19 November 2009

10 Tanaman Paling Aneh Di Dunia

Kita hidup di dunia tidaklah sendiri, ada beberapa makhluk yang diciptakan oleh sang Pencipta untuk menemani dan mendampingi kita hidup di bumi ini. Istilahnya biar di bumi ini gak cuma keliatan manusia aja, kan kalau ada makhluk hidup lain yang ada di bumi ini kita bisa saling berinteraksi dan dapat mengisi hidup ini jadi bervariasi. Nah sebutlah sekarang ini yang akan di bahas adalah tumbuhan. Salah satu makhluk hidup yang kerjaannya diem, tapi mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita kayak menyediakan kita O2 dan dapat juga dijadikan sebagai bahan obat. Oleh karena ada bermacam - macam jenis dari tumbuhan ini ada beberapa tumbuhan yang bisa dikatakan sebagai Tumbuhan atau Tanaman Paling Aneh yang ada Di Dunia, contohnya adalah sebagai berikut :

1. Welwitschia mirabilis: Tanaman dengan Daya Tahan Luar Biasa
Dilihat dari bentuk, tanaman yang berasal dari Namibia ini termasuk salah satu yang unik karena hanya terdiri dari dua daun dan sebuah batang dengan akarnya. Sedangkan batangnya akan membesar tapi tidak meninggi.


Tanaman ini dapat mencapai lebar 8 meter dan tinggi 2 meter. Dapat hidup sampai 400 - 1500 tahun dan tidak akan mati meski gak ada hujan selama 5 tahun (wuihmm,,hebat banget). Rasa dari tanaman ini jika dimasak atau dimakan mentah adalah menyengat ke lidah, sehingga diberi nama Onyanga atau bawang gurun.

2. Dionaea muscipula: Venus si Perangkap Lalat


Venus si Perangkap Lalat ini merupakan tanaman karnivora yang paling dikenal karena perangkap alami uniknya yang aktif dan efisien. Dua daun yang menempel pada tanaman ini dipenuhi oleh bulu-bulu ultra sensitif yang mendeteksi keberadaan apa saja dari semut, lalat, atau jenis serangga lainnya. Begitu ada yang menyentuh bulunya, perangkapnya akan bekerja dalam waktu kurang dari sedetik.

3. Rafflesia arnoldii: Bunga Terbesar di Dunia


Tanaman ini eksotis, sangat langka, tapi warnanya kurang cantik, berbintik, namanya Rafflesia Arnoldi salah satu dari 16 spesies genus Rafflesia, bunga terbesar di dunia. 16 spesies yang diketahui dapat ditemukan hanya di Indonesia (Sumatra, Kalimantan, Jawa) dan Malaysia (Sabah, Serawak).
Rafflesia Arnoldii, belakangan dimasukkan ke dalam familiEuphorbiaceae, bisa berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai 7-11 kg.
Bunganya akan mekar hanya dalam waktu 3 hari hingga seminggu saja. Saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat hingga di Indonesia bunga ini dinamakan bunga bangkai. Baunya yang khas mengundang serangga penyerbuk datang dan itu membuatnya dapat bergenerasi dan hanya 10-20 persen dari semaian yang akan berhasil dan dalam 9 bulan, dengan sedikit kebruntungan, akan mekar kembali.

4. Desmodium gyrans: Tanaman yang Menari


Darwin menyebutnya Hedysarum, botanis moderen menyebutnya Desmodium Gyrans, atau tepatnya, Codariocalyx Motorius. Orang menyebutnya Runmput Menari atau Tanaman Telegraf atau tanaman Semaphore, karena gerakan daunnya yang seperti menari atau seperti gerakan kode semaphore. Tanaman ini termasuk yang mudah tumbuh dan akan "menari-nari" pada saat banyak sinar matahari atau dalam keadaan kering. Gimana menarinya, lihat saja videonya di bawah ini:

5. Euphorbia obesa: Tanaman Baseball


Euphorbia Obesa, dijuluki juga tanaman Baseball, biasa tumbuh di Great Karoo, Afrika Selatan. Populasinya mulai terancam seiring sering diburunya tanaman ini oleh para kolektor tanpa memikirkan penanamannya kembali. Ini membuat beberapa organisasi dalam dan luar negeri bereaksi untuk melindunginya. Meski di habitat aslinya Euphorbia obesa ini masih terancam, saat ini sudah banyak pertanian yang membudidayakannya, sehingga mereka juga turut memastikan bahwa yang diperdagangkan para kolektor bukan yang berasal dari alam.

