31 May 2009

Mandi Malam Bikin Rematik

Mandi malam dapat menyebabkan rematik, mungkin anda sudah sering mendengar mitos ini. Tapi pernahkah anda berpikir bahwa mitos ini apa benar apa adanya? Menurut para ahli, mitos yang sudah terlanjur beredar di masyarakat ini tidak benar adanya. Berikut adalah beberapa artikel yang dirangkum yang berkaitan dengan pernyataan ini.

Menurut dr Cici Lia Novita, mandi pada malam hari sebenarnya tidak membawa dampak negatif bagi kesehatan bagi orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti rematik, jantung dan asma.

Ia mengakui, jika waktu malam hari itu udara khususnya di Indonesia kelembabannya lebih tinggi sehingga bila tubuh yang sudah kedinginan diberi air dingin akan menjadi kaku. “Tidak masalah, selama kondisi tubuh sehat dan tidak ada penyakit rematik, jantung dan asma,” ujarnya saat ditemui di Puskesmas Tanjung Pinang, kemarin.

Bagi penderita penyakit rematik memang tidak dianjurkan untuk mandi malam hari, karena dengan semakin dinginnya tubuh dan sendi akan membuat sendi-sendi yang terkena rematik menjadi kaku sehingga akan timbul rasa sakit yang kita kenal sebagai serangan rematik. “Makanya jika bisa mandi lebih pagi kenapa harus selalu mandi di malam hari, agar tubuh jadi tidak kedinginan. Untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan,” ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada UGM) ini.

Sebenarnya kebiasaan mandi malam tidak berpengaruh secara langsung terhadap timbulnya penyakit rematik. Mandi malam akan berpengaruh terhadap timbulnya nyeri sendi jika memang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Hal tersebut berkaitan dengan menyempitnya pembuluh darah akibat hawa dingin yang akan berpengaruh pada kurang tersuplainya oksigen ke sendi sehingga terjadilah nyeri.

Namun, ada baiknya jika cuaca dingin, mandi malam hari menggunakan air yang hangat dan ketika badan tidak sedang sakit. “Kalaupun rematik, kalau pakai hangat sebenarnya tidak masalah. Apalagi, jika kondisi tubuh sedang gerah dan lelah. Karena mandi akan membuat tidur lebih nyenyak,” ujar dr Cici.

Mengenai mandi malam bagi ibu hamil, dr Cici mengatakan sama saja. Hanya saja, sebaiknya menggunakan air hangat karena biasanya pada saat hamil pembuluh darah menyempit dan ini juga terjadi pada tubuh dalam keadaan dingin. “Makanya dengan air hangat akan mencegah risiko terjadinya sakit kepala. Karena air hangat bisa memperlebar kembali pembuluh darah yang menyempit,” terangnya. Pada pagi hari pun demikian. Jika kondisi cuaca dingin, ada baiknya bagi penderita rematik untuk mandi air hangat. “Jadi bukan karena malam atau siang, tapi karena suhu air dan udara saja,” ujarnya.

Lalu bagaimana kita mengetahui jika kita memiliki rematik?
Ia menjelaskan, salah satu gejala rematik adalah seseorang yang sering merasakan nyeri sendi pada pagi hari, nyeri sendi saat baru bergerak. Penyakit ini bisa menimpa semua usia, namun berisiko pada usia lanjut dan orang yang memiliki berat badan berlebih.

