6 September 2010

Beberapa Hari Menjelang Hari Raya Idul Fitri

traffic_accidentMenjelang Hari Raya Idul Fitri khususnya di Indonesia dikenal suatu istilah yaitu mudik, sebenarnya ini bisa dibilang sebagai ciri khasnya Indonesia sih, karena di negara lain tidak ada kegiatan seperti ini menjelang Hari Kemenangan ini.

Mudik menurut saya adalah kegiatan umat muslim mendekati Hari Kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri yang berada di ujung bulan ramadhan untuk kembali menemui sanak saudara, khususnya orang tua di kota asalnya, istilah gampangnya ya balik ke kampung halaman begitu. Jadi beberapa hari mendekati Lebaran (istilah lain dari Hari Raya Idul Fitri) hampir semua umat muslim balik ke kampung halaman, dan otomatis jalan utama di khususnya pulau Jawa meningkat, bisa dibayangin kan, Indonesia merupakan negara yang kebanyakan penduduknya muslim ini semuanya balik ke kampung halaman, jadi semuanya terpusat pada beberapa alat transportari seperti Kereta, Bus, Mobil pribadi, dan Sepeda Motor. Jadi bisa dilihat sekarang – sekarang ini di jalanan utama pantura dan jalur selatan pulau Jawa padat dengan banyaknya masyarakat yang mudik.

Nah oleh karena hal ini maka angka kecelakaan dan tindak kejahatan seperti pencurian bahkan perampokan meraja lela. Dari tahun ke tahun tingkat kecelakaan di Indonesia meningkat di saat mudik ini, karena semuanya akan memenuhi jalan dan oleh karena banyaknya masyarakat yang mudik jadi jalanan macet dan ada beberapa pengendara yang tidak mementingkan keselamatan dan sering terjadinya kecelakaan, kalo yang ini kemaren aku juga melihat kejadian kecelakaan, di sore hari saya membeli sesuatu untuk dimakan saat berbuka, tapi ya begitu, jalanan macet, dan ada sesorang wanita yang tertabrak atau ditabrak, berhubung saya phobia sesuatu jadinya saya melanjutkan perjalanan pulang, ini sih contoh kecil, kalo di jalur utama biasanya banyak. Hal lain yang menjadi langganan adalah pencurian, biasanya di kota – kota besar, karena mayoritas rumah di kota besar ditinggalkan pemiliknya mudik ke kampung halaman sehingga mayoritas kosong gitu rumahnya, dan biasanya si banyak pencuri yang menyantroni rumah – rumah kosong saat mendekati lebaran.

Cukup banyak kejadian si sebelum hari yang ditunggu – tunggu umat muslim di penghujung ramadhan ini, tapi ya taun ke taun itu malah bukannya bener orang – orang ini malah tetep aja nyolong gitu, apalagi akhir – akhir ini lagi ngetren masalah hipnotis – sama ngerampok gitu, tambah parah lagi, di bulan suci kq malah ngerampok, hadeh,,aku ngeliatnya, jadi makin banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang gitu, mbok hendaknya ya berusaha dengan cara halal gitu, toh juga banyak kerjaan tinggal kita nya yang harus berusaha dan berdoa tuh, hendaknya lah kita itu harus lebih bijak dan tidak menghalalkan segala cara untuk dapat THR dan macam – macam keperluan untuk hari raya,,,semoga aja kita tidak seperti orang – orang yang salah jalan itu, amin, oh ya aku pribadi ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI,,,,, Moga di hari kemenangan yang tinggal 4 hari lagi kita semua bisa tetapkan hati dengan keimanan dan ketakwaan di bulan ramadhan kemarinnya. Best Regards…

Source : http://www.google.com

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

41 Responses to "Beberapa Hari Menjelang Hari Raya Idul Fitri"

  1. saya mudik kemana ya? emang tinggal di kampung

    ReplyDelete
  2. wah,
    untung saja saya sudah mudik..'
    hehe..
    suasana kampung yang indah,

    mantep tulisannya bro,
    ane follow yee..

    ReplyDelete
  3. iya nih... hipnotis trus ngerampok, mending banyak-banyak zikir daripada bengong.

    ReplyDelete
  4. Fenomena mudik seperti ini menunjukkan bahwa pembangunan di Indonesia blum merata. Orang desa banyak yang pergi ke kota sehingga mereka memanfaatkan momen lebaran untuk kembali ke desa. Bayangkan kalau mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak di desa, mereka jadi ndak perlu mudik kan? :)

    ReplyDelete
  5. emang udah tradisi dari dulu di Indonesia..
    ada yang bilang kalau gak mudik seperti ada yang kurang..
    salam kenal mas bro..