6. Amorphophallus titanum: Bunga Bangkai


Bunga ini tingginya bisa lebih dari tinggi seorang pria dewasa, dan mengeluarkan aroma busuk yang menyengat pula. Dinamakan Titan Arum, di Indonesia dijuluki pula sebagai "bunga bangkai" karena baunya itu. Bunga ini merupakan fenomena langka dan berkembang biak berkat bantuan dari serangga penyerbuk yang datang karena baunya.

7. Baobab: si Pohon Botol


Baobab adalah nama umum dari satu genus Adansonia yang terdiri dari 8 spesies pohon, aslinya dari Madagascar. Juga dikenal sebagai pohon Botol, bukan hanya karena bentuknya yang memang mirip botol, tapi pohon ini juga biasanya mampu menampung air sekitar 300 liter. Tidak heran umur pohon ini bisa mencapai 500 tahun.

8. Dracaena cinnabari: Pohon Darah Naga


Dracaena Cinnabari atau Pohon Naga berasal dari kepulauan Socotra. Biasa disebut juga Pohon Darah Naga dan Pohon Naga Socotra. Pohon ini salah satu pohon teraneh di kepulauan Socotra, dengan bentuknya yang seperti payung. Pertama kali dipublikasikan oleh Isaac Bayley Balfour tahun 1882. Kalau diperhatikan, pohon ini pernah menjadi icon di Windows sebagai icon Network. Darah naga diambil dari warna getah merahnya, dan bisa dijadikan obat atau bahan pewarna celup.

9. Selaginella lepidophylla: Tanaman yang Bangkit Kembali


Disebut juga sebagai Mawar dari Jericho, Selaginella Lepidophylla merupakan spesies dari tanaman gurun karena kemampuannya bertahan hidup meski diawetkan dengan pengeringan sekalipun. Selama cuaca kering di habitat aslinya, batangnya akan mengkerut menjadi sebuah bola kecil dan terurai kembali saat diekspos ke tempat lembab. Aslinya tumbuh di gurun Chihuahuan.

10. Mimosa pĂșdica: si Putri Malu


Yang satu ini tidak aneh di sini. Banyak ditemukan di daerah tropis dan juga di Amerika Selatan dan Tengah. Saat disentuh atau digoyangkan daun-daunnya akan mengkuncup dan akan membuka kembali dalam beberapa menit. Seperti punya feeling..

Source : http://muka-aneh.blogspot.com/2009/10/10-tumbuhan-terunik-dan-teraneh-di.html

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

64 Responses to "10 Tanaman Paling Aneh Di Dunia"

  1. Sepertinya kamu ini suka koleksi gambar yang aneh2 ya?? hahahha
    kerenn lanjut gann:)

    ReplyDelete
  2. wah bunga bangkai masuk ya ^_^

    ReplyDelete
  3. Wah menarik sekali, Banyak diantaranya saya belum tahu sama sekali.

    ReplyDelete
  4. Aku waktu kecil suka banget maenin putri malu ini. Ada kepuasan kalo daunnya sampe nguncup :D

    ReplyDelete
  5. nambah pengetahuan berkat informasi ini :)

    ReplyDelete
  6. no 8 aku suka banget. tolong kirim satu ke rumah ya! hoho

    ReplyDelete
  7. salam sobat
    iya selain aneh,,memang indah dilihatnya..
    sunggh kebesaran Illahi ,tiada yang bisa menandingiNYA.

    ReplyDelete
  8. tanamannya unik-unik sob...
    kalo gambar pertama mirip ama zetsu, musuhnya naruto yang akatsuki

    ReplyDelete
  9. kalo dipikir-pikir tanaman putri malu emang termasuk unik juga yah
    disentuh dikit aja langsung malu

    ReplyDelete
  10. Mantap juga nih infonya, ada beberapa tanaman yang saya baru tau..

    ReplyDelete
  11. wah, kok ada gigi-giginya yaa??menakutkan sekali..

    ReplyDelete
  12. baru tahu nich kalo ada tumbuhan yg kayak gini, ngeri juga yaa

    ReplyDelete
  13. pasti harganya mahal, trus langka lagi???

    betewe nais info, lumayan buat penyegaran...

    ReplyDelete
  14. Antara si Pohon Botol dan Pohon Darah Naga, rada2 mirip cuma Darah Naga nggak setinggi Botol yak? Itupun kalo diliat dari jaoh hehehehe teteup unik dan ada beda masing2!

