12 April 2008

Robot-Robot Buatan Jepang Pembantu Kerja Manusia


Teman Bermain anak di Mal
Di Jepang, robot dibuat tidak hanya untuk industri dan hiburan. Namun, juga untuk membantu kerja manusia. Terutama para manula yang sudah tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Termasuk, robot Babysitter dan Apipoko berikut.
--------

Robot Babysitter
Pusat perbelanjaan dan tempat pertokoan identik dengan keramaian. Padatnya pengunjung terkadang mengurangi kenyamanan berbelanja. Belum lagi kalau kita membawa adik. Bukan malah menemani, dia bisa jadi merepotkan. Seharusnya, ada satu orang khusus yang mendampingi dan merawat.

Fungsi itulah yang digantikan robot Babysitter buatan Tmsuk, perusahaan robot asal Jepang. Robot tersebut telah diaplikasikan di salah satu pertokoan di Fukuoka, Jepang. Bentuk fisiknya yang lucu sangat menarik perhatian anak-anak. Robot pengasuh anak itu memiliki postur setinggi 1,4 meter.

Seperti namanya, Babysitter, kerja robot tersebut tentu melayani anak-anak saat di pusat pertokoan. Dia mampu berinteraksi dan mengenali apa yang diinginkan anak-anak. Caranya sangatlah mudah. Sang anak harus mengenakan emblem khusus pada bajunya.

Hal itu dilakukan agar robot bisa membaca nama dan usia anak yang terisi pada emblem. Karena sudah kenal, nanti robot dapat menjawab pertanyaan ataupun komentar sang anak. Selain kemampuan berkomunikasi, kelebihan visualisasi juga diberikan.

Robot itu dapat menampilkan suatu tulisan ataupun gambar pada display di dadanya. Kemampuan tersebut didukung dengan adanya sensor kamera di bagian mata. Rencananya, Tmsuk akan mengembangkan fungsi kerja robot tersebut.

Misalnya, memandu pengunjung toko memilih barang dan memasukkan ke dalam keranjang. Bisa jadi robot tersebut dipakai untuk membantu aktivitas di rumah.

Compatible sebagai Remote Perabot Elektronik Apa pun
Memiliki asisten pribadi memang mengasyikkan. Kita bisa dimanjakan dengan berbagai pelayanan kebutuhan. Di Jepang, robot sudah melakukan tugas itu. Salah satunya ApriPoko. Robot yang dibuat Toshiba tersebut bisa mengontrol berbagai peralatan elektronik di rumah kita.

Lebih tepatnya, ApriPoko bisa berfungsi sebagai universal remote control. Bukan sekadar remote, melainkan bisa dipergunakan ke semua perangkat elektronik. Baik itu perabot media seperti televisi, DVD, ataupun lainnya. ApriPoko akan mendeteksi semua remote melalui koneksi inframerah.

Kelebihan lain, ApriPoko bisa berinteraksi dengan slave-nya. ApriPoko dapat berbicara dan diperintah melalui suara (voice operated). Jika sensor infrared pada hardware elektronik kita telah terbaca, ia akan melontarkan pertanyaan. Ia akan melontarkan pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan.

Cara kerjanya cukup simpel. Sebelum beroperasi, Apripoko duduk menunggu di ruang tamu. Dia menanti pengguna memakai remote control-nya. Ketika sensor robot mendeteksi infra merah, robot itu akan berkata, "What did you just do?"

Pengguna bisa merespon dengan mengatakan "I turned on the stereo" atau "I changed to channel 321." Apripoko akan menyimpan kata-kata ini dalam memori. Jadi, ketika suatu saat user akan menyalakan atau mengganti saluran, tinggal memerintah robot itu. Apripoko pun akan melakukan seperti yang dikatakan sebelumnya.

Robot itu akan mempelajari kebiasaan kita dalam menggunakan remote pad peranti elektronik kita. Selain robot multitalenta, ApriPoko tergolong robot yang lucu. Bentuknya yang menyerupai penguin hanya berbobot 2,3 kilogram.

Posturnya juga imut, berkisar 21x27 cm. Sayang, Toshiba belum memberikan harga untuk satu unitnya.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Robot-Robot Buatan Jepang Pembantu Kerja Manusia"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.