6 June 2010

Minum Air yang Banyak Saat Tersedak, Tepatkah?

Artikel tentang info kesehatan ini aku dapetin dari KOMPAS, waktu itu aku iseng - iseng buka yahoo, kan ada tuh berita - berita baru di halamannya yahoo itu, tepatnya waktu aku ngambil artikel ini waktu hari rabu tanggal 2 Juni kemaren. Beritanya si keren - keren tapi yang pasti banyak di klik tuh berita tentang Megan Fox yang make bikini, dijamin dah pasti banyak cowok - cowok yang ngeklik berita ini (aku termasuk gak ya, tapi halamannya kq kesimpen di folder tempatq ya,haaha) tapi jangan berharap melihat gambarnya aja lo, cz di berita itu hanya beritanya saja no picture,hehe. Ups.. udah jauh ngelanturnya nih, back to topik.

Pernah tersedak? Kalo gak pernah sekalipun tersedak dalam hidup pasti termasuk orang aneh sedunia,hehe (sepihak ceritanya nih,hehe). Kenapa bisa enggak pernah gitu, aku aja sering,hehe biasalah contoh yang gak baek buat anak kecil, makan sambil ngomong, apalagi makan sambil lari2 (ups kayak pengalaman pribadi) pasti tersedak dah. Kalo mitos atau yang biasanya diberikan itu kalo kita tersedak disuru minum air putih sebanyak - banyaknya. Sebenarnya kalo kita abis tersedak itu gak sepenuhnya benar kita minum air yang banyak, karena tersedak gak hanya disebabkan kekurangan cairan saja. Tersedak bisa dikarenakan juga ada gangguang pada pernafasan atau bahkah saraf yang mempengaruhi fungsi otot.

Menurut Mulyadi, pakar kesehatan dari Klinik Medizone, Jakarta, air yang kita minum untuk meneruskan makanan yang tersedak itu malah bisa membuat makanan masuk ke saluran pernafasan. Kalo ini terjadi bisa tambah fatal yaitu nafas bisa terhalang. Menurut Suhanto, pakar kesehatan dari Rumah Sakit Mediros Jakarta menyarankan, jika tersedak itu kita menyuruh orang di samping kita buat menepuk punggung orang yang tersedak. Proses tepukan ini bisa merespon tubuh untuk mengeluarkan benda penyebab tersedak itu.

Yang perlu diingat itu kekuatan untuk menepuknya harus disesuaikan, jika yang tersedak itu anak - anak yang masih menyusui atau dibawah 6 bulan ditepuknya kudu pelan - pelan, kalo maen tepuk aja bisa - bisa bisa gitu. Setelah benda yang menyebabkan tersedak itu keluar, kita harus melakukan relaksasi dengan menarik nafas panjang. Setelah rilesk baru bisa minum air secukupnya, tapi jangan dikasi minum air es loh karena air dingin menyebabkan kontraksi baru menurutnya, kontraksi baru ini adalah tersedak lagi.

Hal - hal yang perlu diingat menurut Mulyadi yaitu sewaktu makan jangan banyak berbicara, soalnya makan juga dapat membuat tersedak, dan menurut Suhanto, kita harus mengunyah makanan padat menjadi yang lebih lembut dan minumnya harus berimbang dengan asupan makanannya.

Begitu si yang dikatakan artikel itu, aku sampek sekarang masih binung antara tersedak sama keselek (bahasa jawa) apakah sama? heheh mungkin dari pembaca ada yang lebih mengerti masalah ini,hehe. Best Regards....

sumber : Kompas.com
picture : http://cyberwoman.cbn.net.id/

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

24 Responses to "Minum Air yang Banyak Saat Tersedak, Tepatkah?"

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Musti hati2, ya. Selama ini tahunya cuman diberi minum

    ReplyDelete
  2. Thanks Kang atas share yang sanagt bermamfaat ini...

