26 September 2009

Doppelganger

Doppelganger adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sosok hantu yang sangat mirip dengan seseorang, akan tetapi sering digambarkan sebagai sosok kembaran jahatnya. Doppelganger atau biasa ditulis sebagai doppelgaenger, berasal dari bahasa jerman dari kata doppel (ganda) dan gaenger (pejalan). Doppelganger biasanya terlihat oleh orang itu sendri dalam wujud nyata dan bukan refleksi. Para doppelganger biasanya memberikan nasihat atau saran seputar dengannya. Jika seseorang melihat atau didatangi oleh doppelganger nya sendiri, biasanya orang itu akan mati dalam waktu dekat.

Refleksi jadi ciri utama untuk membedakan manusia asli dengan doppelganger, dimana si kembaran palsu biasanya digambarkan tidak memiliki pantulan dicermin atau air. Para doppelganger biasanya memberikan saran atau nasihat pada orang yang ditirunya tapi berupa arahan yang sesat. Mereka juga bisa menciptakan ide dan menyalurkan pada korban atau kerabat orang yang ditiru dengan tujuan untuk membuat mereka binggung. Dalam beberapa kasus, orang yang melihat kembaran mistisnya sendiri (meski sekali saja) maka ia akan terus dihantui oleh sosok tersebut. Kejadian melihat doppelganger juga biasa diartikan sebagai pertanda buruk. Jika yang melihat doppleganger adalah kerabat atau teman maka itu merupakan pertanda bahwa orang yang ditirunya akan menderita sakit atau terancam bahaya. Jika orang melihat doppelganger -nya sendiri, itu adalah pertanda bahwa ia akan mati dalam waktu dekat. Pasalnya, doppelganger dikenal sering membawa halburuk dan berkomunikasi dengan mereka merupakan tindakan nekat!

Penampakan doppelganger dalam sejarah
Dalam sejarah disebutkan beberapa orang penting pernah bertemu dengan doppelganger-nya sendiri, beberapa orang penting itu adalah Emilie Sagee dan Abraham Lincoln. Kasus Emilie Sagee setidaknya adalah yang paling fenomenal karena disaksikan oleh 10 orang lebih. Laporan mengenai Emilie Sagee ini ditulis oleh Robert Dale Owen dengan narasumber Julie Von Guldenstubbe, seorang keturunan Aristokrat Latvian. Disebutkan bahwa tahun 1845, saat itu Von Guldenstubbe berumur 13 tahun dan sedang berkumpul bersama murid - murid lainnya yang berkisar antara 13 - 42 murid menyaksikan gurunya Emilie Sagee datang di sekolahnya. Betapa terkejutnya mereka melihat sang guru yang seharusnya berada di rumah sakit karena sakit keras itu hadir di sekolah dengan keadaan yang sehat dan tidak kelihatan menderita sakit sekalipun. Dikatakan doppelganger Emilie Sagee ini meniru cara menulis dan makan namun tidak memegang apapun di tangannya, hadir ke sekolah dengan sehat padahal seharusnya sakit keras, muncul seperti biasa tapi tidak dapat disentuh, salah seorang murid yang mencoba menyentuhnya malah tidak dapat memegangnya atau tembus saat memegangnya.

Salah satu orang yang penting yang diberitakan melihat doppelgangernya adalah Abraham Lincoln, dalam biografinya Lincoln menyebutkan pernah melihat kembaran dirinya sendiri. Dalam terjemahan versi Carl Sanburg tertulis

"Sebuah mimpi aneh atau ilusi menghantui Lincoln di sebuah musim dingin. Pada suatu malam melewati masa pemilu, LIncoln merebahkan dirinya di sebuah sofa dirumahnya, tidak lama setelah sebuah telegram tertanggal 6 November mengabarkan terpilihnya ia sebagai Presiden. Saat beristirahat, Lincoln memandang sebuah cermin yang berada di sebrangnya lalu melihat dirinya sendiri, tapi dengan dua wajah. Hal tersebut menggangunya, lalu ketika ia bangun, bayangan tersebut menghilang; namun muncul lagi ketika Lincoln kembali merebahkan diri. Sama, dua wajah, dimana yang satu lebih pucat dari yang lain. Lincoln bangun lagi, masih tenggelam dalam sensasi memenangkan pemilu, melupakan sejenak si bayangan. Tapi fenomena penampakan ganda dirinya terus muncul dan menghantui dirinya. Lincoln memberi tahu istrinya mengenai hal tersebut.
Beberapa hari setelahnya Lincoln mencoba melihat kembali, bayangan dengan dua wajahnya muncul untuk terakhir kalinya. Setelah momen itu, sosok bayangan kembar misterius tidak pernah muncul kembali. Lincoln kembali bercerita pada istrinya bahwa ia merasa penampakan tersebut adalah pertanda bahwa ia akan kembali dipilih di pemilu kedua, namun wajah yang pucat menandakan bahwa ia tidak akan hidup lama dalam jangka memimpin keduanya".

