3 April 2008

Tips Membeli Laptop Bekas

Membeli laptop bekas bisa jadi pilihan menarik. Misalnya, Anda ingin menghemat uang atau sekedar membelikan laptop bagi anak agar melek komputer. Apapun alasannya, berikut beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas seperti dikutip dari Blaptops:

1. Perhatikan Seksama Fisik Laptop

Casis
Kondisi dari casis laptop mengindikasikan apakah laptop bekas dirawat dengan baik. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga Anda tak menyesal di kemudian hari karena tak cermat mengamati kerusakan yang terjadi.

Layar Laptop
Layar LCD laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik.

Keyboard dan Touchpad
Pastikan keyboard dan touchpad laptop masih berfungsi baik. Hal ini karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya di desktop.

2. Perhatikan Seksama Komponen Dalam Laptop

Prosesor
Untuk saat ini, sebaiknya Anda membeli laptop bekas berprossesor minimal Pentium III. Prosesor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik.

Memori
Memori RAM biasanya berharga murah saat ini. Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512 Mb.

Kapasitas Harddisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data.

Baterai
Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, Anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.

3. Tanyai Diri Anda

Tanyakan pada diri Anda apakah sudah mantap membeli laptop bekas. Apakah laptop bekas tersebut kira-kira bisa bertahan cukup lama atau apakah tidak sebaiknya Anda menunggu waktu untuk membeli yang baru? Ingat, harga laptop baru makin menurun seiring perkembangan teknologi. Namun jika Anda sudah mantap membeli laptop bekas dengan mempertimbangkan berbagai untung rugi, lakukan saja.

Sumber: Detikinet

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

2 Responses to "Tips Membeli Laptop Bekas"

  1. karena keinginan ki utk belajar komputer sangat kuat, makanya ki beli laptop mahal2, tapi agak nyesel juga coz terlalu mahal >_<, keputusan yg salah juga seh, demo....dari hal ini ki belajar banyak dari kom, semua fitur2 baru n exc...padahal ga begitu paham kom...
    senangnya main2 dengan kom baru, hehe

    ReplyDelete
  2. @akina
    pengen,,,q ja gak punya laptop

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.