24 June 2010

10 Stadion Piala Dunia 2010

Kemeriahan Piala Dunia 2010 atau World Cup 2010 saat ini memang tiada tandingnya, semua berita kalah ni sama gemerlapnya piala dunia. Tapi sampai waktu saya nulis artikel ini banyak kejutan yang terjadi di piala dunia tahun ini, ada beberapa negara besar yang pulang karena tidak berhasil masuk ke 16 besar. Ya tapi untungnya bukan tim andalan saya,hehe. Oke daripada saya nulisnya banyak basa basinya saya ingin memberitahukan tentang stadion - stadion yang dipakai pada piala dunia 2010 ini yang bertempat di Afrika Selatan ini.


Gak nyangka total sekitar 10 stadion besar yang ada di negara ini,hehe, alangkah baiknya kalau kita mengetahuinya sedikit, berikut ini gambar dan beberapa penjelasannya.


01 Soccer City in Johannesburg
Dari namanya jelas bahwa stadion ini bertempat di Johannesburg, dibangun tahun 1987 dan selesai di renovasi tahun 2009 dengan kapasitas 94.700 kursi. Stadion Soccer City ini adalah stadion internasional pertama yang dibangun di Afrika Selatan yang sebelumnya bernama Stadion FNB dengan kapasitas 80.000 orang. Stadion ini juga dianggap sebagai jantung persepakbolaan Afrika Selatan karena sebagian besar pertandingan penting sepanjang sejarah Afrika Selatan dimainkan di sini. Stadion ini dipakai sebagai tempat partai pertama dan final digelar. Dan rancangan dasarnya terinspirasi dari bentuk jambangan khas Afrika yang disebut "Calabash" dan keindahannya akan bertambah di malam hari.


02 Moses Mabhida Stadium in Durban
Berdiri di kota Durban da selesai dibangun tahun 2009 dengan kapasitas kursi penonton 70.000. Stadion ini menggunakan nama Moses Mabhida karena Moses Mabhida adalah pejuang penentang politik apartheid dan merupakan salah satu politisi terkenal Kongres Nasional Afrika. Bentuk rancangan dari stadion ini menggambarkan bendera negara di ujung selatan benua Afrika. Dua garis lengkungan di atapnya yang menyatu menjadi lengkungan utama ini melambangkan persatuan di negara yang pernah terbelah oleh sentimen rasial. Fasilitas penunjang seperti kereta gantung pada lengkungan utama stadion yang mempunyai ukuran 350 meter dantinggi 106 meter, pertokoan, restoran dan fasilitas lain tersedia di stadion ini.


03 Cape Town Stadium in Cape Town
Terletak di kota Cape Town dan selesai di bangun pada 2009. Mempunyai kapasitas kursi penonton 70.000 dan dilengkapi dengan lapisan peredam suara. Cape town merupakan salah satu tempat yang dikagumi karena lokasinya strategis dengan berdekatan dengan pusat transportasi.


04 Ellis Park Stadium in Johannesburg
Terletak di kota Johannesburg, dibangun pertama kali tahun 1982 dan selesai di renovasi tahun 2009. Kapasitas kursi penonton 61.000. Stadion ini terletak persis di tengah kota Johannesburg dan dipakai dalam Final Piala Konfederasi tahun 2009 antara Brazil dengan Amerika Serikat. Di stadion ini dilengkapi dengan fasilitas untuk penonton yang cacat, teknologi audio visual berteknologi tinggi dan kursi VIP. Nama Ellis diambil dari nama anggota dewan yaitu JD Ellis dan dahulunya merupakan stadion untuk pertandingan rugbi. Dahulu stadion ini adalah saksi mata kemenangan tim Afrika Selatan dalam Final Piala Dunia Rugbi melawan Selandia Baru.


05 Loftus Versfeld Stadium in Pretoria
Terletak di kota Tshwane / Pretoria dengan kapasitas kursi penonton 50.000 orang. Dibangun tahun 1906 dan selesai di bangun tahun 2008 dan merupakan salah satu stadion tertua di Afrika Selatan. Di stadion ini merupakan tempat tim nasional Afrika Selatan mengalahkan negara Eropa, Swedia pada tahun 1999.


