdegradasi menjadi bentuk zat radikal beracun yang berbahaya untuk kesehatan karena menyebabkan sel tubuh berkembang tidak terkontrol yaitu kanker. Mending dibungkus daun pisang,hehe.
2. Kalo buat botol susu bayi mendingan pake yang berbahan kaca atau plastik jenis 4 atau 5.
3. Kalo untuk cangkir bayi itu mending pake yang berbahan stainless steel atau plastik jenis 4 atau 5.
4. Untuk dotnya itu mendingan pake yang silikon karena gak ngeluarin zat karsinogenik sebagaimana pada dot yang bahannya latex.
5. Jangan pake botol susu bayi dan cangkir bayi (lubang isepannya gitu) berbahan jenis 7 PC.
6. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate itu gak bisa kita hindari, kita cukup gak usah nyimpen aer dalam keadaan panas di tempat itu.
7. Hindari menggunakan botol plastik (air mineral secara berulang - ulang untuk tempat minum), kalo yang ini aku baru sadar setelah nulis kayak gini kalo perilakuku tuh salah, jadi kudu nyari alternatif lain hehehe, semoga yang anak kosan laen bisa membaca tulisan ini dan tau akan resikonya..
8. Jangan pake plastik buat ngemas makanan berminyak atau berlemak.
9. Membungkus makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus plastik baik ketika dipanaskan di microwave.
10. Mencegah menggunakan piring atau alat makan plastik untuk masakan, mending pake yang stainless steel, keramik, kaca, dan kayu.
11. Nah ini yang terakhir kita harus memberitahukan kepada teman - teman atau semua orang di sekitar kita tentang informasi ini, oke, semoga bermanfaat...

Source : http://kaumbiasa.com/segitiga-dibawah-botol.php
http://pangansehati.wordpress.com

19 April 2010

15 Model Bantal Terunik

Banyak hal unik sebenarnya yang banyak di ciptakan manusia, gak tau apa maksud tujuan mereka, apa itu benar - benar untuk tujuan yang serius atau juga hanya untuk kesenangan atau kelucuan semata. Dari hasil beberapa penjelajahan di dunia maya ini saya mendapatkan beberapa Bantal Terkeren, muacem - macem dah bentuk dan keunikannya. Kita mulai aja ya dari yang pertama

1. Blood Puddle Pillow (Bantal Berbentuk Genangan Darah)

Mungkin si pembuat membuat ini untuk tujuan mengejutkan teman atau orang di sekitarnya yang sedang melihat pemakai bantal tertidur seperti habis di headshot kepalanya sehingga mengeluarkan darah, ehm.. serem juga si dan pasti dapat membuat terkejut orang disekitarnya. Tapi katanya si bantal ini enak kalau mau dipake buat tidur, mau coba???

2. Alarm Clock Pillow (Bantal Jam Alarm)

Nah kalo bantal yang satu ini cocok buat pemalas (kasar banget ne,hehe) yang males buat melihat jam weker di sekitarnya. Jadi sewaktu tidur anda dapet mengetahui pukul berapa sekarang (tapi kayaknya gak mungkin), tapi lebih tepatnya itu kalau baru bangun anda dapat mengetahui pukul berapa sekarang dengan melihat ke arah bantal anda karena bantal ini dapat mengeluarkan cahaya yang membentuk pukul berapa saat itu.

3. Ctrl - Alt - Del Pillows (Bantal Ctrl - Alt - Del)

Nah ini bantal bagi para penggila kekesalan di Win**** yang pengen mengendtask atau ngereboot anda,haha. Tapi jangan salah lo, dasar pembuat bantal ini adalah terbuat dari Eco-Felt 100% daur ulang dari botol plastik, jadi aman dan lembut gitu bantalnya,ehehehe.

4. iSleep Laptop Pillow

Ini bantal yang khusus untuk pebisnis atau orang sibuk e, yang kerjaannya membawa laptop dan kesulitan jika mengantuk, jadi anda dapat menggunakan laptop anda untuk bubuk,hehe. Bantal ini di kembangin oleh Ivonne Dippmann dan diberi nama i-Sleep Pillow. Sistemnya sama kayak lifejacket aircrafts yang menggunakan udara panas yang keluar dari laptop sewaktu laptop stand by untuk memompa bantal ini, sehingga menjadi bantal yang enak dan anget. Mau coba, tapi gak tau eman ke laptopnya kalo aku mah.

