24 April 2009

Bahan Makanan "Buruk" Yang Baik untuk Tubuh

Beberapa jenis bahan makanan dianggap tak baik bagi tubuh. Padahal masing-masing juga menyimpan beragam manfaat, asal tepat caranya.

Cokelat
Selama bertahun-tahun, coklat disalahkan sebagai penyebab jerawat, migren, timbulnya keluhan menjelang haid, juga pertambahan berat badan. Padahal, meskipun mengandung 31% lemak, stearic acid (lemak utama dalam coklat) tidak meningkatkan kadar kolesterol. Bahkan, coklat mengandung polyphenol (sejenis antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran) yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Sekitar 40 gr coklat seminggu masih memberikan dampak positif, dan efek serotonin-nya dapat membangkitkan mood yang sedang turun.

Tip: Hindari coklat dengan tambahan karamel, kacang-kacangan, atau sumber lemak lainnya. Sebaiknya memilih dark chocolate yang mengandung lebih sedikit lemak.

Keju
Beberapa jenis keju memang mengandung banyak lemak, tak heran jika keju dianggap menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Namun, keju pun memiliki sejumlah manfaat. Selain tinggi protein dan kalsium untuk tulang, keju juga mengandung asam linoleat, sejenis lemak ‘baik’ yang menurunkan risiko kanker, diabetes dan penyakit jantung. Lemak ini juga menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh, bahkan mengurangi keluhan menjelang haid.
keju

Tip: Keju rendah lemak masih mengandung 1 gr lemak, dan karena rasanya kurang lezat, Anda akan cenderung makan lebih banyak. Pilihlah keju kambing yang mengandung 24 kalori dalam setiap 30 gr. Jumlah ini kurang dari seperlima kalori yang terdapat dalam keju cheddar. Atau cobalah keju bercita rasa kuat seperti feta, blue cheese, atau parmesan. Dengan rasa yang lebih kuat, Anda akan cenderung makan lebih sedikit.

Telur
Kuning telur merupakan salah satu sumber kolesterol, tapi hanya lemak jenuh dari produk susu, daging dan kue-kue kering yang berdampak besar terhadap meningkatnya kadar kolesterol. Sebutir telur mengandung kurang dari 5 gr lemak serta senyawa lutein yang melindungi fungsi mata. Sementara putih telur mengandung sulfur yang bermanfaat sebagai antioksidan dan magnesium untuk fungsi otot dan saraf.

Beberapa jenis telur bahkan diperkaya oleh asam lemak omega 3 yang penting untuk jantung. Penelitian menunjukkan bahwa sebutir telur sehari merupakan diet yang sehat. Tapi jika Anda merokok, memiliki gangguan jantung, banyak mengonsumsi lemak dan memiliki pola hidup yang tidak tetap, batasi konsumsi telur sebanyak 3 butir per minggu.

Tip: Anda dapat menikmati sebutir telur setiap hari, namun perhatikan cara mengolahnya. Telur rebus dan kukus memiliki kalori yang lebih rendah. Atau jika membuat telur dadar, hindari bagian kuningnya yang menyimpan banyak lemak.

Kopi
Sebuah penelitian menyatakan bahwa kopi meningkatkan tekanan darah namun tidak meningkatkan risiko hipertensi. Penelitian lain menemukan bahwa biji kopi mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Bahkan dalam Physiology and Behavior, peneliti melaporkan bahwa orang yang minum kopi di pagi hari lebih mudah mempelajari informasi baru.

Kafein meningkatkan kecepatan pemrosesan informasi hingga 10% dan secangkir kopi setelah makan siang dapat mengurangi keinginan mengonsumsi camilan setelah makan. Karena konsumsi kafein dapat meningkatkan kecepatan metabolisme dan pemecahan lemak, Anda juga terhindar dari kelebihan berat badan.

Tip: Batasi konsumsi kopi 2-3 cangkir sehari dan hindari tambahan yang berlebihan seperti whipped cream dan gula yang dapat menambah kalorinya hingga 300 kalori per cangkir.

Seafood

Secara umum seafood merupakan makanan rendah lemak dan kaya protein rendah kalori. Berdasarkan piramida diet sehat, ikan dan seafood dapat dikonsumsi hingga 2 kali per minggu, masing-masing dengan ukuran: 5 udang besar dan 2 cumi-cumi.
Asam lemak omega 3-nya mengurangi risiko penyakit jantung dan memperpanjang usia setelah serangan jantung. Seafood mengandung sedikit sodium dan kaya yodium untuk menghindari gangguan pada kelenjar tiroid.