06 Nelson Mandela Bay Stadium in Port Elizabeth
Terletak di kota Nelson Mandela Bay atau Port Elizabeth. Selesai dibangun pada tahun 2009 dengan kapasitas penonton 48.000 orang. Dengan struktur atap yang unik dan berlatar belakang pemandangan Danau North End ini akan dipakai untuk laga perebutan posisi ketiga, perempat final dan enam pertandingan piala dunia 2010 .


07 Free State Stadium in Bloemfontein
Terletak di kota Mangaung / Bloemfontein, dibangun pertama kali tahun 1952 dan selesai direnovasi tahun 2008. Mempunyai kapasitas penonton sampai 48.000 orang. Penduduk kota ini terkenal dengan semangat olahraga sehingga pusat olahraga di kota ini menjadi ajang beberapa kompetisi nasional seperti Rugbi dan Sepakbola. Di stadion ini juga tim Spanyol, pada piala konfederasi kalah dari tim nasional Amerika Serikat tahun 2009 pada laga semifinal.


08 Peter Mokaba Stadium in Polokwane
Terletak di kota Polokwane dan selesai dibangun tahun 2010. Kapasitas penonton 46.000 dan nama stadion ini diambil dari nama seorang pejuang anti apartheid yaitu Peter Mokaba. Rancangan dari stadion ini diambil dari simbol lokal yaitu pohon Baobab.


09 Royal Bafokeng Stadium in Phokeng
Terletak di kota Rustenburg, dibangun pertama kali tahun 1999 dan selesai di renovasi tahun 2010. Dengan kapasitas penonton sampai 42.000. Dari pusat kota Rustenberg berjarak 25 Km dan nama dari stadion ini diambil dari nama suku Bafokeng yang ada di wilayah ini.

10 Mbombela Stadium in Nelspruit
Terletak di kota Nelspruit dan selesai dibangun tahun 2009. Kapasitas penonton sampai 46.000 dan namanya berasal dari nama kota bagian Nelspruit dan Mbolela yang berasal dari bahasa siswati (salah satu bahasa resmi Afrika Selatan) dengan arti "banyak orang berkumpul dalam tempat kecil."

Inilah 10 Stadion yang digunakan pada piala dunia 2010, meski di Afrika Selatan terkenal dengan keadaanya yang tidak aman, tapi animo suporter untuk mendukung negaranya gak hilang, bisa diliat dah tiap pertandingan pasti banyak banget yang nonton, dan yang paling keren suara lebah alias suara terompet yang dijual yaitu yang khas Afrika Selatan. Kebayang gak ya, kalo Indonesia jadi tuan rumah Piala dunia tahun berapa gitu bakal keren ntar yang dijual angklung,,, beh Indonesia banget *ngayal mode boleh lah. Best Regards....

Source : http://www.antaranews.com/

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

38 Responses to "10 Stadion Piala Dunia 2010"

  1. indonesiaa engga ada.. hiks hiks.. T.T

    ReplyDelete
  2. pertamaaaaaaaa.... ^_________^ heheee

    ReplyDelete
  3. 08 Peter Mokaba Stadium in Polokwane keren banget

    ReplyDelete
  4. nelsen mandela bay stadium.. saluuut..

    ReplyDelete
  5. kereeennnnzzzzz..... @__@

    ReplyDelete
  6. salamsobat
    keren habis10 stadionnya
    keren dan menarik serta unik.

    ReplyDelete
  7. yang jadi tempat final yang mana? yang ku baca cuma ada yang untuk perebutan tempat ketiga..
    semoga stadion2 ini terus dirawat. meski piala dunia udah kelar tapi keindahannya tetap terjaga. sayang kan udah mahal2 buat tapi akhirnya cuma anget2 taik ayam.
    Indonesia kapan ya..? :)

    ReplyDelete
  8. di Indonesia kapan yah stadionnya bagus - bagus seperti di atas...

    Hehehehe............

    ReplyDelete
  9. kunjungan perdana nih sob.. salam kenal yah..
    stadionnya, keren keren bgt sob,, kalo indonesia kpn yang punya stadion kaya gt??

    ReplyDelete
  10. Wah, Indonesia kalah kayaknya... Perlu banyak pembenahan kalo Indonesia pengen jadi tuan rumah piala dunia....

