7 January 2010

Alat-Alat Kedokteran Jadul Tapi Menakutkan

Akhirnya kita menapaki suatu tahun yang sepertinya biasa, tapi setidaknya ini merupakan awal untuk memulai sesuatu di awal tahun yang diawali dengan berbagai kejadian yang,, gimana ya anda bisa lihat sendiri lah bagaimana keadaan Indonesia di awal tahun ini (loh kok jadi kayak pengamat indonesia)hoho. Dari berbagai macam ocehan gak jelas yang kemudian tertulis di atas ini alangkah baiknya penulis agak konsen untuk menulis beberapa alat penting (bisa dibilang pentinglah kalo gak ada ini sekarang pasti juga gak bakal sembuh orang - orang yang sakit). Info yang akan di lanjutkan kali ini adalah beberapa (ya maklum bukan anak kedokteran, masak anak teknik bahas all about kedokteran, ntar kalo salah di gugat gak bisa ngomong lagi) alat kedokteran yang digunakan ada jaman dulu (jaman gak enak gitu)haha. Oke dah daripada gak nyambung baca tulisan ini mending kita mulai dari yang pertama ...

1. Tobacco Enema (1750-1810):


Alat yang kayak nama tembako ini adalah alat yang pertama kali digunakan (dalam bidang kedokteran loh bukan dalam bidang kelistrikan,haha) untuk mengatasi penyakit dengan cara memasukkan asap melalui anus / dubur (kebayang gak? yang biasa keluar asap eh malah dimasukin asap,haha). Timbul gak pertanyaan, kapan neh manusia dimasukin alat ini (haha agak kasar ya bahasanya,hoho maklum, baru bisa nulis soalnya,hehe), alat ini sebenarnya digunakan untuk bantuin korban tenggelam bin kelelep. Maksudnya kalo dimasukkin asap tembakau melalui anus atau dubur itu dipercaya korban tersebut dapat kembali bernafas (dipercaya, dipercaya, sama orang kok pake dipercaya,haha).

2. Artificial Leech (1840):


Alat yang bukan salah satu jenis artefak ini dulunya digunakan untuk mengobati telinga dan mata (kebayang gak? kalo aku sih mending gak sakit aja,haha,ngeliatnya aja udah sakit apalagi di pakein ke kita,huhu)

3. Double Guillotine (1860):


Dilihat pertama kayak pistol ya, tapi ini bukan cikal bakal pistol loh, tapi alat ini digunakan untuk mencabut amandel, dulu nyabutnya kayak gini, trus amandel hasil cabutannya apa di telen juga ya,haha.

4. Screw “Gag” (1880-1910):


Alat yang sekilas mirip bor tapi ujungnya gak runcing ini digunakan untuk membuka mulut pasien, hayo kalo gak mau buka mulut dipasangin alat kayak gini tau rasa, bisa mrotol semua tuh gigi,haha.

5. Saw (1830-1860):


Alat ini rada kejam, trus aku pertama kali ngeliat alat ini mirip ma pistol yang dipake di Saw 6 kemarin, sangat mirip,aduh jadi inget - inget film memualkan perut yang kemarin ku tonton. Ups ampir lupa, alat yang berbentuk mirip gergaji ini dipergunakan untuk menggergaji luka yang dianggap telah lemah untuk di operasi, bisa dibilang untuk amputasi gitu. Haha, Saw2, intro filmnya aja udah motong tangan juga,hadoh2.

6. Backward “Scissors (1500):


Nah kalo alat yang ini aku pernah ngeliat untuk motong triplek dah, kalo gak salah neh kayak yang dipake tukang - tukang gitu,huhuh. Ups sebenernya sih gergaji ini digunakan untuk amputasu (khusus mungkin ya).

7. Knive for Cutting (1770):



Ini adalah pisau dan gunting yang menyeramkan, bagaimana tidak bentuknya ya ampun bukan untuk gunting kertas lagi dah (hoho ya jelaslah,haha). Alat ini jaman dulunya digunakan untuk operasi. Mungkin ya ini adalah cikal bakal dari gunting dan pisau yang digunakan operasi jaman sekarang ya,hohoy.