    Pengen jadi seperti Welwitschia Mirabilis :D tahan banting!!!!

    ReplyDelete
  15. Wah, keren informasinya.. aku suka pohon botol, lucu bentuknya.

    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  16. wah sayah selalu menganggap si penangkap lalat ituh keren....gile, tanaman tapi karnivora...kayak di komik ajah...

    ReplyDelete
  17. kemaren saya pernah lihat tumbuhan kayak pantat monyet...!
    wekekekekek termasuk aneh tu!

    ReplyDelete
  18. @frank
    mumpung lagi bener neh bro,heheeh

    @jhaa
    hehe iya tuh,hehe

    @deka
    iya aku aja baru tau nehg

    @zico alviandri
    ada2 aja lu bro

    @sibaho way
    makasih bro,,hehe

    @ayas tasli wiguna
    hehe

    @nura
    makasih mas,salam juga

    @berita unik
    mungkin kishimoto sensei terinspirasi dari ini,hehe

    @financialadviser
    hehe,bener2 unikkok

    @lina@happyfamily
    makasih mbak,,

    @bang dje
    mantap dah

    @rumahblogger
    hehe

    @sabirinet
    ciptaan yang kuasa neh

    @qori
    meski mahal emangnya kamu mau beli bro?

    @tuteh
    wadoh,,apaan tuh

    @dv
    salam kenal juga dah

    @bukan facebook
    mirip mah

    @trendy
    apaan tuh?

    ReplyDelete
  19. Rafflesia arnoldi sudah diklaim Malingsia gan
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    ReplyDelete
  20. Subhanallah..tiada yang bisa menyaingi ciptaan-Nya

    ReplyDelete
  21. wah mantab bro, ini detailnya lengkap sangat informatif, keren :)

    btw thanks dah mampir di blogkuh

    ReplyDelete
  22. @rizakasela
    iya kah? payah tuh si malingsial,,,,,

    @saifuna
    benar....

    @belajar seo
    makasih juga bro

    ReplyDelete
  23. saya tau bunga bangkai dan putri malu itu he he he

    memang aneh ya

    ReplyDelete
  24. wah keren euy! terutama tuh yg pohon botol, berasa bukan di planet bumi *kayak udah pernah keluar planet aja* hehe...

    ReplyDelete
  25. wih . tapi tanaman tanaman itu masih ada gak mas ya

    ReplyDelete
  26. Pohon Naga nya keren.. bisa ga di tanem di Bali satu??

    Hehe. Lam kenal!

    ReplyDelete
  27. Pohon no 8 keren banget... Kek pohon pengetahuan yang ada di Cerita "Adam & Hawa" :)

    ReplyDelete
  28. Baobab: si Pohon Botol
    ntu pohon katanya dah ada sejak jaman dinosaurus

    ReplyDelete
  29. Selaginella lepidophylla: Tanaman yang Bangkit Kembali
    keren tuh...
    bisa idup kembali, kayaknya bisa dipakai buat obat awet muda nih

    ReplyDelete
  30. tuhan maha besar, ada pelajaran yang bisa kita petik
    walau berbeda tetapi tetap satu (bunga).
    manusia harus belajar dari perbedaan ini ya...
    gabung yuk....

    http://apps.facebook.com/paypalwishlist/?ppref=1223927343&ref=mf

    ReplyDelete
  31. Keren tuh yang gede.
    Kaya di film katun aja ya ...
    Nice info Om,,

    ReplyDelete
  32. SUBHANALLAH... itulah salah satu kebesaran Allah, yang kita tidak tau sama sekali.
    Makasih yaa... dah berbagi info, smg suksess n tetap semangat.

    Btw...ada award nih tuk sobat, diambil yaaa... sebagai rasa persahabatan dengan sesama

    ReplyDelete
  33. Waduh, menarik banget tuh! Dapat dari mana infonya sobat? Salut deh! Hehe..

    Salam akrab...

