29 August 2008

William James Sidis


Siapakah William James Sidis? Peramal, Pengusaha, atau Ilmuwan?. Mungkin anda sudah merasa penasaran tentang siapa sih si William James Sidis ini, ya Sidis adalah salah satu manusia yang termasuk paling pintar yang pernah ada di bumi ini . Tapi pasti anda tidak tahu kan (bagi yang gak tau pasti gak taulah), ya karena Pria dengan IQ antara 250 - 300 ini tidak banyak digembar gemborkan seperti ilmuwan lain.

Kepintaran William James Sidis sudah terlihat sejak masih kecil. Pria yang lahir tanggal 1 April 1898 di New York ini pada usia 8 bulan sudah bisa menggunakan sendok sendiri (waduh kehebatannya udah keliatan neh, aku aja umur berapa ya baru bisa makan sendiri, biasanya sih disuapin tapi dulu [kok ceritanya curhat gini], dan pada umur 1 tahun 6 bulan ini sudah bisa membaca New York Times (buset dah umur segini aja udah bisa baca kayak gini, makan apa ya???). Dan pada umur 8 tahun sudah dapat berbahasa 8 bahasa (Latin, Yunani, Prancis, Jerman, Yahudi, Turki dan Armenian). Pada usia ini juga namanya menjadi langganan headline surat kabar, dan Sidis juga menulis beberapa buku tentang anatomi dan astronomi.

Timbul pertanyaan kenapa Sidis pada usia segitu sudah bisa segala hal ini , ya Sidis dapat berbahasa dan lainnya yaitu berkat sang Ayah Boris Sidis yang seorang Psikolog berdarah Yahudi. Boris ini adalah salah seorang lulusan Harvard dan juga murid dari William James (yang namanya dijadikan nama Sidis). Boris ini menjadikan anaknya sebagai contoh untuk sebuah model pendidikan baru sekaligus juga menyangkal sistem pendidikan konvensional yang dianggapnya telah menjadi biang keladi kejahatan, kriminalitas dan penyakit. Itu ayahnya, lain dengan Ibunya Sarah Mandelbaum Sidis yang terbunuh sekitar tahun 1889. Sarah merupakan Mahasiswi dari Universitas Boston dan lulus di School of Medicine tahun 1897 dan melanjutkan dengan belajar psikologi disana juga .

Pada usia 9 tahun Ayahnya mendaftarkan Sidis ke Universitas Harvard, tapi ditolak oleh pihak universitas karena tidak ada seorang calon mahasiswa yang mendaftar pada usia seperti itu. Tapi karena kejeniusan si Sidis pada tahun 1909 atau waktu berumur 11 tahun dia diberikan penghargaan oleh Universitas untuk mengikuti perkuliahan disana, pada usia ini juga Sidis membuat rekor sebagai orang termuda yang mendaftar di Universitas tersebut. Kemudian Hardvard pun terpesona oleh Sidis yang memberikan ceramah tentang four dimensional bodies di klub matematika disana dan terlebih lagi dia bisa 200 bahasa yang ada di dunia. Dia juga dapat dengan lancar mengalihbahasakan sebuah buku atau tulisan dengan bahasa lain. Sidis juga dalam jangka waktu satu hari dapat mempelajari bahasa baru dengan sangat baik. Profesor Daniel F dari MIT memperkirakan bahwa Sidis akan menjadi ahli matematika di masa yang akan datang. Sidis baru ikut mengikuti kuliah penuh pada tahun 1910 dan belajar tentang Derajat Bachelor of Arts, dan cumlaude pada tahun 18 Juni 1914 di umur 16 taun. Setelah ia lulus, dia memberitahukan kepada reporter bahwa dia ingin hidup bebas, meskipun itu berarti hidup dalam pengasingan. Reporter itu berasal dari Harian Boston Herald, dalam harian itu mempublikasikan bahwa janji Sidis untuk tidak menikah, tetapi akhirnya dia bertemu dengan wanita muda yang bernama Martha Foley dan kagum dengan wanita ini. Setelah itu dia mendaftar lagi di Graduate School of Arts and Sciences. Setelah belajar disana ada sekelompok murid yang sempat mengancamnya, sehingga membuat orang tuanya mengamankannya dan diberikan pekerjaan di Institut William Marsh Rice untuk memperdalam kelimuannya ini yang bertempat di Houston, Texas sebagai asisten dosen matematika. Dia mendaftar disana pada umur 17 tahun pada desember 1915. Setelah itu dia mengejar untuk gelar doktornya. Sidis mengajar 3 kelas Euclidean geometri, non-Euclidean geometri, dan trigonometri (dia menulis buku Euclidean Geometri dalam bahasa Yunani). Selama kurang lebih setahun, dia frustasi dengan universitas, pengajarannya dan juga perlakuan yang diberikan dari kakak kelasnya. Akhirnya dia keluar dan kembali ke Inggris. Sewaktu sebelum keluar, temannya sempat bertanya kepada Sidis mengapa dia keluar dari sana, Sidis menjawab 'Aku tidak tau kenapa mereka memberiku pekerjaan ini dan menempatkanku sebagai orang spesial, aku sebenarnya tidak layak sebagai dosen. Aku sebenarnya tidak keluar, aku hanya ingin pergi'. Akhirnya dia mendaftar lagi ke Harvard Law School pada September 1916 tapi dia keluar pada akhir Maret 1919.