8. Manual Trepanation Skull (1800):



Kalo ngeliat tulisan trepanation aku inget ma komik yang aku suka, judulnya Homonculus, ceritanya tentang seorang pria yang kepalanya dilakukan operasi trepanation ini, kalo waktu aku baca komik itu sih, trepanasi itu seperti membolongi tengkorak kepala kita untuk munculin indera ke enam gitu, tapi gak tau bener ato enggak si,maklum aku juga gak pernah tau. Sebenernya alat yang dipergunakan untuk melubangi tengkorak kepala, untuk operasi organ bagian dalam kepala.

9. Tools For Operations On Hemorrhoids And The Uterus (1870) :



Nah ini kayaknya masuk alat kedokteran yang mengerikan dah, gimana enggak, alat ini loh digunakan untuk memotong saluran gemmoroidalny site (gak tau dah dimana ini tempatnya yang penting liat gambarnya dan bayangkan jika benda ini masuk ke salah satu bagian tubuh kita,huex,,,makin sip neh,hueax....)

10. Combating Hernia (1850):



Alat yang berbentuk seperti pisau lipat ini dipakainya dengan cara dimasukkan ke dalam area tubuh yang terserang hernia (gak usah aku sebutin ya udah tau semua kan,haha) setelah itu dibiarkan dalam beberapa minggu, nah terus baru dikeluarkan (gak tau gimana dikeluarinnya) yang pasti ntar kalo udah dikeluarin luka bekas penggunaan alat ini bisa nyembuhin hernia (gak tau beneran apa enggak, tapi kayaknya iya, buset bisa beset semua tuh,wah2).

11. “Compass” for The Exact Location Bullets In The Body (1915):


Alat yang satu ini bentuknya seperti kompas dan digunain untuk nandain bagian yang tertembak peluru (wadoh cuma ditandai ya, keburu mati ya pasiennya, hoho)

12. Tool To Extract The Bullet (1500):


Ini yang terakhir dan bentuknya seperti gunting tapi pucuknya pedang,hoho, alat ini digunain untuk ngeluarin peluru, jadinya alat ini ditusukin ke bagian tubuh yang tertembak trus diambil dah pelor yang nyangkut di badan,hoo.

Source : http://www.google.com

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

55 Responses to "Alat-Alat Kedokteran Jadul Tapi Menakutkan"

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Keknya itu bukan alat2 kedokteran melainkan para tukang siksa, deh.

    ReplyDelete
  2. salam sobat
    wah semua alat kedokterannya seram,,menakutkan,,apalagi yg jadul gitu,sedangkan yg moder'n saja,menakutkan,,hi,,hi

    ReplyDelete
  3. itu alat pertukangan mas,,, heheheh,, serem

    ReplyDelete
  4. Ga diposting, alat jaman dahulu buat sunat?

    Kalo yang diatas ini kan buat medical2 berat, dan gak semua orang pasti pernah mengalami.

    Kalo sunat kan cowok mayoritas harus mengalami pedihnya dipotong pake "tool" jaman dulu?

    ReplyDelete
  5. kalau demi kesembuhan, ane sih rela aje dipakain alat begitu...tapi mungkin dibikin pingsan,,,

    btw kalau film saw, ane jijik ma mual ngeliatnya, sadis banget...

    ReplyDelete
  6. Busyet dah sereemmmm amat! amat aje nggak sereemmmmmmmmm.... atuttttt

    ReplyDelete
  7. keren2 alat perangnya :D
    liat jarum suntik aja ngeri saya mah

    ReplyDelete
  8. weks huhuhu beneran sereeem daaahhh...


    huaaaaa males banget ngebayanginnyaaaaa kyyy!!! huhhu

    ReplyDelete
  9. wah serem banget untung saya udah jalani

    ReplyDelete
  10. Haaaaaa.... mengerikannn, bukannya sembuh malah ketakutan tuh lihat ala2nya Hiiiii......

    ReplyDelete
  11. Keren alat-alatnya... tapi jujur saya merinding pas baca kegunaannya... huft...

