14 June 2009

Disk Index X Advanced Disk Catalog


Mungkin sebagian dari anda mempunyai banyak koleksi CD atau DVD, dan mungkin juga koleksi anda sampai ratusan atau bahkan ribuan (gile bener) keping. Anda pasti sangat kebingungan jika ingin mencari misalnya file atau film tertentu yang ada dalam CD atau DVD anda, disini saya ingin mencoba mereview sedikit tentang program untuk mengkatalogkan isi dalam suatu CD dan DVD supaya lebih gampang dicari.



Yang pertama program yang saya bahas adalah Disk Index, dalam program ini CD atau DVD anda dapat disimpan list isinya dalam bentuk notepad. Cara kerjanya adalah anda tinggal memilih dimana tempat CD atau DVD anda inginkan untuk di simpan listnya. Setelah itu dalam Logfile anda dapat memilih tempat atau directori mana anda ingin menyimpan list CD atau DVD tersebut. Setelah itu anda tinggal men klik index disk untuk menyimpan list isi CD atau DVD koleksi anda. Nanti filenya akan berada dalam bentuk (*.txt). Berikut adalah contoh hasilnya

Menurut saya program ini lumayan membantu dulu, waktu koleksi saya masih sekitar 40an keping, tapi sangat disayangkan jika kita ingin mencari file kita harus membuka satu-satu file notepadnya baru mencari dengan menggunakan find. Lumayan lama dan membutuhkan waktu, iya kalau nanti filenya ketemu, kalau enggak bisa stres 7 keliling lapangan bola, hehe.



Melihat dari kelemahan dari program DiskIndex, ada salah satu program yang lebih mudah, efisien dan efektif dari DiskIndex, nama programnya Advanced Disk Catalog. Perlu diketahui yang memberikan program ini teman saya (om Tikushinn), kepadanya saya ucapkan banyak terima kasih,hehe programnya mantap om,(loh-loh kok malah ngelantur). Ok, back to topic. Program ini intinya sama dengan Disk Index, yaitu kita harus memasukkan CD atau DVD koleksi kita, setelah itu, program ini akan men-scan dan menyimpan hasil scannya ke dalam file (*.cat).



Mantapnya, program ini selain manajemen katalognya mudah, dan bisa memasukkan semua catalog CD atau DVD kita dalam satu file, program ini juga bisa memberikan ukuran file, dapat membuka file langsung jika kita masih memasukkan CD atau DVDnya, dan yang tak kalah penting adalah fasilitas search filenya.



Jadi jika anda ingin mencari file atau film seperti "kuroshitsuji" anda tinggal klik tools, search dan tinggal ketik nama file atau film yang ingin dicari dari CD atau DVD koleksi anda. Perlu diketahui lagi ya, dalam program ini bisa menyimpan lebih dari 40 DVD atau CD lo, dan sudah saya buktikan, file katalog saya sampe 10mb, gak tau ada berapa DVD n CD saya,hehe. Tapi sangat bermanfaat bagi anda yang punya banyak CD atau DVD. Sekian dari saya, jarang-jarang neh saya posting review program, meski besok senin udah UAS, tapi kudu semangat (loh kok,geje neh),haha. Ya sudah,,,tetap semangat dan tetep sehat untuk makan-makan (loh kok)!!! Semoga programnya berguna....

DOWNLOAD
Disk Index
Advanced Disk Catalog

Source : Program Disk Index dikasi dari temenku Safril yang punya http://www.safril.com
Program Advanced Disk Catalog dikasi ma temenku om Tikushinn yang punya blog http://yangkupikirkan.wordpress.com/