    ReplyDelete
  11. tapi katanya sih banyak pemain yg ngeluh soal rumputnya. rumput sebagus gitu dibilang jelek apalagi klo di indonesia

    ReplyDelete
  12. Stadionya gede gede banget .... ^^

    ReplyDelete
  13. yang nelson mandela unik ya... :-)

    ReplyDelete
  14. owh pinalnya di johannesburg thoh, thanks inponya...

    ReplyDelete
  15. @elok langita
    hehe
    makasih dah yang pertama

    @aby umy
    mantap

    @andie's room
    sippp

    @osi
    mantap

    @nura
    heheh
    salam mbaknya
    ehe

    @tukang colong
    coba baca yang pertama
    indonesia itu 2100berapa
    hehehe

    @tutorial
    amin moga aja bisa gak dikoripsi
    heheh

    @imam
    salam kenal
    heheh
    indonesia menyusul

    @akane
    hehe

    @ianz
    bener banget...

    @arip
    beh indonesia naik turun
    hehe

    @elysa
    banget...

    @buwel
    heheh
    keren ya

    @achen
    mantap

    ReplyDelete
  16. stadion ke 10 kok ndak ada gambarnya? :D

    ReplyDelete
  17. @secangkir teh
    enak kalo ujan bisa minum gratis,,

    @skydrugz
    ada kq...

    ReplyDelete
  18. wah..keren..Indonesia kapan yakz jadi tuan rumah?

    ReplyDelete
  19. kalo mau dunlud film yang ada di blogku
    klik di sini
    bentuknya torrent ... bisa dicicil dikit2

    ReplyDelete
  20. Moses mabhida keren melambangkan persatuan hmmmhhh nice post sob

    ReplyDelete
  21. Moses mabhida keren melambangkan persatuan hmmmhhh nice post sob

    ReplyDelete
  22. stadionnya keren2 bgt mas rezky

    ReplyDelete
  23. yang soccer city itu keren ya stadionnya
    indonesia kayanya belon available untuk event sekelas worldcup

    ReplyDelete
  24. waduh bola ... gangerti euy *tepok jidat*

    eh tapi stadion indonesia kok ga masuk ya ... xixixi

    ReplyDelete
  25. moga aja di indonesia bisa punya stadion seperti itu..

    ReplyDelete
  26. bener2 gk nyangka gw di afrika stadionnya keren2 juga,padahal dlu sempet diraguin klo afrika jadi tuan rumah untuk piala dunia 2010.
    pada baru di rehab semua yak..

    ReplyDelete
  27. keren2 yaaa n megah2 stadionnya...Indonesia kapan yaaa...???

    ReplyDelete
  28. Rezky->oh yang pertama toh..
    sry2 tadi aku gag baca.:)

    ReplyDelete
  29. salam kenal,by blogwalker
    blog yg bagus sekali,
    ane tertarik untuk mengajak agan bertukar link di blog ane yg br ber PR3, jika berminat, konfirmasi ane via komentar di salah satu artikel saya, kl bisa link saya sudah dipasang dengan anchor : Marketing and Business, trimakasih

    ReplyDelete
  30. Ini dia stadion yang dipakai buat Piala Dunia di Afrika.. Thanks infonya kang

    ReplyDelete
  31. Q tunggu sob, updatenya..................

    ReplyDelete
  32. @novantachistory
    ah 2100 palingan
    hehe

    @john terro
    wah,,,kq keren

    @cepot java
    mantap...

    @rizky2009
    mantap dah
    makasih dah berkunjung

    @aulawi ahmad
    mantapp

    @julie
    bener banget...salah satunya

    @arai
    wah repot kalo ditanya gitu

    @thomasandrianto
    hehehe masih belom tau

    @khaidir muhaj
    amin dah
    semoga aja ada

    @nita
    keamanannya yang masih repot tuh
    heheh

    @harto
    ditunggu saja....

    @tukang colong
    heheheh

    @agritweb.id
    oke dah,,ditunggu kabarnya....

    @laksamana embun
    mantap...
    heheh

    @ketawa bersama oby
    bener banget heheh

    @topu
    mantap..udab q update

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.