3 March 2010

Perubahan??? What the????

Akhirnya aku kembali juga dari kerja praktek di Malang yang memakan waktu sebulan, sekarang balik ke rutinitas kuliahan semester ke enem ini,adoh2, tambah sip aja ini kuliah,haha. Malem ini muter - muter nyari ide gak nemu yang enak e, tapi pas nemu artikel dari uphaa ini mungkin akan sedikit menarik. Yup dalam postingan ini membandingkan foto udara ya? ato foto apalah inii, kayaknya anak geografi lebih ngerti masalah ini-inian. Foto udara yang dibandingin dari tahun ke tahun itu adalah daerah Laut Aral, Dubai sama Hutan Amazon. Kalo aku liat si yang paling miris di Hutan Amazon, dari tahun ke tahun itu menjadi semakin sedikit hutannya.

1. Hilangnya Laut Aral

2000

2004


2008


2009

Foto udara yang pertama adalah foto udara Laut Aral yang fotonya ini diambil dari NASA. Foto udara ini diambil nasa dalam waktu tahun 2000 - 2009, kalo anda ngeliat gambar ini kesan yang pertama anda tangkep, kemana aer laut itu? kok makin lama makin surut alias gak ada. Kalau dari artikel ini katanya itu tahun 1960 Russia mengalihkan air dari beberapa sungai besar untuk proyek irigasi yang nantinya digunakan untuk menyirami kapas dan tanaman lain. Oleh karena itu hasilnya bisa anda lihat di gambar. Laut Aral ini merupakan laut pedalaman terbesar di dunia lo
sebelumnya tapi sekarang kita hanya bisa melihat saja.
Tujuan NASA mengeluarkan foto udara ini adalah biar jadi pelajaran buat kita semua penduduk dunia gimana suatu ekosistem itu rusak karena ulah manusia. Ini kan salah satunya yang menyebabkan global warming. Sebelum Laut Aral seperti sekarang, disekitar laut aral itu banyak penduduk yang bermukim karena laut aral ini mempunyai ikan laut yang melimpah. Tapi sekarang, disana hanya tersisa padang pasir tandus dan perahu penangkap ikan yang nangkring di sekitarnya. Ini masih contoh kecil satu dari berjuta - juta laut di dunia, bagaimana beberapa tahun ke depannya, belom lagi di Indonesia, gak terpikirkan aku.

2. Urbanisasi di Kota Dubai

2000

2002


20004

2008

Apa kesan anda setelah melihat foto udara kota dubai diatas ini? Dari kota yang jarang banget sampai padet kan? Dari laut yang gak ada apa - apanya sampek dibuatin pulau buatan. Gak terkejut c, orang Dubai ini kan satu bagian dari Uni Emirat Arab yang lagi ngembangin kekuatan dalam bidang pariwisata. Gak tanggung - tanggung loh Uni Emirat Arab ini dalam ambisinya, mereka membuat proyek seperti membuat ratusan pulau buatan sepanjang garis pantai teluk persia. Pulau buatan ini dibuat dengan pasir dari dasar laut dan dilindungi menggunakan bendungan, jadi pulaunya itu menyerupai pulau biasa dengan dua pohon palm gede.

3. Penebangan Pohon di Amazon

2000

2002

2004

2008

Ini foto udara paling ngenes, gimana enggak pohon yang dulunya banyak e hampir ilang semua tuh. Tempat diambil foto udara ini adalah Rondônia di Brazil Barat, tempat ini adalah tempat penebangan pohon yang paling parah di daratan Amazon. Dalam tiga dekade, penebangan pohon di lahan seluas 208,000 kilometer persegi (atau sekitar 51,4 juta acres, atau ampir sama dengan Kansas gedenya) semakin meluas yaitu 4,200 kilometer persegi habis dari tahun 1978, 30,000 di tahun 1988 dan 53,300 di tahun 1998. Tahun 2003 di perkirakan 67,764 kilometer persegi dari hutan hujan di area ini habis ditebangin, atau kalo kita mau nyamain ma kota yaitu sebesar Virginia Barat gedenya.

Itulah manusia dikasi ini itu kurang aja bawaanya, maunya semuanya gitu, kalo gak ada pohon bilangnya global warming neh panas banget, kalo berteduh juga gak ada neh, tapi ya tetep aja gitu nebang pohon. Itu di Amazon, kalo di Indonesia bisa kita lihat sendiri pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera dan Irian Jaya kayak apa pohonnya. Semoga kita cepet lebih sadar akan lingkungan tempat kita hidup ini.


Source : http://www.uphaa.com

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

10 Responses to "Perubahan??? What the????"

  1. luar biasa...!!

    1. miris
    2. takjub
    3. pengen saya bacok yang balak hutan

    ReplyDelete
  2. @secangkir teh dan sekerat
    hahahah
    benar....

    ReplyDelete
  3. oh alamku..
    mari kita mulai dari kita sendiri...
    sebelum smuanya hilang...
    mau hidup dmana anak cucu kita nanti...
    go green kawan..
    dari diri sendiri..
    ^___^

    ReplyDelete
  4. Untuk no 1 dan 3 sungguh mengenaskan sekali...
    Tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi beberapa tahun mendatang...

    ReplyDelete
  5. @aisyah muna
    mari2

    @just bryan
    iya,,,,gimana ini!!

    ReplyDelete
  6. Mari kita lestarikan alam lingkungan..

    lama ngga berkunjung sobat. Jadi kangen nih...

    ReplyDelete
  7. wah perubahan terus terjadi ...next 10 thn kedepan pasti beda dari sekaranng

    ReplyDelete
  8. wah, dubai mantap ya
    kapan kita bs nyusul mereka dlm hal pembangunan

    hiks

    sip

    ReplyDelete
  9. Adem rasanya, kalau denger yang lagi kuliah merasa mantap dan mengasyikan, sip.

    ReplyDelete
  10. @bahauddin amyasi
    hehe
    makasih dah berkunjung mas

    @mansuka
    pastinya tuh
    gak tau jadi kauyak apa

    @awan
    gak mungkin
    heheh

    @kips
    hehe

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.