Rematik, kata dr Cici, sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar rematik disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, dan lainnya Ditanya soal makanan, sebenarnya tidak ada pantangan khusus untuk makanan. Biasanya yang terkait dengan pola makan ada penyakit asam urat. “Gejalanya memang mirip dengan rematik,” ujarnya.(*)

Renang, Pilihan Olahraga di Malam Hari
Kesibukan bekerja hingga malam hari terkadang menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Padahal Anda tetap bisa melakukannya pada malam hari. Banyak olahraga yang bisa Anda lakukan di sore menjelang malam hari. Malah, bagi Anda yang menderita insomnia, ini bisa menjadi pilihan. Menurut Endarman Syahputram, salah satu olahraga di malam hari yang patut dicoba adalah olahraga berenang. Olahraga ini bisa dibilang menyenangkan. Saat berenang hampir semua otot-otot di tubuh akan bergerak sehingga setelah berenang Anda akan merasa segar. Otot-otot dan persendian Anda yang tadinya tegang dan kaku berangsur-angsur akan merasa rileks terkena air. “Tapi dianjurkan bagi yang memiliki bakat rematik,” ujarnya kepada Jambi Independent, kemarin.

Tidak hanya itu saja, ternyata dengan berenang pikiran dan hati menjadi rileks setelah seharian stres dengan mengerjakan rutinitas-rutinitas yang ada. “Saat ini, di Jakarta sedang tren, karena banyak orang bekerja hingga malam, sehingga tidak sempat berolahraga, sehingga renang di malam hari jadi pilihan,” ujar Endar yang juga dosen Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi.

Namun, sebelum melakukan olahraga ini, ada baiknya jika perut tidak dalam keadaan kosong karena dengan perut kosong tidak menutup kemungkinan akan terkena kram. Sebaliknya perut yang terlalu penuh dengan makanan juga tidak baik karena organ pencernaan bisa mengalami yang namanya nyeri. “Jadi sedang-sedang saja lah,” ujarnya.

Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih. Minum air putih ini menjauhkan tubuh untuk terkena dehidrasi. Yang paling utama adalah lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang di tepi kolam renang selama 10 menit. Hal ini dilakukan agar otot tidak mengalami kram.

Source :
jambi-independent.co.id
groups.yahoo.com

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

37 Responses to "Mandi Malam Bikin Rematik"

  1. jadi takut... saya suka mandi malam

    ReplyDelete
  2. terus gimana caranya supaya mandi malam aman./.???

    ReplyDelete
  3. alhamdulliah saya jarang mandi malam dah dingin takut kena penyakit apalagi kondisi badan lemah dan kurang fit. sangat membantu mas artikelnya.

    ReplyDelete
  4. @andy mse
    kalo sampeyan tidak ada riwayat rematik mah aman2 aja mas

    @kakve-santi
    mandi pake aer anget toh,,kan enak,heheheh, tapi males godok aernya

    @awal sholeh
    wah,,,sama2 mas,,semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Saya malah lebih sering mandi malam koq mas,.....

    harus dikurangin yah??

    ReplyDelete
  6. semenjak suka sesek napas kalo mandi malem, saya jadinya mandinya sebelum magrib.. jadinya ga sakit lagi dee..

    ReplyDelete
  7. Iya nih suka khawatir juga sama rematik secara aku sering mandi malem... tapi kenapa orang yang mandi subuh ga dibilang bisa rematik ya, padahal kan udaranya lebih dingin dari malem?

    ReplyDelete
  8. wahh mandi malem... sering banget rasanya seger. tapi ndak pake kembang :)

    ReplyDelete
  9. kalo aku sih emang jarang mandi malem. paling sekali2 aja, soalnya sering gak berani sih kalo mansi malem2. hhoho..

    ReplyDelete
  10. Aku punya saudara yang beberapa bulan lalu 'kesurupan' dan dia dibawa ke kiai (bisa dibilang paranormal).dy tuh disuruh mandi tengah malam tepat pukul 24.00!! apakah itu diperbolehkan?? *tolong donk carikan infonya*hehe

    ReplyDelete
  11. Aduh.. harus ditinggalin nihkebiasaan mandi malamku...

    ReplyDelete
  12. mantaf.. se7 mandi olahraga malam renang yg paling tepat baik renang di kolam maupun di kasur.. jiahaha... piss

    ReplyDelete
  13. mantap infonya... tp beberapa hr ni ak emang suka mandi mlm,soalnya udara di metro gi agak panas seh hehe.. doain aja biar aq ga kena rematik yach

    ReplyDelete
  14. boleh tuker link???

