25 December 2010

Tips Merawat Baterai Netbook dan Notebook

Baterai adalah komponen penting dalam sebuah netbook atau notebook, karena dengan baterai inilah sebuah laptop itu bisa praktis untuk dapat dibawa kemana saja. Tapi saat ini kenyataannya kita masih tidak tahu bagaimana merawat baterai laptop ini agar awet, kemarin saya sempat mencari solusi untuk mengatasi masalah baterai, tapi akhirnya saya malah menemukan suatu informasi penting di kaskus.

Pada thread yang dibuat oleh bambangmuliyadi ini, dijelaskan secara jelas bagaimana seharusnya kita merawat baterai laptop itu. Yang bisa saya dapatkan dari thread ini ada beberapa hal yaitu :
1. Pertama kali membeli laptop itu, seharusnya laptop di charge kurang lebih 20 jam dalam kondisi mati untuk mengaktifkan cel dalam baterai.
2. Seharusnya mencharge baterai secara terus menerus tanpa mencopot baterai itu sendiri, karena saya sendiri pengalaman katanya kalo mau main laptop lama atau juga main game seharusnya melepas baterai laptop agar baterai tidak drop. ITU MERUPAKAN KESALAHAN, karena seharusnya baterai tetap di charge bersama dengan baterai karena dalam baterai terdapat chip yang sudah mengatur kapan harus mencharge batrei,kapan harus stand by dengan hanya melewatkan arusnya tanpa mengisi baterai. Metode ini sudah berlaku pada laptop tahun 2000 keatas, jadinya persepsi yang beredar kalau harus melepas baterai itu tidaklah benar dan sangat riskan, karena jika tiba - tiba listrik padam, maka perangkat laptop akan mati secara mendadak dengan tingkat risiko kerusakan tinggi. Jadi tetap pasang baterai dan pasanglah adaptor untuk memakai laptop anda secara bijak.
3. Pertama kali hendaknya jika ingin menghidupkan laptop kita harusnya, menancapkan adaptor pada listrik dan adaptor ke laptop selama 5 menit agar listrik yang masuk pada alat - alat dalam laptop itu mendapatkan pasokan dari listrik bukan dari baterai, karena saat hidup pertama laptop membutuhkan power yang besar. Dan jika kita selesai memakai laptop hendaknya menunggu 5 menit setelah laptop shutting down, diteruskan dengan melepaskan adaptor dari laptop dan dari listrik ke adaptor, ini penting.
4. Hendaknya memakai adaptor secara terus menerus, karena ini akan membantu untuk menjaga biar baterainya tidak cepat rusak, karena jika kita sering pasang adaptor jika baterai habis dan lepas jika penuh itu akan beresiko mengurangi cycle count (sekali pengosongan dan sekali pengisian) gitu, jadi baterai ini juga mempunyai masa aktif sama seperti DVD RW yang bisa ngeburn dan baca berapa dvd begitu. Baterai juga begitu, jadi cycle count berapa kali ntar setelah itu akan ngedrop.
5. Wear level baterai laptop harusnya 0 %, dan untuk mengetahui wear level bisa menggunakan software BatteryBar dan Battery Care.

Mungkin ini penting bagi anda yang memang bermasalah dengan baterai laptop, makanya kalo mau umur bateari laptop itu awet, kita harus meminimalkan tuh penggunaan baterai,hehe. Moga berguna,, maaf dah gak ada kabar seminggu, lagi sibuk, biasa.hehe :D, Best Regards...

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

24 Responses to "Tips Merawat Baterai Netbook dan Notebook"

  1. wow...baru tw aku...jadi harus dicharge terus gitu ya,..

    ReplyDelete
  2. @skydrugz
    charge terus bro
    biar aman..

    ReplyDelete
  3. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Untung selama ini kalau pakai lepu buat ngegame selalu tak chash dengan tetap memasang batterainya. Pernah ada yang nyaranin buat melepas batterai tapi gak saya ikuti.

