26 September 2009

Doppelganger

Doppelganger adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sosok hantu yang sangat mirip dengan seseorang, akan tetapi sering digambarkan sebagai sosok kembaran jahatnya. Doppelganger atau biasa ditulis sebagai doppelgaenger, berasal dari bahasa jerman dari kata doppel (ganda) dan gaenger (pejalan). Doppelganger biasanya terlihat oleh orang itu sendri dalam wujud nyata dan bukan refleksi. Para doppelganger biasanya memberikan nasihat atau saran seputar dengannya. Jika seseorang melihat atau didatangi oleh doppelganger nya sendiri, biasanya orang itu akan mati dalam waktu dekat.

Refleksi jadi ciri utama untuk membedakan manusia asli dengan doppelganger, dimana si kembaran palsu biasanya digambarkan tidak memiliki pantulan dicermin atau air. Para doppelganger biasanya memberikan saran atau nasihat pada orang yang ditirunya tapi berupa arahan yang sesat. Mereka juga bisa menciptakan ide dan menyalurkan pada korban atau kerabat orang yang ditiru dengan tujuan untuk membuat mereka binggung. Dalam beberapa kasus, orang yang melihat kembaran mistisnya sendiri (meski sekali saja) maka ia akan terus dihantui oleh sosok tersebut. Kejadian melihat doppelganger juga biasa diartikan sebagai pertanda buruk. Jika yang melihat doppleganger adalah kerabat atau teman maka itu merupakan pertanda bahwa orang yang ditirunya akan menderita sakit atau terancam bahaya. Jika orang melihat doppelganger -nya sendiri, itu adalah pertanda bahwa ia akan mati dalam waktu dekat. Pasalnya, doppelganger dikenal sering membawa halburuk dan berkomunikasi dengan mereka merupakan tindakan nekat!

Penampakan doppelganger dalam sejarah
Dalam sejarah disebutkan beberapa orang penting pernah bertemu dengan doppelganger-nya sendiri, beberapa orang penting itu adalah Emilie Sagee dan Abraham Lincoln. Kasus Emilie Sagee setidaknya adalah yang paling fenomenal karena disaksikan oleh 10 orang lebih. Laporan mengenai Emilie Sagee ini ditulis oleh Robert Dale Owen dengan narasumber Julie Von Guldenstubbe, seorang keturunan Aristokrat Latvian. Disebutkan bahwa tahun 1845, saat itu Von Guldenstubbe berumur 13 tahun dan sedang berkumpul bersama murid - murid lainnya yang berkisar antara 13 - 42 murid menyaksikan gurunya Emilie Sagee datang di sekolahnya. Betapa terkejutnya mereka melihat sang guru yang seharusnya berada di rumah sakit karena sakit keras itu hadir di sekolah dengan keadaan yang sehat dan tidak kelihatan menderita sakit sekalipun. Dikatakan doppelganger Emilie Sagee ini meniru cara menulis dan makan namun tidak memegang apapun di tangannya, hadir ke sekolah dengan sehat padahal seharusnya sakit keras, muncul seperti biasa tapi tidak dapat disentuh, salah seorang murid yang mencoba menyentuhnya malah tidak dapat memegangnya atau tembus saat memegangnya.

Salah satu orang yang penting yang diberitakan melihat doppelgangernya adalah Abraham Lincoln, dalam biografinya Lincoln menyebutkan pernah melihat kembaran dirinya sendiri. Dalam terjemahan versi Carl Sanburg tertulis

"Sebuah mimpi aneh atau ilusi menghantui Lincoln di sebuah musim dingin. Pada suatu malam melewati masa pemilu, LIncoln merebahkan dirinya di sebuah sofa dirumahnya, tidak lama setelah sebuah telegram tertanggal 6 November mengabarkan terpilihnya ia sebagai Presiden. Saat beristirahat, Lincoln memandang sebuah cermin yang berada di sebrangnya lalu melihat dirinya sendiri, tapi dengan dua wajah. Hal tersebut menggangunya, lalu ketika ia bangun, bayangan tersebut menghilang; namun muncul lagi ketika Lincoln kembali merebahkan diri. Sama, dua wajah, dimana yang satu lebih pucat dari yang lain. Lincoln bangun lagi, masih tenggelam dalam sensasi memenangkan pemilu, melupakan sejenak si bayangan. Tapi fenomena penampakan ganda dirinya terus muncul dan menghantui dirinya. Lincoln memberi tahu istrinya mengenai hal tersebut.
Beberapa hari setelahnya Lincoln mencoba melihat kembali, bayangan dengan dua wajahnya muncul untuk terakhir kalinya. Setelah momen itu, sosok bayangan kembar misterius tidak pernah muncul kembali. Lincoln kembali bercerita pada istrinya bahwa ia merasa penampakan tersebut adalah pertanda bahwa ia akan kembali dipilih di pemilu kedua, namun wajah yang pucat menandakan bahwa ia tidak akan hidup lama dalam jangka memimpin keduanya".

Hal ini sempat disangsikan karena Lincoln diduga menderita vertical strabismus di mata kirinya, yaitu sebuah kelainan yang dapat mengaburkan tampilan objek vertikal.