Tahun 1919, setelah dia keluar dari Harvard Law School, Sidis ditangkap oleh Sosialis May Day di Boston karena terlibat perkelahian. Dia di kurung selama 18 bulan di Sedition Act tahun 1918 karena kekacauan yang dibuatnya. Penangkapan Sidis menjadi headline di koran - koran, waktu di penjara dia menyatakan bahwa dia sungguh - sungguh mengutuk Perang Dunia Pertama dan dia tidak percaya kepada tuhan dan juga dia merupakan sorang sosialis (meskipun nantinya dia mengembangkan filosofi buatannya sendiri yaitu "libertarianism" yang berasal dari pendapat sendiri dan merupakan kelanjutan dari kesosialan amerika. Ayahnya membuat rencana dengan seorang pengacara untuk mengeluarkan Sidis dari penjara. Akhirnya setelah keluar keluarganya membawa Sidis ke Sanitorium untuk sedikit memperbaiki diri Sidis dan mengancam jika Sidis tidak menurut maka akan dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Setelah berhasil kembali ke East Coast tahun 1921, Sidis memutuskan untuk hidup bebas dan terasing, dan juga hanya membuat mesin - mesin untuk kerjanya. Dia bekerja di New York dan jauh dari keluarganya. Dia membutuhkan beberapa tahun sebelum akhirnya kembali ke Massachusetts dan juga nantinya ditangkap setelah setahun kemudian. Dia menghabiskan waktu untuk hobinya yaitu mengoleksi karcis trem, menerbitkan majalah dan mengajar kelompok kecil dari temannya tentang sejarah amerika.
Tahun 1944, Sidis memenangkan penghargaan dari The New Yorker dari artikel tentang dirinya tahun 1937, meskipun terdapat banyak pernyataan yang salah. Setelah artikel dengan judul "Where Are They Now?", Sidis juga menulis dengan nama samaran yang menceritakan tentang kehidupannya yang terasing , dengan judul "hall bedroom in Boston's shabby South End".

Orang - orang kemudian menulis bahwa kehidupan Sidis tidak bahagia. Popularitas dan kehebatannya pada bidang matematika membuatnya tersiksa. Sidis meninggal umur 46 di Boston pada tahun 1944 karena pendarahan di otaknya, Ayahnya juga mati karena penyakit yang sama umur 56 pada tahun 1923. Pada akhir hayatnya Sidis menyadari bahwa dirinya adalah hasil dari sebuah percobaan dari sang Ayah yang membuatnya mengasingkan diri ini. Sayangnya kesadaran memang sering datang belakangan.

