1 November 2009

Jatuhnya Asteroid di Bone VS Tunguska Event

Beberapa waktu yang lalu di wilayah Indonesia mengalami bencana gempa bumi, yang paling besar kemarin itu gempa di padang yang menelan korban jiwa. Tapi tahukah anda bahwa 8 Oktober beberapa waktu lalu di wilayah Bone tepatnya di lintang 4,5 LS, 120 BT sekitar pukul 11.00 WITA telah jatuh sebuah asteroid? Untungnya asteroid ini tidak jatuh tepat di atas pemukiman penduduk disana melainkan hancur di ketinggian 15 sampai 20 km diatas permukaan bumi. Menurut para ahli di NASA, asteroid yang jatuh ini berdiameter 10 meter dan mempunyai kekuatan ledakan 50 kiloton PNP atau sama dengan 3x bom atom di Hiroshima Nagasaki. Sebenarnya kejadian seperti ini sudah pernah terjadi seabad yang lalu, berikut artikel yang saya kutip dari http://www.harian-global.com mengenai kejadian seabad yang lalu.

Lebih dari seabad lalu yaitu sekitar tahun 1908 di sungai Tunguska, Siberia Tengah, Rusia terjadi ledakan serupa tapi dengan kekuatan yang lebih dahsyat, akibat dari kerusakannya saja pada abad itu hampir sebesar jawa tengah. Ledakan ini baru diselidiki 10 tahun setelahnya, beberapa ilmuwan mulai mengekspedisi kawasan tersebut, dan menyatakan bahwa besar kemungkinan ini hasil tubrukan komet di permukaan bumi. Di sekitar lokasi kejadian banyak ditemukan butiran - butiran intan halus yang semakin memperkuat pendapat mereka. Diperkirakan komet yang jatuh pada waktu itu berukuran 100 m atau 10 kali asteroid yang jatuh di Bone kemarin, dengan berat sejuta won dan bergerak dengan kecepatan 30 km/detik (108.000 km/jam). Diduga pecahan itu berasal dari komet Encke. Menurut perhitungan orbitnya, Bumi setiap tahun melintasi orbit komet Encke dua kali: sekitar 2 Juli dan sekitar 1 November. Pada saat perjumpaan sekitar 2 Juli, lintasan komet Encke berada di selatan Bumi dan komet datang dari arah Matahari. Itulah yang menyebabkan pecahan komet yang jatuh di Tunguska nampak berasal dari arah tenggara karena pengaruh rotasi Bumi dan tumbukan terjadi bukan pada malam hari.

Komet Encke pertama kali ditemukan oleh Jean Louis Pons di Merseille 26 November 1918. Johann Franz Encke, astronom Jerman menghitung periode orbit komet tersebut dan mendapatkan periodenya 3,3 tahun, periode komet terpendek. Berdasarkan perhitungan tersebut, J. F. Encke memprakirakan dengan tepat kemunculan komet tersebut 1822, 1825, dam seterusnya. Keberhasilan itu yang menjadikan namanya diabadikan sebagai nama komet tersebut. Hasil perhitungan yang lebih teliti dari berbagai penampakan disimpulkan bahwa periode komet semakin singkat sekitar 2,5 jam setiap kali mendekati Matahari.

Walaupun belum ada informasi pasti tentang pecahnya komet ini menjelang peristiwa Tunguska 1908, namun berdasarkan analisis orbitnya diduga kuat pecahan komet yang menyebabkan ledakan Tunguska memang berasal dari komet Encke. Komet Encke sendiri sampai sekarang masih mengorbit. Komet itu terakhir kali teramati pada 1994.

Apakah kejadian di Bone kemarin merupakan salah satu akibat dari komet Encke? Sampai sekarang tidak ada penjelasan tentang kejadian ini, yang terjadi akhir - akhir ini adalah media massa mengkaitkan kejadian ini dengan akhir dunia atau kiamat atau DOOMSDAY! Tidak ada yang tau kepastian kapan terjadi kiamat atau jatuhnya komet lain, yang bisa kita lakukan adalah jagalah bumi ini jangan sampai mengamuk bumi kita tercinta ini. Sekian!!!

Source : http://www.harian-global.com, wikipedia

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

39 Responses to "Jatuhnya Asteroid di Bone VS Tunguska Event"

  1. wah, bisa-bisa film armagedon jadi kenyataan nih
    hehehe
    allhualam dech

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah meteor itu pecah sebelum menyentuh permukaan bumi ..
    gak kebayang jika pecah .. pasti sangat mengerikan ..
    semoga Tuhan melindungi kita semua, amin ..

    Cara Membuat Website

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah tidak membahayakan

    ReplyDelete
  4. asal jangan nabrak bumi aja, brabe deh

    ReplyDelete
  5. mudah-mudahan saja bumi kita khususnya indonesia jauh dari kejatuhan meteor2 yg besar...kalo kecil2 kan udah habis dikikis atmospir jd aman2 aja deh

    ReplyDelete
  6. @yanuar
    beh,,jangan sampe euy

    @cara membuat blog
    amin,,,

    @cara membuat website??

    @secangkir teh
    waduh...

    @alamendah
    benar....tapi...