    ReplyDelete
  12. Alat2nya mengerikan semua, tajam dan ih sereem....Kayaknya bertambah banyak orang yang takut deh....^^_

    ReplyDelete
  13. Wah benar-benar mengerikan.. pasiennya bukannya sembuh tapi pingsan duluan. Coba kalau aku pasiennya, aku pasti kabur duluan..

    ReplyDelete
  14. waow takut brooo
    jangan jangan peralatan jaman sekarang kalo dirilis masa depan juga menakutkan bro?

    ReplyDelete
  15. wadow...
    parah banget...
    serem bro...
    lebih mirip alat penyiksaan diri daripada alat kedokteran

    ReplyDelete
  16. Iya jg ya, lumayan menakutkan hii...

    ReplyDelete
  17. Saya bersyukur hidup di jaman sekarang, daripada jaman dulu :)

    **ngeri lihatnya

    ReplyDelete
  18. waduh, itu alat kedokteran yach? koq seperti alat2 yang fungsinya untuk mutilasi. serem ah.....

    ReplyDelete
  19. salam sobat
    wah sudah ada komentarnya diatas,
    berkunjung saja ya,Rezky,,
    semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  20. @alamendah
    sip dahmakasih pertamaxnya

    @nura
    hoho
    bener2 gakpengen sakit kan jadiya

    @yunus chalim
    hehe iya paling


    @stovila
    haha gak tega,,hahah

    @qori
    ah biasa aja masak gitu aja jijik
    ***padahal kemaren perut munek2 gara2 setiap adegan di film itu,hahah

    @rychan
    heheheh
    jangan sakit makanya

    @zezeza
    belum yang ini ya?

    @anyin
    heheh
    makanya jangan dibayangin,,

    @rudis
    jalani apa bro?

    @dofollow pr 4
    hehe jadul bin serem

    @harto
    hehe iya paling mas
    mau sembuh kudu perjuangan

    @frenavit putra
    hehe

    @meliana aryuni
    semoga,hahah
    padahal gak maksud

    @anas
    apalagi aku bro

    @soewoeng
    bisa jadi mas,hehe

    @action figure toy
    hehe ini apa kata anak kedokteran ya

    @kips
    lumayan???
    gak salah ya?

    @ly antie
    kayaknya sama aja dengan sekarang
    sekarang kovernya kan yang mantep

    @artikel dan amp tutorial
    hehehe
    serem2

    @nura
    sip mas
    kunjungan kedua,hehe

    ReplyDelete
  21. menakutkan sekali..., tapi yang jadul emang antik...harganya pasti mahal...apalagi kalo sudah masuk list kolektor...

    ReplyDelete
  22. Waah itu alat dokter jaman dulu ya/ waaduh untung diriku beranjak dewasa jaman sekaran. klo jaman dulu gue di sunat pake ntu..??? *kaburrrrrrrrrrrr*

    ReplyDelete
  23. Itu alat buat nyiksa orang kayanya....

    ReplyDelete
  24. Beuh serem bener tuh alat-alatnya,,,huhuhu...untung hidup di jaman skarang, :D

    ReplyDelete
  25. beneran tu alat" prnah dipake.., yg sakit jd tambah sakit dong.. ^_^

    ReplyDelete
  26. Kok alat2nya serem banget sih, emang itu bisa efektif membantu pengobatan pada saat itu, jangan2 baru liat alatnya, pasien malah jadi tambah parah...

    ReplyDelete
  27. weew.. ngeri amat yah alat-alatnya.. kalo kaya gini mending kabur aja dah.. ha.ha..

    ReplyDelete
  28. perlatan dokter serem bangeet...apalagi yang untuk amputasi..gak kebayang gimana motong tulang...hiks

    ReplyDelete
  29. wah menyeramkan... atut... salam kenal semua :)

    ReplyDelete
  30. seperti bambu runcing dong. jadul tapi ampuh

    ReplyDelete
  31. wah ngeri dan menyeramkan juga ya..

    ReplyDelete
  32. Berkunjung balik brur,,,semoga postingan selanjutnya ane bisa bookmark.

    ReplyDelete
  33. wuuuuuuuiiiihhhhhhhhhhh kok adfa alat2 perang nya?yang paling serem tuh gergajinya heehee dapet dari mana sob?lengkap bgt.....