Ya memang sangat mengharukan usaha Sidis untuk menjadi diri sendiri, tidak sebagai percobaan dari sang ayah. Mulai dari media pers dan publik yang menjadikan Sidis berita. Sehingga dia tidak punya privasi dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir karena penyakit. Semoga setelah membaca artikel ini anda mendapat hikmah dari cerita tentang orang terpintar yang kepintarannya mengalahkan ilmuwan seperti Einstein, Da Vinci dan Stuart Mills ini. Terima kasih sudah membaca ya! Hehe

Sumber : Antara dan Wikipedia

24 August 2008

Jadwal Lebaran dan Undangan Barbeque di Akhir Pekan

Selamat pagi, di hari minggu yang cerah ini melanjutkan postingan yang kemaren,hehe. Kemarin sudah tentang misteri dan hal - hal yang aneh - aneh. Supaya gak bosen, ini waktunya postingan lucu - lucu,hehe. Kemariin aku baru dapat e-mail dari sodaraku, isinya sih lumayan cukup lucu.
1. Yang pertama ini mengenai Jadwal Idul Fitri yang pasti paling tepat.

2. Yang kedua ini undangan barbeque akhir pekan ini. Ikut ya!!

Bisa di unduh gratis, mohon komentarnya!hehe

22 August 2008

Apakah Dulu Manusia Benar-Benar Mendarat Di Bulan?

Pernah dengan nama Niel Amstrong, Buzz Aldrin dan Michael Collins? Ya mereka adalah manusia - manusia pertama yang menjejakkan kaki di bulan, bagi anda yang belum tau silahkan browsing tentang mereka (loh kok malah nyuruh gene, hehe). Tapi tidakkah anda pernah berpikir bahwa apa mereka ini benar - benar menjejakkan kakinya di Bulan??? Ya hampir tiga dekade terjadi perseteruan tentang kebenaran pihak NASA dalam mengirimkan astronotnya di Bulan ini. Ada yang percaya kalau para astronot ini benar - benar menjejakkan kaki di bulan tapi ada juga yang tidak percaya tentang peristiwa ini. Sebab mereka tidak percaya adalah sebagai berikut (tarik mang,,hehe) pada saat itu tahun 1969 teknologi masih belum cukup untuk melakukan perjalanan ini, dan juga pada tahun itu juga perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika masih belum selesai. Mereka berpendapat bahwa Amerika melakukan kecurangan dengan melakukan invasi besar pendaratan di bulan agar memenangkan perang dingin. Dan juga ada satu fakta penting bahwa Uni Soviet berhasil mengorbitkan Vostok 1 bersama sang Yuri Gagarin astronot yang berhasil melakukan perjalanan ruang angkasa.

Ya berikut saya akan menampilkan sejumlah foto pendaratan di bulan oleh NASA, jujur saya juga ragu setelah melihat foto - foto ini, karena sangat - sangat aneh. Mengapa saya bilang aneh?? Mau tau, nanti saya jelaskan (sabar - sabar ya, hehe).


1.

Dalam gambar ini memperlihatkan bahwa seorang astronot berada di dekat sebuah bendera amerika yang ditancapkan di bulan. Menurut anda apa yang paling aneh dari gambar tersebut. Ya di langit di belakang astronot tidak tampak ada bintang, padahal karena keadaan di bulan agak gelap maka pasti bintang dapat terlihat, tapi yang diperlihatkan gambar ini tidak ada satu bintang pun yang terlihat. Tapi sebenarnya kejadian ini tidak aneh, mengapa? Karena pada saat itu tidak ada satu kamerapun yang bisa menangkap dua obyek secara bersamaan dengan tingkat terang yang sangat berbeda, yaitu yang satu sangat terang sekali (pakaian astronot yang terkena cahaya matahari) dan yang satu sangat redup sekali (bintang). Logikanya begini, jika anda berada di depat sebuah senter besar yang menghadap ke anda, maka anda tidak akan dapat melihat benda redup atau senter kecil di sekitar anda, terlebih lagi di luar angkasa ada matahari yang sangat terang.

2.
Dalam gambar ini memperlihatkan seorang astronot yang berada di permukaan bulan. Yang aneh adalah mengapa bayangan si astronot itu tidak paralel? Semestinya kan kalau seseorang berada di bawah sumber cahaya dan sumber cahaya ini tidak sejajar dengan kita, otomatis bayangan akan paralel. Sebenarnya ini masuk akal, mengapa? Karena astronot ini disinari oleh satu sumber cahaya atau matahari, jarak matahari juga sangat jauh dan juga permukaan bulan tidak rata. Bayangan akan paralel jika permukaan suatu bidang itu rata.