    ReplyDelete
  6. selamat hari taya idul pitri ya
    selamat mudik juga
    hehehe

    ReplyDelete
  7. ayo mudik....dah ditunggu nich

    ReplyDelete
  8. gak mudik nih gak punya kampoeng sobb *sedih mode on*

    ReplyDelete
  9. Mudik emang udah menjadi tradisi, tapi kadang banyak yang gak memperhatikan keselamatan..
    Hmmm...

    ReplyDelete
  10. jangan lupa siapain kendaraan dengan baik aja sih :) kalo ikut kendaraan umum, misal kereta api ato bus ato pesawat, banyak2 berdoa yang ngendarainnya ga lagi ngantuk :D

    ReplyDelete
  11. Aku mau jadi satu diantara gerombol;an manusia yang bergerak mudik, tapi gak jadi karena berbagai kendala :(
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  12. waduh bacanya kok ribet yah, tulisannya dirapiin dong, om...
    Met Idul Fitri dan Mudik buat yang baca post ini.

    ReplyDelete
  13. saya juga mudik nih...tapi deketan aja sih

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah...

    Hari yang fitri akan kita temui,semoga hati kita bersih saat menyambutnya.

    Minal Aidhin Wal Faidzin ya!
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

    ReplyDelete
  15. mengerikan sekali bila mudik harus dibayar dengan nyawa....

    ReplyDelete
  16. waks! ngeri! mudah2an semua yang komen di sini diberi keselamatan (yg ga komen gimana??), amin .. met idul fitri, semuanyah! :D

    ReplyDelete
  17. Mudiknya kemana nih? :-D
    Meski beberapa hari lagi, rasanya gak ada salahnya mengucapkan "Met Idul Fitri" ya, mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  18. Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

    ReplyDelete
  19. Mudik-mudik ... benar sekali ... setiap jam ada sekilas info mudik di TV ... kebetulan saya di sini nggak mudik nih ... kita doakan aja buat sodara2 kita yang mudik semoga tetap konsen dan selamat di perjalanan sampai tujuannya masing ...

    ReplyDelete
  20. Saya hanya menyarankan hanya bersikap hati-hati bagi kaum muslimin di Indonesia seiring meningkatnya kejahatan baik Ibu Kota maupun di kota lainnya di Indonesia karena sedang merayakan lebaran di daerahnya masing-masing, waspada..., salam www.rajakupu.wordpress.com

    ReplyDelete
  21. kejahatan memang meningkat disaat menjelang lebran seperti ini, kita harus waspada.

    selamat lebaran dan mohon maaaf lahir bathin

    ReplyDelete
  22. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati ketika mudik. Jangan sampai kita menjadi korban kejahatan. Namun apabila kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari hal2 yang tak diinginkan tersebut, tetapi tetap saja mengalaminya. Mungkin kita harus banyak bersabar dan berpasrah kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  23. Tradisi mudik memang sangat unik dan menarik perhatian, menjelang Lebaran.
    SELAMAT mearayakan Idul Fitri. MOHON MAAF lahir dan Bathin. Salam...

    ReplyDelete
  24. Hmmm ngomong2 soal mudik,aq jd inget waktu msh krj di jakarta,tiap lebaran mudik pake kereta ekonomi yg sesak penuh penumpang

    ReplyDelete
  25. iyah bener jg ya kawan, kejahatan ttp ada saja pas lebaran jg, yg penting kita ttp waspada slama kita mudik, kunci pintu rumah dan jendela..... btw pd mudik ga nih

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah sayamudik dengan selamat..

    met belebaran :)

    ReplyDelete
  27. elamat hari raya idul fitri kang iia... saiia gag mudik nii... sepi banged di daerah tempat saiia :( pasti malah jadi rawan pencoleng nii :((

    ReplyDelete
  28. photonya bagus, pengen liat asline deh aq....

    ReplyDelete
  29. memang inilah yang sering terjadi menjelang lebaran, hati²..
    Gie » Bunglon Blog Indonesia mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah
    Minal Aidin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    ReplyDelete
  30. Selamat hari raya idul fitri,mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  31. di Bali lebih ngeri, disini ada pembunuhan!

    ReplyDelete
  32. Penjahat itu lho, apa gak mikir mudik juga? Tapi ah dasar tukang nyolong. Kebiasaan idup dengan nyolong, mudah2an saja tak terjadi kemacetan di jalan2 yang padat pengguna. Maklum tinggal 1 hari ini puasa di bulan ini.

    ReplyDelete
  33. Mari mensucikan dii dengan bermaaf-maafan..
    Sgenap hati aku mnta maaf ya ..
    MinaL aidin WaL Faidzin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H..

    ReplyDelete
  34. trims banget udah mampir..semangat

    ReplyDelete
  35. Selamat idul fitri.. mohon maaf lahir batin..

    ReplyDelete
  36. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  37. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.