    ReplyDelete
  34. Wah kacau... sumpah seram-seram banget bih alat-alatnya,, untung phonank gak hidup dijaman alat ini tercipta...

    apalagi tuh alat yg pertama,, masa masukin asap ke lubang anus... buseeeh...

    bikin SENEP ajah perut,, aduh.. gak kebayang deh rasanya

    ReplyDelete
  35. ngeri juga yah alat2 dokter kaya perkakas tukang

    ReplyDelete
  36. met berakhir pekan kawanku
    semangat
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  37. hiiiiiiii...syereeeeeeem... kok bentuknya lebih syerem dr pada alat2 kedokteran yg skrg ya. apalagi pisau ma gergaji itu. hiiiiiiiii...

    btw yg no 1itu konyol banget hahahahaha btw yg keluar dari anus itu bukan asap ky, tapi gas hahahahaha

    ReplyDelete
  38. tuh yang nomer tujuh mirip kayak senjatanya asinan di gem online
    wkwkw...
    oia, rez...
    tukeran link yah, punyamu dah tak pasang nih. mengharapkan linkback ^^

    ReplyDelete
  39. ya ampyuuunn..!! serem amat tuuhh,,ntuh beneran dipake buat manusia tuhhh?? mending ga usah berobat aja deehh...

    ReplyDelete
  40. Kebayang ng'gak. Kalo alat-alat ini dipakai pada zaman sekarang ini ! bisa lari duluan pasiennya.

    ReplyDelete
  41. alaaaaaaaaaaaah mak jaaaaaaaaang
    ngeri kali lah
    mending aku kaboooooooooooooorrrrrrrrrr........

    ReplyDelete
  42. ada yang seperti rodaan sepeda....
    ngeri..

    ReplyDelete
  43. @devianty
    bener tuh

    @jidat
    haha kalo disunat pake itu bisa jadi anu,haha

    @irawan
    alat kedokteran ee

    @bang ciwir
    mantap tapi kan?

    @aneka tips
    sekarang bukannya sama aja?

    @chi
    gak kok,jadi sembuh tuh

    @lina@women
    hehe

    @joddie
    kabur,,,ikutan ahh

    @rental mobil murah
    kayaknya langsungan dah

    @didiet
    ya diuwek2 dah

    @sendox
    salam kenal juga

    @rental mobil
    ah,,beneran tuh?

    @rumah blogger
    heeh

    @sabirinnet
    bener banget dah

    @annosmile
    haha
    udah beneran ini mah

    @qori
    hehe,makasih2

    @aditya
    nyasar aku,,ya aku pasang disini,,dibawah ada sourcenya

    @phonank
    hehe

    @rental mobil di surabaya
    haha,anda benar sekali

    @bluethunderheart
    salam hangat juga

    @kucingtengil
    ah,,iya ta?
    gas beracun yoo

    @action figure toy
    oke dah q pasang punyakmu

    @yoliz
    gak sembuh donk kalo kayak gitu

    @nursingbegin
    hehe

    @attayaya
    haha

    @ahmad ramdani
    hehe

    ReplyDelete
  44. Dulu aku juga merasa serem gitu ya.. tp lama2 sering masuk ke ruang operasi, jadi terbiasa deh.. malah pingin untuk melakukannya sdr... wkwkwkk

    ReplyDelete
  45. Nice infona bro... aku aja yg anak kedokteran malah ga tau... wekekekkk

    ReplyDelete
  46. p cabar kawan
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  47. wah serem-serem juga tuh alat-alat kedokteran zaman dulu...nggak bisa dibayangkan kalau alat-alat itu masuk dalam tubuh kita...

    ReplyDelete
  48. maupun alatnya jaman dulu tapi menyeramkan ya

    ReplyDelete
  49. Bpk.DR.SULARDI. MM beliau selaku DEPUTI BIDANG BINA PENGADAAN, KEPANGKATAN DAN PENSIUN BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk DR.SULARDI.MM Tlp; 0813-4662-6222. Siapa tau beliau mau bantu

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.