3.
Dalam gambar ini memperlihatkan sebuah bendera berkibar di sebelah seorang astronot. Sekarang yang kita perhatikan adalah bendera ini. Yang aneh pada gambar ini adalah bendera amerika dapat berkibar, mengapa bisa bendera ini berkibar di tempat yang hampa udara seperti di bulan. Otomatis jika hampa udara maka tidak akan ada angin yang tercipta. Tapi sebenarnya bendera itu berkibar tidak selalu dengan angin. Setidaknya di luar angkasa hal inilah yang terjadi. Sebenarnya bendera ini lebih tepat disebut bergetar karena permukaan bulan yang keras sehinggal penancapan bendera ini sulit, sehingga para astronot harus memutar tiang tersebut maju mundur agar bisa menancap. Sebenarnya getaran bendera ini tidak akan berhenti karena tidak ada gaya luar yang menghentikannya, berbeda dengan di bumi bendera akan diperlambat oleh udara, sedangkan di bulan tidak ada udara.


Ya sementara ini hanya beberapa foto ini yang dapat saya jelaskan, Tapi ya saya sedikit percaya bahwa terjadi pendaratan di bulan meski agak sangsi tapi orang aku aja yang pernah ke mars aja diem (bletak,,hehehe mav cuma becanda jangan pada nimpuk lagi ya,hehe). Sekarang bagaimana dengan pendapat anda?

17 August 2008

Siapakah Sebenarnya Penemu Telepon Pertama Kali?



Minggu pagi yang cerah, hari minggu ini mungkin merupakan hari minggu yang paling ditunggu pada bulan agustus ini. Ya selain pada hari minggu ini bertepatan dengan hari kemerdekaan indonesia yakni tanggal 17 Agustus, hari ini juga merupakan hari kebebasanku karena Semester Pendek udah ku lalui dengan pusing, hehe. Maklum aku nge SP Dasar Konversi Energi dan Kalkulus. Hehe, kita langsung ke topik hari ini ya, hehe.
Mungkin semua tau penemu telepon pertama kali? Ya pasti semua menjawab Alexander Graham Bell. Ato kalau belum tau, saya harap anda kembali ke SD lagi,,heheh Becanda2. Ya memang dalam buku pelajaran sekolah penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Tapi tahukan anda bahwa Alexander Graham Bell bukanlah orang pertama yang menemukan telepon!! Loh - loh kok bisa?????
Begini ceritanya (terlalu berlebihan ya, hehe). Sebenarnya Alexander Graham Bell adalah penjahat. Kenapa kok dibilang begitu, karena sebenarnya Alexander Graham Bell mengambil atau mencuri dokumen yang sudah di hak paten dari pesaingnya dalam penemuan telepon yaitu Antonio Meucci. Dalam buku yang berjudul "The Telephone Gambit: Chasing Alexander Graham Bell's Secret" yang ditulis oleh Seth Sulman juga menjelaskan tentang tindakan yang dilakukan oleh Bell (bukan gembel loh, Alexander Graham Bell maksudnya, selanjutnya akan ku singkat dengan Bell ok) ini. Menurut Seth Sulman dia yakin bahwa dokumen dari Bell yang sempat ditahan oleh keluarganya tahun 1976 telah di perbanyak tahun 1999 kemarin. Dalam dokumen laboratorium ini menjelaskan bahwa Bell dan Thomas Watson melakukan percobaan yang salah yaitu mencoba mentransmisikan gelombang elektromagnetik melalui kabel. Bell dan Thomas sempat melakukan uji coba selama 12 hari, sebelum dia pergi untuk menanyakan hak patennya di Washington. Dalam penemuannya dikatakan bahwa dia berhasil melakukan transmitter suara. Setelah keberhasilannya itu, Bell pun membuat sketsa diagram penemuannya ini. Sketsa diagram milik Bell ternyata sama persis dengan sketsa diagram milik Antonio Meucci, padahal Antonio Meucci lebih dulu menghak ciptakan karyanya ini. Dalam pendemonstrasiannya juga Bell sempat kikuk dalam memperagakan ciptaannya dibanding dengan milik Gray. Bell sempat ditantang untuk melakukan sidang pada tahun 1878 untuk membuktikan temuannya tersebut tetapi Bell malah membuat nama telepon dari namanya. Ya pada saat itu Meucci sebenarnya sudah menemukan telepon pada tahun 1849, dan tahun 1871 dia menghak patenkan temuannya itu. Tetapi dia hanya mematenkan selama satu tahun, mengapa? Karena Meucci mengalami kesulitan keuangan. Sempat juga dia memprotes si Bell, tetapi kalah. Ya bisa dibilang karena masalah uang. Dalam buku ini juga Bell juga diklaim sebagai pengacara yang ambisius dan berpengalaman mengorup hak paten orang lain. Nah pada kongres pada tahun 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menciptakan telepon pertama kali, bukan Bell. Antonio Meucci adalah ilmuwan italia yang menciptakan telepon pertama kali sedangkan Bell membuat telepon pertama kali di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876.