    ReplyDelete
  4. hmmm nambahin dari pengalaman,,,
    dari 3 tahun ane makai laptop axioo dengan sistem cabut pas ngegame or main make lama.. maka dinyatakan bahwa baterai laptop ane sedikit drop nih,.. setengah jam aja udah abis.. padahal pas awal beli itu hampir sejam bertahannya..

    thanks infonya.. tapi untuk urusan baterai ini masih dalm perdebatan bro...

    ReplyDelete
  5. betul itu. aku ajah pernah keculongan. batre penuh langsung ku copot eh tiba2 mti lmpu. matilah aku, insal ulang lgi.hehe
    salam

    ReplyDelete
  6. bagus neh tipsnya...selama ini emg ga jelas gmn ngerawat batre laptop yg bener, biasanya kalo pake adaptor malah batrenya tak lepas, biar awet maksudnya..hehe..ternyata salah...

    ReplyDelete
  7. wahhh...pertama aku beli laptop,ngecasnya cuma 3 jam bro,apakah kemungkinan batrenya akan rusak itu bro...!

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah... berarti langkah yang dilakukan selama ini udah bener ^^ makasi yah... soalnya kemaren juga ada yang menyarankan untuk melepas baterai... ^^

    ReplyDelete
  9. @alamendah
    benar mas,,,keep charging,hehe

    @qori reader
    wah info ini dari pakar dah bro,,,
    ne orangnya udah ke jerman segala tuh,,

    @igas
    wadu,,berat tuh broo,,,
    makanya tetap pake batre saja

    @wien
    hehe
    moga aja kita bisa lebih bijak

    @situsonline
    ya mending tetap di charger aja bro
    ato lok gak liat wear levelnya
    bisa dicoba dengan program diatas.

    @inge
    sip dah
    dilogika saja,,
    kalo kudu lepas2,,kan ribet juga tuh
    hehe

    ReplyDelete
  10. yah, emang banyak yg salah sangka, dengan melepas batrei dianggap lebih aman. padahal gak ada petunjuk seperti itu pada semua merk.
    nice info...

    ReplyDelete
  11. berarti kalo pas nge-charge, kalo udah penuh, adator gag usah dicabut?

    ReplyDelete
  12. salam persahabatan
    berkunjung pagi mo baca-baca artikelnya
    terima kasih

    ReplyDelete
  13. wah..baterai udah droop nih..om..emang sih..kadang tak lepas kalau make lama..

    ReplyDelete
  14. mau merawat dengan baik....
    tapi KALO PUNY....
    hihhihhiihiiiiihiii
    berhubung saia masih beklum punya noteboook... jadi ya... gag sds yg dirawat... hehhehhehe

    ReplyDelete
  15. sayangnya batre ku udah terlanjur drop

    ReplyDelete
  16. Kalau aku nyalain laptop sambil ngecharge. Karena sering baterai drop kalau tidak cepat di charge. Denga tips diatas aku mendapatkan pengetahuan baru cara merawat baterai laptop tsb dan yang pasti aku berharap Laptupku bisa bertahan lama

    ReplyDelete
  17. wah terimakasih tipsnya sob,, selamat tahun baru 2011.

    ReplyDelete
  18. MisterXWebz come back again friend, Happy New Year Yach....

    ReplyDelete
  19. Batraiku ngaco nih, di charger cma mentok 90%.. Pernah jadi 100%, tapi ga lama 90% lg..

    ReplyDelete
  20. Nice tips. Happy New Year 2011 :-)

    ReplyDelete
  21. Izin simpan ya, info penting nih...

    Met tahun baru juga :)

    ReplyDelete
  22. Aku belum punya laptop, tips berguna kalo udah punya laptop ntar..

    http://www.4shared.com/file/vhTRhd4Q/Sketsa_-_Aku_Sakit.html

    ReplyDelete
  23. Wah nice share gan, sayang baterai ane udah ngedrop. Besok ane mau hubungi axioo center dulu, soalnya msh garansi.

    Kawan2 kalo sempet mampir di blog ane ya www.sajakrerindu.blogspot.com

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.