10 April 2008

Telepon Umum Koin? Warnet Koin Aja Deh!


Bangkok - Di Indonesia, fasilitas telepon umum koin sudah jadi hal biasa, bahkan kian meredup semenjak bombastisya perkembangan ponsel. Nah, bagaimana dengan fasilitas warnet koin?

Di Indonesia mungkin belum terlihat adanya warnet koin, tetapi fasilitas ini dapat kita jumpai di Thailand. Di sepanjang area Bandara Internasional Bangkok -Suvarnabhumi- kehadiran warnet koin sangat mudah kita jumpai. Alat ini seolah menjadi pemanis bandara yang megah ini.

Untuk mengaksesnya pengguna hanya butuh memasukkan koin 1 Bath (mata Uang Thailand) untuk bisa nge-net selama 2 menit. Jika merujuk nilai tukar 1 Bath = Rp 288, dengan demikian untuk satu jam pengunaan bisa menghabiskan tak lebih dari Rp 9000.

Warnet koin ini dilengkapi dengan webcam, layar sentuh, keyboard, mouse dan gagang telepon. Pasalnya, selain untuk berinternet ria, alat ini juga bisa menjadi telepon umum, termasuk untuk melakukan panggilan internasional.

Untuk biaya telepon dengan alat ini tergantung dari nomor tujuan yang dikehendaki. Sementara untuk pembayaran panggilan telepon bisa melalui ToT Card, Visa dan MasterCard.

Bagi para turis, alat ini kerap digunakan sebagai sarana mencari informasi secara gratis. Seperti informasi terkait alat transportasi, kantor polisi, sarana kesehatan, peta wilayah hingga pelayanan Bank yang terdapat di Negeri Gajah Putih. Di Indonesia, sudah perlu belum ya?

Keterangan foto: Turis asing sedang memanfaatkan fasilitas warnet koin (atas), perbandingan antara warnet koin di sebelah kiri dan telepon umum koin di kanan (bawah). Fotografer: ash/inet.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Telepon Umum Koin? Warnet Koin Aja Deh!"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.