    @rumah blogger
    semoga aja enggak

    @sabirinet
    amin,,,indonesia aman..

    ReplyDelete
  7. Saya coba baca berkali-kali tulisan anda. Tapi saya blum bisa menemukan jawaban atas pertanyaan saya.

    Apa yang menyebabkan asteroid di Bone hancur di ketinggian 15 sampai 20 km di atas permukaan bumi?

    ReplyDelete
  8. @pushandaka
    ampe sekarang mah belom ketauan eh mas,,,
    setauq ya,,munngkin ini salah satu bagian dari komet encke

    ReplyDelete
  9. wah mengerikan juga yah
    kekuatannya dahsyat banget...
    bisa ancur bumi

    ReplyDelete
  10. Hmm...
    jadi inget ama pilem transformer pas robot2 turun ke bumi

    ReplyDelete
  11. Tanda2 dunia mau kiamat.....

    ReplyDelete
  12. Namanya juga media :D. Pengen cari sensasi.

    ReplyDelete
  13. kita serahkan semua pada-Nya!

    ReplyDelete
  14. Tapi ledakannya terdengar keras banget kan sama warga di sekitar situ...Rumor2 ttg kiamat 2012 memang lagi rame2nya dengan segala teori!

    ReplyDelete
  15. Yang jelas apapun yang akan terjadi di masa depan, selalu waspada. dan bersiap-siap baik secara fisik, mental maupun ibadah.

    ReplyDelete
  16. Wah, berita soal meteor memang menyeramkan apalagi dikaitkan dengan isu kiamat 2012... hiii semoga tak terjadi!

    ReplyDelete
  17. bumi kita kan masih ada atmosfir coba kalo tidak ada makanya bersukur

    ReplyDelete
  18. Wah ga kebayang kalau ini terjadi di indonesia..

    ReplyDelete
  19. Iya, jadi kayak Armageddon. waktu itu T nonton pas Metrotv dapat beritanya. Baru aja kejadiannya. Btw kenapa di televisi nggak gitu marak diperbicarakan ya? Heran gue :(

    ReplyDelete
  20. ya tuhan semoga ini bukan tanda kiamat 2012 amin O:)

    ReplyDelete
  21. busyet...
    dashyat banget
    kalo jatuh di kotanya
    mungkin bakal senasib ama hiroshima dan nagasaki

    ReplyDelete
  22. mengerikan juga yah kalo ga ada lapisan ozon dan atmosfer, hancurlah bumi kite kejatuhan komet melulu

    ReplyDelete
  23. @sang cerpenis bercerita
    mari...

    @berita unik
    jangan sampe dah

    @financial adviser
    heheh

    @cadink
    benar...

    @zico alviandri
    heh,iya benar juga

    @trendy
    benar,,,pasrah

    @lina
    iya,,marak neh,,masalah gini,,ntar mau coba posting ah..

    @deka
    mantap jaya..

    @dv
    amin...

    @jalani hidup
    semoga aja bertahan lama

    @aneka tips
    uda di indo

    @kandi
    oke2

    @tuteh
    sibuk ma kpk

    @ayas
    amin..

    @belajar blog
    jangan samek

    @action figure toy
    iya.

    ReplyDelete
  24. ternyata bumi yang kita huni ini rapuh yaa??

    ReplyDelete
  25. duh.. sayah selalu ajah ketinggalan berita padahal tiap hari online dan ngeblog...
    trus2 kelanjutannya gimanah?

    ReplyDelete
  26. aku masih ingin melihat anak cucuku hidup dengan kebahagiaan mereka, dan perkara asteroid dan lain sebagainya yang bersifat distruktif semoga tidak ada..

    ReplyDelete
  27. @trimatra
    sudah rapuh kemakan usia,hehe

    @quinie
    kelanjutannya,,tunggu berita selanjutnya

    @senoaji
    semoga!!!

    ReplyDelete
  28. waaah jangan sampe dah

    mengerikan banget tuhhh

    ReplyDelete
  29. wakh kapan ntuh terjadinya mas, salam kenal ya

    ReplyDelete
  30. Mungkin itu artinya Allah masih memberikan keselamatan kepada kita,
    wah harus banyak bersyukur ya, karena tidak bisa dibayangkan kalo sampai bener-bener jatuh dibumi bagaimana keadaannya ya?
    Cara Membuat blog

    ReplyDelete
  31. Salam kenal.. :)

    Kiamat adalah rahasia-Nya. Nice info

    ReplyDelete
  32. bumi ndak sendirian..
    sungguh luas alam ini..
    kita patut bersyukur.. ;)

    ReplyDelete
  33. Met wiken & ijin nge-link ya... :)

    ReplyDelete
  34. INi serius ??! kq baru dngar ya...

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah.. kita semua sudah diselamatkan oleh allah swt. dan kita wajib bersyukur kepadanya.

    ReplyDelete
  36. @helga gaga
    bener...

    @jr
    salam kenal juga,,aku juga gak tau tuh

    @cara membuat blog
    gak bisa q bayangkan dah

    @anazkia
    salam kenal,,,

    @budi hermanto
    amin...

    @tuteh
    oke dah
    q link back ya

    @norland
    iya e,,beneran

    @ikutan ngeblog
    setuju

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.