    Rosmana

    http://rosmana.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. terima kasih mas rezky.... salam persahabatan

    ReplyDelete
  16. saya setuju kalo mandi malam itu tidak mudah untuk kena reumatik.. namun kalo hal itu di lakukan setiap hari, berulang-ulang.. dampaknya seperti apa ya??

    ReplyDelete
  17. wahh ternyata bahaya juga ya mas klo kita keseringan mandi malem..
    waduchh harus di kurangin nie...
    soalnya saya punya kebiasan mandi malem ..

    ReplyDelete
  18. mandi malam tidak mengakibatkan rematik? syukurlah...saya suka mandi malam...kalo begitu jd sering mandi malam, he he

    ReplyDelete
  19. salam kenal,, n see my site ok… don’t forget…

    ReplyDelete
  20. hahahahah... gue juga seneng mandi malem2... soalnya panas banget kalo malem :D

    ReplyDelete
  21. Oke aku gak akan mandi malem lagi
    aku sekalian gak usah mandi
    lumayan buat menambah berat badan

    ReplyDelete
  22. wuah, mandi malam seru lho hehehehehe, kan udah dingin, jadi gak usah mandi (lho koq ??)

    ReplyDelete
  23. wedeww... gw malah gag pernah mandi pagi... malem terus, gmn nii??!??!

    sekalian mo bilang makasih ata shujan komennya :)

    ReplyDelete
  24. wah... biasanya saya paling seneng mandi jam 9...

    ok deh.. ntar coba saya kurangi kebiasaan itu

    ReplyDelete
  25. wes... untungnya saya jarang mandi, ups ketahuan deh... tap kalau mandi waktu sebelum adzan subuh gimana?

    ReplyDelete
  26. hmmm.. saya jarang mandi malam..

    ReplyDelete
  27. kalau mandi junub gimana tuh?

    menurut saya sih kalau mandi malam jangan terlalu sering, jarang-jarang aja. Tuhan menciptakan pagi dan sore untuk mandi * hehehe :) sok bijak ya saya...

    ReplyDelete
  28. dulu sering dimarahin nyokap klo mandi malem2 gara takut rematik..
    karena dah tau alasannya,, jadi sekarang bisa ngeles deh.. hehhee

    ReplyDelete
  29. hoo.. iya sih aku denger" juga katanya ga bener mandi malem itu bisa bikin rematik.. tapi yah mandinya emank harus pake air anget.. biarpun lg brasa gerah dan lembab gitu, sebaiknya emank tetep mandi air anget.. biarpun ga akan rematik, tapi khan bisa masuk angin juga kalo mandi malem" (apalagi pake air dingin)..

    waw.. renang malem" ? mau renang di mana.. haha..

    ReplyDelete
  30. balik ngunjungin aaahhh... :) twew

    ReplyDelete
  31. Kalau rematik dan encok sama gak ? Apa bedanya ?

    ReplyDelete
  32. kunjungan balik nih...

    pengalamn mandi malem..masuk angin meriang..

    heheheh

    ReplyDelete
  33. Kalau berenang itu sama saja dengan mandi malam, bedanya cuma volume air yg digunakan dengan banyaknya gerakan yg bisa dilakukan. lebih baik mandi sore sj atau berenang pagi hari.

    ReplyDelete
  34. sy juga sering mas mandi malam, dari pada tidak mandi rasanya tidak enak dan tidak seger, kalau mandi malam agak gak tenang saja mas...takut ada yang ikutan mandi...horor, jd baiknya mandi jangan malam2 biar mandinya tidak terburu-buru

    ReplyDelete
  35. Bpk.DR.SULARDI. MM beliau selaku DEPUTI BIDANG BINA PENGADAAN, KEPANGKATAN DAN PENSIUN BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk DR.SULARDI.MM Tlp; 0813-4662-6222. Siapa tau beliau mau bantu

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.