Yah beginilah ceritanya, repot juga sih kalo masalah hak cipta. Kita liat gak usah jauh - jauh di Indonesia tercinta kita ini, macam mana Hak Cipta karya - karya anak bangsanya. Ya, banyak sekali, malah sangat banyak sekali pembajakan. Pesan saya, marilah kita dukung pembuat karya seni atau karya - karya yang lain dan jangan membajak kaset,cd atau karya orang ok. Yang boleh mah bantu pak tani membajak sawah..hehe

9 August 2008

Binatang & Makhluk Dalam Legenda Dunia

Selamat pagi, selamat pagi, dihari sabtu pagi yang cerah ini posting baru. Gak tau kenapa kok sekarang lagi mood buat posting yang aneh2,hehe mungkin lagi gila fase ke dua neh.hehehe
Kemaren lusa kalo gak salah waktu nyasar di salah satu warnet di kota jember ketemu bahan bagus nih dari salah satu forum, dari forum Indomp3z. Ceritanya tentang binatang atau makhluk yang ada dalam legenda di dunia gitu. Ok dimulai ya postingannya (perasaan dari tadi udah mulai,hehe)

1. Werewolves

Kalau sama yang ini sih lumayan tau, soalnya dulu waktu kecil suka digimon n ada digimon yang namanya were garurumon (perubahannya gabumon jadi serigala gt). Tapi kalo dilihat dari ceritanya Werewolves itu adalah seorang manusia yang punya kemampuan untuk berubah bentuk menjadi hewan, tepatnya berbentuk serigala. Manusia ini dapat berubah menjadi Werewolves bisa atas keinginan sendiri atau karena dorongan dari luar, seperti kalau di film-film juga yaitu pada saat bulan purnama. Sebab - sebab manusia menjadi Werewolves adalah terkena gigitan dari Werewolves lain atau keturunan (anak dari werewolves). Keistimewaan dari Werewolves menurut ceritanya ialah mereka memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak dapat menjadi tua (bukan tidak dapat mati loh). Mereka dapat dibunuh dengan cara ditusuk jantung atau otaknya.


2. Loch Ness

Ya yang kedua adalah Si Nessy, biarpun sekarang sudah terbongkar kalau makhluk ini tidak ada tetapi ada legendanya juga. Lochness sebenarnya adalah hewan dari jaman dinosaurus yang berhasil bertahan hidup dari ledakan meteor dan masih hidup. Nessy ditemukan pertama kali pada tahun 1930, menurut perkiraan Nessy memiliki panjang tubuh 45 kaki dengan kulit kasar dan berwarna coklat gelap. Penduduk setempat percaya kalau Nessy adalah plesiosaurus.


3. Yeti

Eit2, bukan nama orang loh ya, bukan yang nyanyi dangdut juga,hehe. Yeti atau biasa disebut Manusia Salju Liar merupakan legenda di daerah Himalaya. Sampai sekarang banyak cerita bahwa banyak orang hilang di daerah pegunungan Himalaya karena diculik Yeti. Foto diatas adalah hasil jepretan N. A. Tombazzi yang diambil tahun 1925, dia berkata bahwa melihat hewan besar mirip manusia dari Sikkim. Meskipun banyak yang telah melaporkan melihat Yeti, tapi sampai sekarang tidak ada bukti yang menunjukkan keberadaan mereka. Daerah tempat terlihatnya Yeti sangat curam dan landai sehingga sulit diadakan investigasi.