5. Emoticon Pillows

Bagi pecinta chatting ini kayaknya kudu beli nih bantal, gimana enggak kan sering make emoticon tuh waktu ngechat, nah sekarang emoticon itu dibuat menjadi bantal yang keren dan enak dibuat tidur,hehehee. Jadi kalo ada yang nanya gimana kabarmu hari ini tinggal nunjukkin salah satu bantal saja neh. HEHEHEHE!!!

6. Tissue - Dispensing Pillow (Bantal Pembagi Tisu)

Bantal yang satu ini cocok buat anda yang melankolis dan sensitif, kenapa??? Karena bantal ini multifungsi, yaitu sebagai kotak tisu, jadi anda jika terharu atau menangis, gak usa jauh - jauh ngambil tisu di kotaknya, cukup dengan menuju bantal anda dan anda dapat mengambil seperlunya,hehe. Ada - ada saja....

7. Fresh Salmon Pillow (Bantal Salmon Segar)

Kalo bantal yang satu ini, gak ngerti buat apaan, bantal yang berbentuk ikan salmon berukuran 70 cm ini benar - benar bentuknya seperti ikan, tapi enggak berbau seperti ikan loh, jadi anda kalo mau tiduran di atas ikan, cukup beli aja dah,hahaha.

8. Scrabble Pillow

Jika anda ini master dalam membuat kata - kata indah dan gak pengen kemampuan anda ini tumpul, dan anda harus melatihnya setiap saat seperti dalam kamar tidur nampaknya bantal yang satu ini cukup untuk dapat melatih anda lagi. Hehe, bentuknya bermacam - macam huruf dah. Wah2

9. Pizza Pillow (Bantal Berbentuk Pizza)

Anda hobi makan pizza? Ini bantal kayaknya perlu anda miliki dah karena selain anda gak perlu jauh - jauh ke toko pizza terdekat, tinggal menuju tempat tidur anda dan anda akan tidur diatasnya,haha. Bantal ini berukuran 12 inch disertai topping diatasnya,haha. Mantap kayaknya, jadi pengen beli....

10. Girlfriend Lap Pillow (Bantal Berbentuk Pangkuan Pacar)

Ini mantap juga nih, bantal berbentuk pangkuan cewek, beh, ini ada - ada aja, ini kayaknya perlu untuk anda yang suka tidur di pangkuan cewek anda dah,hehehe.

11. DOS Pillow (Bantal DOS)

Ini adalah bantal untuk penggemar berat windows dan mahir dalam DOS-nya, karena ada bantal ini, bentuknya item dan kayak DOS itu dah, aku mah kalo make ini bisa langsung pusing dah,hehe.

12. Rock Pillow (Bantal Batu)

Eiyz, jangan berpikiran kalau bantal yang satu ini keras banget ampe kayak batu loh, karena bantal ini empuk tapi bentuknya aja yang kayak batu kali yang gede-gede ,hahaha

13. Pillow Book (Bantal Buku)

Anda kutu buku sejati dan gak pengen jauh - jauh dari buku kesayangan anda? Inilah bantal keren yang saya rekomendasikan untuk anda, gak berbentuk bantal tapi berbentuk buku, tapi sangat enak dibuat tidur alias empuk. Harganya sekitar $102. Kayaknya bagus juga untuk anda yang kepengen dikira orang yang suka baca buku ampe ketiduran di atas buku gitu,hahah.

14. Horse Head Pillow (Bantal Kepala Kuda)

Nah untuk yang satu ini aku gak tau ya buat apa bantalnya, udah gede bentuknya kepala kuda lagi, mungkin untuk para penggila kuda dah,heheheh

15. Boyfriend Pillow (Bantal Pacar Laki-laki)

Tadi bantalnya berbentuk pangkuan cewek kan, nah untuk para cewek - cewek yang kepengen deket ma cowoknya selalu. Bentuknya gak 100% berbentuk badan (repot kalo 100%) jadi cuma badan tok. Cukuplah untuk mengobati kerinduan doi kepada cowoknya,hehehehe, ada - ada aja.....

source : http://www.uphaa.com

10 April 2010

Meresume Part File Mozilla

Sebagian besar para peselancar dunia maya pasti kalau sedang melakukan aktifitas onlinenya tidak lupa melakukan download file, baik itu tugas, data dalam bentuk video ataupun dalam bentuk audio. Tapi pernah gak si kalian pas ngedownload file yang masuk kategori gede, eh tau - taunya udah 90% itu failed. Pengalaman ini pernah aku rasain, waktu maen di warnet, udah enak - enak ampir jalan 80%an, dan biling udah jalan 45menitan eh tau - taunya langsung failed, mungkin operatornya lagi membersihkan orang - orang yang pake IDM dan sebagainya jadinya aku yang hanya make mozilla mendownload file juga kebagian di failin. Waktu itu file yang aku download lumayan gede lah 225 MB an, hati otomatis ngamuklah gara - gara kejadian ini, eh waktu ngeliat file di direktori downloadan mozilla ada file dengan nama yang sama dengan file yang aku download tapi ekstensinya PART, terus ukurannya sama itu setara dengan 80% file yang q download tapi, browsing lah di inet gimana biar part file ini bisa aku resumin, karena jika kita langsung meresume dari download kita yang failed tadi bakal ngulang dari awal lagi gitu.