Investigasi Sains, Psikologis dan Filosofis
Pada bulan september 2006 dilaporkan bahwa Shahar Arzy dan beberapa rekannya dari University Hospital, Geneva, Switzerland, telah menemukan penyebab fenomena doppelganger dengan jalan menstimulasi otak pasien dengan gelombang elektromanetik. Ia mengaplikasikan stimulasi elektris pada bagian cabang otak temporoparietal sebelah kiri kepada seorang pasien wanita yang diminta berbaring. Si pasien merasakan kehadiran orang lain di extrapersonal space. Tidak seperti penderita epilepsi yang memang banyak dirawat di tempat tersebut, pasien wanita tersebut benar-benar sehat. kembaranya itu digambarkan si pasien memiliki tampilan lebih muda, tidak jelas laki-laki atau perempuan, tidak bergerak, dengan postur tubuh yang mirip dengan dirinya. Orang itu berada tepat di belakangnya , bahkan hampir menyentuh dirinya!! Stimulasi elektris kedua diaplikasikan dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi dimana posisi pasien tetap berbaring dengan tangan yang diikat. Kali ini si pasien merasakan kehadiran seorang pria yang memegang tanganya erat-erat!! Terakhir, dalam posisi duduk, stimulasi elektris kembali dilakukan ketika si pasien diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes bahasa dengan satu set kartu. Si pasien merasakan kehadiran orang lain yang duduk dibelakangnya dan meminta dirinya untuk tidak membaca!!

Arzy menyimpulkan bahwa ketika bagian cabang temporoparietal terganggu maka sensasi kehadiran orang lain yang serupa dengan si penderita akan muncul. Ia memaparkan bahwa fenomena doppelganger dapat dipicu oleh kelainan mental seperti schizophrenia, yang berkelanjutan dengan paranoia dan delusi. Singkatnya, fenomena doppelganger mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada cabang temporoparietal di sebelah kiri.

Sumber : http://space-01.blogspot.com/

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

19 Responses to "Doppelganger"

  1. salam sobat
    Bagus tuh MIRROR,,saya sudah nonton.

    belum telat kan..
    selamat idhul fitri 1430 H
    minal aidhin walfaidzin
    maaf lahir batin RESKY

    ReplyDelete
  2. @nura
    salam juga
    minal aidin juga mas,,,hehe

    ReplyDelete
  3. wah bisa melihat dimensi 2 (alam jin) harus butuh keberanian

    ReplyDelete
  4. hahahahaha.... kirain mau bikin sinopsis film mirror, ampir ga mia baca tadinya. ternyata membhs doppelganger

    pertama kali tau istilah ini waktu baca buku psikologi waktu SMU dl. banyak org yg mengalami kasus ini, tapi msh dianggap sbg salah satu ilusi oleh org yg mengidap penyakit jiwa spt stress, depesi, MPD (ini faktor lbh memungkinkan), akan tetapi walau penelitian ttg fenomena ini msh blm final kn msh byk keanehan2 yg msh blm bs dijelaskan scr ilmiah. sama dg halnya kasus MPD, yg stengah sisi udah bs dipahami scr ilmiah tp msh byk sisi lainnya yg msh blm bisa dijelaskan scr ilmiah

    manusia memang menyimpan sejuta misteri yaa....

    ReplyDelete
  5. kalau dalam Islam Dopleanger tuh sebangsa Jin kali ya?

    ReplyDelete
  6. @arifuddin
    weitz,,film lama tuh

    @kurniawan
    hehe
    ini bukan masalah itu dah,hehe

    @kucing tengil
    heheh makasih ne infonya

    @qori
    gak ngerti aku,,,,aku lo mau tanya kamu,hehe

    ReplyDelete
  7. wah menarik banget. ada web yang khusus membahas ini gak..soalnya kayak membaca cerita misteri tapi ilmiah..

    ReplyDelete
  8. gak mau ah,,, hantu2.. hiiiiiiiiii!~

    ReplyDelete
  9. salam sobat
    ehm...makasih atas kunjungannnya ya..blog nya bagus amat Sob,good luck for U

    ReplyDelete
  10. waduh aku blom nonton filmnya .. :(

    ReplyDelete
  11. dari tadi pagi gak bisa koment

    ReplyDelete
  12. Saya baru tahu nih tentang doppelganger. Menarik juga...

    ReplyDelete
  13. Terima kasih sudah menyempatkan mampir ke blog saya semoga dapat menjalin silaturahmi yang lelbih baik, amin.
    Salam hangat.

    ReplyDelete
  14. Waduh pol :D , makasih dah komen ya za ...heheheh...

    ReplyDelete
  15. menarik nih.
    tapi rasanya udah pernah baca di majalah apa gitu....
    hehegs piss :)

    tapi gambarnya kok Miror? bikin kecele lho. kirain mau review film... :p

    sering-sering bikin postingna misteri ya. baca yang beginian bikin penasaran.... ^_^

    ReplyDelete
  16. hmm mengenai doppelganger...juga bisa mengendalikan tubuh orang itu dengan kekuatan lebih dari manusia biasa, tanpa orang itu sadari dia bergerak sendiri dan melakukan hal di luar batas kemampuan manusia.

    ReplyDelete
  17. tantri deathlovers11 June 2010 at 16:39

    duhhhh, aq pernah dikasih tw tmnq klo dideket rmhnya ada org yg mirip kyk aq... dr gaya jln-ngomongny jg sm.. padahal aq gak pny kembaran.. aq jg udh tny sm ortuq.. trus ada yg blg klo itu doppleganger quw.. tuw kejadian udh skitar 3 bln yg lalu tp smpe skrg aq msih sehat2 aja.. ga ada apa2.. malah yg skt n meninggal bkn aq tp pak'de quw.. sbnrny doppleganger ada ga seh di indonesia..?? apa cm diluar negri..?? apa emg ga ada..?? lama2 aq takut ig.. >.<

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.