27 March 2008

Trigun


Buron yang Cinta Damai dan Donat
Dicari: hidup atau mati, Vash The Stampede sang Humanoid Typhoon. Penjahat yang sangat berbahaya bagi umat manusia. Setiap kota yang didatanginya pasti akan hancur lebur. Hadiah 60 miliar dolar tersedia bagi orang yang berhasil menangkapnya. Begitulah bunyi selebaran yang tersebar di seluruh dunia.

Tergiur besarnya nilai hadiah, banyak orang berlomba-lomba menangkap pria yang selalu terbalut coat merah itu. Tapi, belum ada seorang pun yang berhasil menangkap Vash. Selain Vash memang licin, para pemburu hadiah juga kesulitan lantaran banyak penjahat kelas teri yang mendompleng nama Vash untuk berbuat onar.

Meryl Stryfe dan Milly Thompson dari Bernadelli Insurance ikut diturunkan untuk melacak jejak sang Humanoid Typhoon. Pasalnya, biro asuransi tempat mereka bekerja terancam bangkrut bila Vash terus beraksi. Sebab, Bernadelli-lah yang harus membayar klaim kerusakan massal yang ditimbulkan Vash.

Setelah melalui perjalanan panjang, Meryl dan Milly berhasil menemukan buron kelas kakap itu. Keduanya kaget bukan kepalang. Imej Vash yang asli jauh berbeda dari yang mereka bayangkan.

Pribadi hangat, selalu mengusung slogan "love and peace", hobi melahap donat, dan benci pertumpahan darah. Dengan karakter seperti itu, Meryl dan Milly sulit percaya bahwa pria itulah yang kepalanya dinilai sangat tinggi dan dicap penjahat berbahaya.

Ya, Vash yang asli benci pertarungan. Bahkan sebisa mungkin, Vash menghindari pertikaian. Vash nggak mau ada orang yang terluka sehingga dia sendiri sering terluka karena melindungi orang lain. Jadi selama ini, kota yang didatangi Vash hancur bukan karena ulahnya, melainkan ulah orang-orang yang mengincarnya.

Kini, dengan dikuntit Meryl dan Milly, Vash berkelana. Tujuannya satu, mencari saudara kembarnya, Millions Knives, yang telah membunuh wanita yang dicintai Vash, Rem Saverem. Di tengah perjalanan, Nicholas D. Wolfwood turut bergabung. Pendeta yang mengusung salib raksasa ini mengajak Vash melacak jejak Knives. Dan Vash menyetujuinya, tanpa tahu siapa Nicholas sebenarnya…

Petualangan Vash The Stampede sang gunman andal berada di bawah bendera Trigun. Lahir dari tangan Nightow Yasuhiro, Trigun memulai serialisasi di Shonen Captain pada April 1995. Karena suatu hal, pada Februari 1997, Trigun terpaksa berakhir di volume ketiga. (ran)

Action Makin Intens dalam Maximum

Tahun Bintang 0113, Meryl Stryfe kini berusia 23 tahun. Hidupnya terasa agak hampa tanpa aktivitas menguntit Vash. Reputasinya naik berkat interaksinya dengan penjahat senilai 60 miliar dolar itu.

Sementara di tempat lain, Nicholas D. Wolfwood tiba di suatu kota. Tanpa sengaja, Nicholas bersua Vash yang kini hidup di sana dengan nama Erics. Nicholas mengembalikan pistol Vash yang tertinggal saat insiden dua tahun lalu.

Niat Vash hidup tenang pun urung setelah Nicholas memberitahunya bahwa Knives mulai bergerak. Api dendam yang nyaris dilupakannya kembali berkobar.

Knives mencium pergerakan Vash, sehingga dia mengirimkan tangan kanannya, Legato Bluesummers, untuk menemui saudara kembarnya itu. Lewat caranya yang keji, Knives menabuh genderang perang. Sekali lagi, tirai petulangan Vash terbuka.

Trigun Maximum melanjutkan kisah Trigun yang sempat terhenti. Masalah lisensi memaksa Nightow menambahkan embel-embel Maximum. Young King Ours mengambil alih hak cipta dari Shonen Captain dan menerbitkannya kembali mulai 1998. Titel inilah yang terbit di negara kita mulai bulan lalu.