Daripada ngulang dari awal ya mending cari aja info mungkin ada cara buat ngeresume downloadan tersebut. Setelah browsing ketemu dah kalo Mozilla itu sewaktu kita mendownload dia akan menyimpan hasil sementara download kita itu dalam bentuk PART file, jadi misalnya kita download file 600mban udah 90 % trus failed karena sesuatu dan beberapa hal itu kita lihat di direktori tempat kita mendownload pasti ntar ada nama file yang kita download dengan ekstensi PART, tapi dalam beberapa kasus (oh ya khususnya ini udah di coba mendownload dari indowebster)biasanya kalau kita mendownload terus failed, gak muncul PART filenya, alias langsung jadi satu gitu namafile.avi misalnya, nah aku mau share dikit nih tipsnya kalau mau download file khususnya di Indowebster tanpa bantuan add ons loh, kalau dari server lain mungkin berhasil jika itu direct download ato anda mempunyai premium akun untuk mendownload dari rapidshare maupun megaupload, kalau mengandalkan yang free dijamin gak mungkin bisa di resume dah. Oke, berikut cara - caranya :

1. Pertama kita pindah file PART downloadan kita atau fiile download kita yang failed tadi ke direktori lain misalnya F:

2. Setelah kita pindah kita cukup memulai memulai lagi proses mendownload dari awal (cara ini gunanya untuk memancing biar bisa di resume gitu). Dalam beberapa hal, kalau kita gak mindah file PART atau downloadan kita yang failed dan langsung melakukan tahap kedua ini file kita akan dimulai dari awal lagi dan file partnya juga akan hilang otomatis.

3. Setelah jalan beberapa saat, pause downloadan anda.


4. Tahap selanjutnya file hasil downloadan sebelumnya yang anda pindah (misalnya di F:) tadi kita pindah ke direktori tempat kita mendownload tadi (replace file download kita yang kita pause dengan file kita yang failed tadi)? Bingung gak? Intinya file kita yang failed itu dibalikin lagi ke tempat direktori awal tadi sehingga file akan melanjutkan download file kita yang failed tadi. Dalam gambar itu aku ngubah nama filenya gitu, jadinya aku kembalikan lagi ke nama aslinya.


5. Setelah kita replace atau melakukan tahap ke 4, baru kita resume downloadan kita yang kita pause tadi, dan boing... download kita yang 80% dilanjutkan lagi, hehe.

Kalau bingung bisa liat di gambar atau tanya ya, hehe baru belajar ini kasi tips,hehe. Jadi keliatan banget dari kata - katanya gak sip, tapi semoga bisa membantu anda,hehee. Dalam hal ini aku juga pernah meresume file yang aku download dari opera q resume di mozilla dengan cara diatas, dan servernya masih tetep indowebster. Semoga bermanfaat bagi para downloader yang mengerti perasaan sesama jika mendownloadnya itu gak pake IDM ataupun program penjarah bandwit lain, aku juga biasanya nunut wifi gratisan jadi kalo mau pake IDM itu sungkan kasian yang lain jadi lemot, mending pake yang biasa, toh juga kecepatan yang biasa diatas 100kbps,hehe.Best Regards dan semoga artikel ini membantu anda meresume file partnya mozilla.

source : http://www.google.com

3 April 2010

Video Pintu Neraka

Oh ya aku dulu pernah mosting tentang pintu neraka ya? Waktu itu hanya gambar saja dan penjelasan yang menceritakan tentang pintu neraka, emang si waktu itu aku gak nemu videonya, tapi beberapa waktu lalu kalo gak salah aku download dari indowebster kayaknya ada video beberapa detik yang merekam bagaimana tempat pintu neraka ini yang panas banget, udah kayak kubangan lahar gunung merapi gitu. Bisa anda lihat bagaimana panasnya kubangan itu, videonya si bentar 29 detik tapi udah cukup gambarin secara jelas bagaimana tempat yang dijuluki pintu neraka ini. Bagi yang belum tau mengenai pintu neraka ini bisa baca postingan pintu neraka yang dulu di SINI



Source : http://www.youtube.com