    :)

    ReplyDelete
  3. oh
    jadi baiknya
    jangan minum dingin yah
    hm
    aq diajari ibuku
    kalau aq tersedak
    minum dgn hidung tertutup
    setelah menghembus nafas
    hehe
    dan memang
    ga byk
    cuma 2-3 telanan
    mempan
    dan selalu kupakai cara itu. Hehe

    ReplyDelete
  4. ada juga yg bilang dgn bersiul hehehe

    ReplyDelete
  5. @alamendah
    semoga bermanfaat mas

    @laksamana embun
    hehe
    mantap

    @wiedesignarch
    wah2
    info yang menarik
    eee

    @aulawi ahmad
    emangnya bisa?

    ReplyDelete
  6. wah ,, bahaya juga ya mitos itu ... selama ini emang minum sih yang aku lakuin pas tersedak :)

    ReplyDelete
  7. wah info yang menarik menyadari masih banyak salah penanganan bagi orang yang tersedak

    ReplyDelete
  8. tersedak itu kebanyakan makan bedak :D

    ReplyDelete
  9. aku juga pernah denger kalo tersedak itu musti nutup idung, benergag?

    ReplyDelete
  10. kalo tersedak biasanya kebanyakan lagak...he....

    ReplyDelete
  11. Bagi saya tepat sekali untuk malam ini karena sedang dehidrasi, salam :-))

    ReplyDelete
  12. ihihihi yg terakhir itu kayak nyindir mia aja. mia suka bicara kalo lagi makan...untung aja belom kesedak *jangan ampe deehhh*

    ReplyDelete
  13. @johnterro
    hehe moga bermanfaat bro

    @khaidir muhaj
    mantap

    @cepot
    hehe

    @yudex
    kq bisa?
    wah2

    @tukang colong
    itu kalo cegukan

    @kolomkiri
    lo?
    aneh2 aja

    @dykapede
    salam juga mas

    @kucingtengil
    wadu
    ati2 tu mbaknya
    hehe

    ReplyDelete
  14. yup ... ne bermanfaat banget artikelnya ... cz kalo ga disebarkan bakal mitos itu tetep berlaku :D

    ReplyDelete
  15. kalau aq biasanya minum sob, wah baru tahu nih kalau akibatnya bisa fatal, makasih sob infonya

    ReplyDelete
  16. pertolongan pertama untuk org tersedak... backblow.... kyk yg digambar itu tuh...

    ReplyDelete
  17. ada tips baru tu untuk ngatasi tersendak dari @wiedesignarch, thx infonya ..

    ReplyDelete
  18. @johnterro
    heheh
    sip dah kalo bermanfaat

    @rizky2009
    heheh semoga bermanfaat

    @skydrugz
    hehehe
    jangan keras2 tapi bro

    @tukang colong
    sip dah

    @nakula
    oke2

    ReplyDelete
  19. Aku paling sering tersedak kalo habis makan kekurangan minum air... Minumnya harus 2 gelas, baru bisa aman dari yg namanya tersedak... Wajar ga ya?

    ReplyDelete
  20. keselek = ukuranya > 2cm
    tersedak = ukuranya < 2cm, ato zat cair

    hehe, hanya hipotesis saya

    ReplyDelete
  21. @ianz
    wajar lah bro
    heheh
    sering2 minum ae bro
    sehat....

    @feoth
    apa itu?

    ReplyDelete
  22. Tersedak dan keselek sama mas. Tersedak bahasa Indonesia dan keselak atau keselek dalam bahasa jawanya. Artinya ada yang masuk melalui mulut kita dan kesasar lewat saluran nafas. Tanda awal adalah batuk atau merasa nafas tersumbat. Pada saat kita tertawa atau bicara maka saluran nafas kita terbuka dan kalau kita makan atau minum maka bisa kesasar masukknya bukan ke saluran pencernaan tapi ke saluran nafas. Karena itu pertolongan pertamanya adalah mengeluarkan bahan makanan atau minuman itu sebelum jauh masuk ke saluran pernafasan. Batuk merupakan tanda awal maka segera saja dimuntahkan atau dibatukkan . he hehe ..begitulah tambahannya..semoga bermanfaat yaa

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.