4. Bigfoot

Berbeda dengan Yeti, Bigfoot muncul di daerah Kanada dan Amerika Utara pada abad 19-an. Cirinya adalah jejak kaki yang diperkirakan beratnya mencapai 400 kg, berbadan sangat besar, badannya dipenuhi dengan bulu - bulu. Kalau di daerah Amerika Utara Bigfoot dikenal dengan nama Sasquatch, di Tibet dan Nepal disebut Yeti, di Cina namanya Yeren dan di Australia disebut Yowie.

5. Harpies

Dalam mitologi yunani diceritakan bahwa Harpy adalah hewan bersayap yang mempunyai tubuh seperti burung elang dan berkepala wanita. Dalam legenda disebutkan Harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa - desa yang dilewatinya.


6. Griffin

Dalam legenda Griffin adalah hewan legenda dengan sayap seekor elang dan kaki seekor singa. Griffin juga dipercaya sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo dan juga merupakan hewan penjaga matahari.


7. Dracula

Ya kalau yang satu ini sering dibuat filmnya, contohnya Blade,hehe. Dracula adalah tokoh yang dipopulerkan oleh Bram Stoker. Dalam legendanya Dracula adalah sejenis vampir yang suka menggoda dan menghisap darah gadis muda yang cantik (kok milih - milih, kayaknya Draculanya laki neh,(ya pastilah)hehe). Dracula dipercaya lahir di abad ke 15-an di Rumania, dan kastilnya di Bucharest utara pegunungan Carpathian.


8. Dragon

Dragon atau kita sering bilang naga adalah hewan yang besar, berbentuk reptil, biasanya memiliki kepala lebih dari satu dan dapat menghembuskan nafas api. Dalam legendanya naga dapat dikalahkan dengan musik. Dalam beberapa suku naga disebut juga sebagai dewa.


9. Scylla

Dalam legenda yunani Scylla adalah seekor makhluk yang berkepala 6 dan mempunyai kaki 12. Dipercaya bahwa Scylla adalah jelmaah dari seorang penyihir air yang dirubah menjadi monster oleh Circe. Setelah dirubah menjadi monster, dia menghabiskan hidupnya dengan membalas dendam kepada pelaut yang lewat di laut.


10. Unicorn

Kuda bertanduk atau yang biasa disebut Unicorn dipercaya sebagai simbol kesucian dan hubungan spiritual. Dalam ceritanya Unicorn memiliki tubuh yang sangat besar dan lebih besar dari kuda biasanya.


11. Troll

Troll berasal dari legenda di daerah Scandinavia. Disebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup di dalam goa di pegunungan. Pada malam hari mereka keluar dan menculik wanita dan anak - anak. Disebutkan juga Troll ada dua macam yaitu Giant yang berukuran raksasa dan Dwarf yang berukuran kecil.


12. Phoenix

Dalam legenda Phoenix adalah burung yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api. Disebutkan juga Phoenix berasal dari matahari.


13. Pegasus

Pegasus adalah seekor kuda yang mempunyai sayap putih lebar. Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan chimera.


14. Cerberus

Dalam mitor Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu ke Hades. Disebutkan juga Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna. Dan dikatakan juga bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia Hades.

15. Elf


Elf adalah makhluk yang lahir dari mitologi jerman. Elf biasanya berwujud manusia yang sangat kecil dan biasanya mempunyai tugas sebagai dewa kesuburan, biasanya dalam penggambarannya Elf adalah seorang pria muda atau wanita muda yang sangat cantik yang tinggal di hutan dan bawah tanah. Mereka digambarkan dengan keistimewaan yaitu hidup abadi dan kekuatan sihir.


16. Ogre


Ogre biasanya digambarkan sebagai raksasa, jahat dan seperti monster. Kita biasanya menemui cerita tentang Ogre di dongeng dan cerita rakyat. Jika dalam dunia seni Ogre digambarkan dengan kepala yang besar, berambut dan berjenggot panjang, rakus, dan mempunyai badan yang kuat. Dan dalam ceritanya juga mereka sering mengganggu manusia.