Tips: Penderita hipertensi perlu mencermati total asupan lemak jenuh dan kolesterol. Sebaiknya tidak mengonsumsi udang besar setiap hari.

Daging

Merupakan sumber protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, daging juga sumber zat besi yang penting untuk pembentukan berbagai mineral. Selain itu, daging juga mengandung berbagai zat gizi seperti zinc yang penting untuk penyembuhan luka dan vitamin B 12 untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Banyak yang mengkhawatirkan kandungan lemak yang terdapat dalam daging merah, namun separuh lemak dalam daging merupakan lemak tak jenuh (lemak yang ramah pada jantung seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun).

Tip: Saat memasak, buang semua lemak yang terlihat dan pilihlah cara pengolahan yang rendah lemak, misalnya dipanggang atau dimasak dengan sedikit air.

Source : http://www.conectique.com/tips_solution/diet_nutrition/nutrition/article.php?article_id=7263

Nb : Maaf saya tidak mengedit artikel ini karena gak sempat, mohon maklum, semoga tipsnya bermanfaat

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

25 Responses to "Bahan Makanan "Buruk" Yang Baik untuk Tubuh"

  1. ki gimana caranya promosi blog dunk... trus maksud blogrool gimana? aku masih baru2 belajar buat blog n pengen taw banyak langkah2 apa aja yg harus dilalui?.... tlng infonya dunk.... aku awal... ne blog aku.. thaks yah... http://awalsponsor.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. bagus tuh artikel tentang bhan makanan... klo kau dulu c waktu fitnes sedikit menjauhin kuning telur.... banyak lemak nya. lko pun aku makan tapi sediki... setidaknya 3 putih telur da 1 kuning telur yg aku ambil... thank infonya

    ReplyDelete
  3. wah wah wah... bener bener... thanks infonya, gw doyan bgt KOpi ma Coklat ^_^

    ReplyDelete
  4. Wah tipnya OK-OK dan layak untuk dicoba cos setengahnya kesukaan saya semua .... :)

    ReplyDelete
  5. infonya bagus untuk aq yg suka pemakan sgala. hohohoho... (kalah donk sumanto)

    ReplyDelete
  6. hanya telur yang masuk perutku
    yang kayak kopi coklat ngak pernah

    ReplyDelete
  7. Aku suka coklat, keju dan telur...

    ReplyDelete
  8. dari semuanya , aq prefer coffe...fans berat mocca coffe..

    ReplyDelete
  9. waduh..itu semua makanan favorit aku, kalo semuanya dilarang, jadinya cuma bisa makan sayur, buah, roti, tempe-tahu sama kerupuk doang dong??

    ReplyDelete
  10. wew.. infonya bagus. semua favorite kecuali daging! thanks ya infonya, cuma klo ky coffiemix gimana ya batasannya...??

    ReplyDelete
  11. yang penting makanan itu kita makan sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan

    ReplyDelete
  12. yummmyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy..........!!!

    ReplyDelete
  13. haem haem
    wuenak temen
    salam kenal sob

    ReplyDelete
  14. rezki aku kok gak bisa masuk blog aku yah? gak bisa view blog... tolong bantuannya

    ada pesan bX-r1ezpk means what?

    knapa yah

    ReplyDelete
  15. Bener tuh, aku kalo minum kopi jadi jreeng banget loh...

    ReplyDelete
  16. wow... padahal semua makanan itu rasanya maknyus lho...

    sekali2 ga apa kan..?!

    ReplyDelete
  17. jago masak ya masss..... boleh juga tips nya.

    ReplyDelete
  18. kalau terkadang sy sampe 5 gelas.. baik ngga yach

    ReplyDelete
  19. duch padahal bunda suka semuanya tuchhh

    ReplyDelete
  20. hwaduh kalo yg lain sih gpp deh pantang... kecuali... KOPI. saya kalo nggak minum kopi kepala cenut2 engga nyetun gitu sepanjang hari hehehe.
    Nice info gan..

    ReplyDelete
  21. Wah aQ bgt ne info. Thanks buat Kyra

    ReplyDelete
  22. Hi SaLaM KeNaL,
    kalau saya ga terlalu suka coklat, ga suka keju, cuman suka telur dadar, tapi suka BANGET buah-buahan :-)

    ReplyDelete
  23. okey,, yang buruk tapi bermanfaat,,, efek sampingnya gimana??

    ReplyDelete
  24. Ass, mohon maaf numpang promo yaa
    Koleksi baju muslim dengan diskon menarik
    http://nahlafashionshop.blogspot.com/
    Terimakasih

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.