Mungkin postingan kali ini bagi beberapa di antara pembaca tidak penting, tapi maksud penulis menulis postingan kali ini adalah sekedar memberitahu tentang bahasa isyarat, mungkin bagi anda sekalian yang masih bersekolah dapat menggunakan bahasa isyarat ini untuk membantu dalam menghadapi ujian,hehehe (tidak untuk menyuruh hanya memberitahu saja). Sayang penulis sekarang bukan murid lagi, tapi sudah mahasiswa (maksudnya???) tapi bahasa isyarat ini cukup membantu untuk berkomunikasi loh, coba dah.... Dijamin bingung,,, (loh kok....),hehehe.

Bahasa isyarat adalah salah satu bahasa yang menggunakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, tanpa menggunakan suara untuk berkomunikasi. Biasanya bahasa isyarat ini digunakan oleh kaum tunarungu, biasanya dikombinasikan bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan dan tubuh, serta ekspresi untuk mengungkapkan pikiran mereka. Perlu diketahui bahwa bahasa isyarat tiap negara itu berbeda bahkan di negara yang berbahasa sama seperti Amerika Serikat dan Inggris, meskipun memiliki bahasa tertulis yang sama tapi bahasa isyaratnya berbeda (American Sign Language dan British Sign Language). Begitu juga sebaliknya, ada negara yang memiliki bahasa tertulis berbeda tapi memiliki bahasa isyarat yang sama contohnya di Inggris dan Spanyol. Di negara kita Indonesia sistem yang sekarang umum digunakan adalah Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang sama dengan bahasa isyarat America (American Sign Language).

Berikut adalah salah satu gambar abjad isyarat dari Amerika Serikat yang digunakan di Indonesia juga.



Bagaimana? Dapatkah anda sekarang mengisyaratkan nama anda? Hehe, jujur penulis butuh waktu 5 kali hapalan untuk dapat menghafal semua abjad dari A-Z. Jujur ada beberapa huruf yang beda dari yang penulis pelajari dari teman saya. Tapi yang resmi seperti dalam gambar diatas. Semoga postingan kali ini berguna dan dapat membuat anda rindu dengan blog penulis ini. Terima Kasih...

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Bahasa_isyarat