Hal ini sempat disangsikan karena Lincoln diduga menderita vertical strabismus di mata kirinya, yaitu sebuah kelainan yang dapat mengaburkan tampilan objek vertikal.

Investigasi Sains, Psikologis dan Filosofis
Pada bulan september 2006 dilaporkan bahwa Shahar Arzy dan beberapa rekannya dari University Hospital, Geneva, Switzerland, telah menemukan penyebab fenomena doppelganger dengan jalan menstimulasi otak pasien dengan gelombang elektromanetik. Ia mengaplikasikan stimulasi elektris pada bagian cabang otak temporoparietal sebelah kiri kepada seorang pasien wanita yang diminta berbaring. Si pasien merasakan kehadiran orang lain di extrapersonal space. Tidak seperti penderita epilepsi yang memang banyak dirawat di tempat tersebut, pasien wanita tersebut benar-benar sehat. kembaranya itu digambarkan si pasien memiliki tampilan lebih muda, tidak jelas laki-laki atau perempuan, tidak bergerak, dengan postur tubuh yang mirip dengan dirinya. Orang itu berada tepat di belakangnya , bahkan hampir menyentuh dirinya!! Stimulasi elektris kedua diaplikasikan dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi dimana posisi pasien tetap berbaring dengan tangan yang diikat. Kali ini si pasien merasakan kehadiran seorang pria yang memegang tanganya erat-erat!! Terakhir, dalam posisi duduk, stimulasi elektris kembali dilakukan ketika si pasien diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes bahasa dengan satu set kartu. Si pasien merasakan kehadiran orang lain yang duduk dibelakangnya dan meminta dirinya untuk tidak membaca!!

Arzy menyimpulkan bahwa ketika bagian cabang temporoparietal terganggu maka sensasi kehadiran orang lain yang serupa dengan si penderita akan muncul. Ia memaparkan bahwa fenomena doppelganger dapat dipicu oleh kelainan mental seperti schizophrenia, yang berkelanjutan dengan paranoia dan delusi. Singkatnya, fenomena doppelganger mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada cabang temporoparietal di sebelah kiri.

Sumber : http://space-01.blogspot.com/

More secure without the key

Every person must have valuables, either personally or have owned companies. Valuables can be a wealth or secret documents important that you have to keep in a safe place. Usually you have a safe with a specific code to store your valuables. Or you keep it in the bank. You think all your storage assets will be safe. Perhaps you are correct estimate, but if you keep these valuables in a closet with a key, so the key concern will be lost or lost. Or if the tone using the code, then you should be more careful to memorize the opening code for your vault.

More secure without a key, maybe that statement right if we find the storage facility or your valuables by using sophisticated technology that only relies on fingerprint. You just memorize the case codes and make sure your valuables are stored safely. To the right choice for storage your treasures, and your important documents, security determines you may get. Keyless lock is the latest technology that provides your goods storage facility or the security is presented without using keys. This technology allows you to not have to secure a small key that can be left behind or fall, even disappear in some places. This will make you cannot open your closet because of lost keys. With keyless lock, not to repeat the same mistakes.

17 September 2009

Statistics Help From Tutorvista

Do you have a problem about statistics and probability? I think in this century statistics and probability are main lesson for all students. And I think there are lot student wants be more smart in this lesson.

Because of that if you want to have good mark for this lesson, you must visit TutorVista. In this site, you can online tutor from an expert statistics tutor. So if you have some problem about your statistics homework you can get statistics help from this site. They will help all your statistics problem all a day. How hard the statistics questions, you can get the free statistics help from this site.

Remember, all statistics answer will provided by an expert Statistics tutor. And all f this will give it to you if you joined with TutorVista.