    ReplyDelete
  34. @sang cerpenis bercerita
    mampir juga,,met wiken juga

    @mbah gendeng
    hehe

    @nia
    bener2 aneh

    @hielmy
    wadoh,,,terlalu khayal e,,,hehe

    @and1k
    masih ada lah

    @gek
    aku aja pengen nanem,hehe
    salam kenal juga

    @norland
    wah2,,,
    gak segitunya kali

    @belajar blog
    wes idup kamu bro waktu jaman dinosaurus

    @action figure toy
    hahaha,bener,,,

    @cerita para blogger
    eheheh,,ikut paypal wishlist ya

    @putra
    makasih

    @harto
    award,,heheh
    makasih mas,,hehe

    @bahauddin amyasi
    salam kenal dahh

    ReplyDelete
  35. Kunjungan balik. Trims dah mampir ya. Btw, info dan postingan yang menarik.....keep ur spirit....

    ReplyDelete
  36. tengs informasinya ky.. aku udah ngelink kamu di recommended to read ku... link balik ya ky^^ makasihhh

    ReplyDelete
  37. infonya mantab banget nih sobat... thanks ya...

    ReplyDelete
  38. Yang Rafflesia Arnoldi saya tau. Yang lain ndak tau. Saya tertarik sama bentuknya pohon botol. Manjatnya gimana ya?

    ReplyDelete
  39. kalo lumut? aneh gak? wkwkwkwk

    ReplyDelete
  40. saya suka yang no. 5.. tanaman baseball, bentuknya lucu... mau doooooong hehe

    ReplyDelete
  41. datang lagi nih............... di update donk bos

    ReplyDelete
  42. sebagian ada kayak di anime one piece.. dan film2 fantasy pada umumnya..

    ReplyDelete
  43. ada yang ketinggalan bro....

    Eldelwis sama Buluh Perindu

    aneh juga kan tuh...

    ReplyDelete
  44. info yang sangat bagus makasih ya atas doa dan supportnya

    ReplyDelete
  45. Aku suka sekali foto pohon botolnya... Keren..!!

    ReplyDelete
  46. Wah Indonesia banyak juga ternayta

    ReplyDelete
  47. bener2 aneh tu tanaman.... langka.....
    '
    oy Rizky bagi award buat sahabat kalau berkenan mohon diterima

    ReplyDelete
  48. Yang no 7 itu...koq batangnya mirip 'special something' yaa...he...he...he...

    ReplyDelete
  49. Waaw....

    keren2...

    saya suka Dionaea muscipula: Venus si Perangkap Lalat,,

    pernah liat di FILM JOnnhy earth to the center,, dalam bentuk tanaman yg lebih besar..

    memakan manusia,, tp cuma di Film..
    hohooo

    ReplyDelete
  50. wwweeew.. sujud pada Sang Pencipta untuk karya-karyanya yang unik-unik itu.. hmmm.. aku suka pohon baobabnya.. bentuknya lucu euy.. he.he..

    ReplyDelete
  51. wah... taneman penangkap lalat nya ituh... kae beneran punya gigi... >.>

    ReplyDelete
  52. Subhanaallah....
    hebat bangetz ya tumbuhan" yang da diatas itu...
    tapi, kalau putri malu didaerah saya sich banyak bangetz...

    ReplyDelete
  53. Oh ia Video nya Desmodium gyrans kok ngga ada ..?
    di bawah mn mksudny..?

    ReplyDelete
  54. lah, di rumah gw ada pohon aneh tuh. udah 3 tahun gak tumbuh-tumbuh... aneh kan?

    (aneh atau gw-nya yang males melihara ya? hehe)

    ReplyDelete
  55. @herdiansyah hamzah
    makasih dah

    @anindyaharadi
    sip dah,,

    @albertus goentoer tjahjadi
    sip

    @pushandaka
    hehe,,gak tau,,kayak apa ya?

    @senoaji
    lumayan lah

    @kak ega
    hehe
    beli

    @mbah gendeng
    sip udah q update

    @thepenks
    benar.,....

    @bang ais
    iya ya,,lupa2

    @munir adi
    sip dah

    @reni judhanto
    keren emang..

    @kuliah gratis
    iya,

    @rizky 2009
    makasih awarnya

    @narsis
    sip

    @manggis
    wadoh,,,

    @phonank
    iya,,aku mau nonton ahh

    @joddie
    hehe

    @carra
    iya..

    @ilham
    iya,,ditempatku juga banyak

    @andthere
    apa ya?

    @diazhansome
    haha

    ReplyDelete
  56. ini baru ciptaan Allah yg subhanallah :)

    ReplyDelete
  57. iiwaw . taneman.ny keren" .. di Indo ada gag ya ?

    ReplyDelete
  58. selalu ada saja yang aneh diblog ini..
    hehehheeee...

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.