Sebenarnya, Young King Ours meminta Nightow mengerjakan judul baru. Namun mangaka kelahiran 8 April 1967 ini menolaknya. "Aku nggak mau meninggalkan Trigun dalam keadaan belum selesai. Jadi, aku meminta pada mereka (penerbit, Red.) supaya aku bisa menyelesaikannya. Saat itu, pembicaraan mengenai pembuatan versi animenya tengah berlangsung, sehingga itu membantu. Akhirnya penerbit mau mengerti dan membiarkan aku melanjutkan serialisasinya," urai Nightow pada Manga no Mori.

Titel baru ini menjanjikan lebih banyak adegan action. Vash lebih sering menarik pelatuk pistolnya seiring munculnya pembunuh-pembunuh berdarah dingin yang dikirim Knives. Untuk mengintenskan adegan action, Nightow memangkas jatah komedi dalam Maximum.

Setahun setelah Trigun Maximum dimuat, anime Trigun diproduksi Madhouse. TV Tokyo menayangkan 26 episodenya mulai 1 April 1998. VCD Trigun sempat dirilis di Indonesia sekitar awal 2000-an, hampir berbarengan dengan Cowboy Bebop. (ran)


Trigun
Mangaka: Yasuhiro Nightow
Terbit: 1995
Penerbit: Shonen Captain
Jumlah tankoubon: 3


Chara

Vash The Stampede
Most wanted outlaw senilai 60 miliar dolar. Vash punya tiga senjata. Pertama, pistol enam peluru. Pistol kedua tersembunyi di balik lengan kirinya. Terakhir, Angel Arm, yang dapat menghancurkan permukaan bulan. Sifatnya yang cinta damai merupakan hasil didikan Rem.

Nicholas D. Wolfwood
D di tengah namanya adalah singkatan dari Dokonokuminomonjawaresumakinishiteshizumetarokakora. Pendeta rekan seperjalanan Vash. Salib raksasa yang dipanggul Nicholas sebenarnya adalah senapan mesin bernama Punisher. Identitas lain Nicholas adalah Chapel the Evergreen, salah satu orang yang bekerja untuk Knives.

Meryl Stryfe
Pegawai Bernadelli Insurance yang ditugaskan untuk mengawasi gerak-gerik Vash selama 24 jam. Julukannya adalah Deringer Meryl. Cewek 23 tahun ini memiliki 50 pistol yang tersimpan di balik jasnya.

Milly Thompson
Bila Meryl bersenjatakan pistol mungil, cewek berjulukan Stungun Milly ini memanggul senjata raksasa. Karakternya kekanakan, sangat kontras dengan Meryl. Sepertinya Milly menyimpan perasaan khusus pada Nicholas.

Rem Saverem
Cinta pertama Vash ini mengorbankan diri demi menyelamatkan Vash dan Knives. Rem merupakan orang yang dipercaya untuk mensukseskan proyek SEEDS. Karena dialah Vash menjadi orang yang berhati lembut dan pantang membunuh.

Millions Knives
Saudara kembar Vash. Bedanya, tahi lalat Knives terletak di bawah mata kanan. Knives sangat membenci manusia yang dianggapnya sampah. Dia bercita-cita menciptakan dunia ideal dimana dirinya dan Vash tinggal. Untuk itu, cowok kejam ini nggak segan mengorbankan nyawa ribuan manusia.

Legato Bluesummers
Sesuai namanya, ciri khas Legato adalah rambut birunya. Tangan kanan Knives ini juga membenci manusia. Legato menggunakan kekuatan pyschic-nya untuk menghabisi lawan. Tujuan hidupnya adalah membuat Vash menderita.


Movie Rilis Tahun Depan

Tiga tahun lalu, kabar mengenai pembuatan movie Trigun sudah berhembus. Maruyama Masao, pendiri Madhouse, yang memberi konfirmasi soal kabar itu. Hal ini juga diumumkan dalam Tokyo Anime Fair 2006. Namun tahun berganti, realisasinya nol besar. Menginjak tahun ketiga, barulah ada titik terang.

Cover manga Trigun Maximum volume 14 yang dirilis dua pekan lalu memuat informasi seputar movie tersebut. Judul tentatifnya adalah Trigun the Movie.

Proyek ini mengusung kisah orisinal yang disusun oleh Nightow Yasuhiro bersama sutradara serial animenya, Nishimura Satoshi (Hajime no Ippo). Skenarionya dikerjakan oleh Kobayashi Yasuko (Claymore, Shakugan no Shana). Yoshimatsu Takahiro kembali digandeng untuk membuat desain karakternya. Sama dengan serialnya, Madhouse akan bertanggung jawab membuat animasinya.

Trigun the Movie menggeber tagline yang pastinya membuat fans resah. Yaitu, "Vash vs Wolfwood". Karena Wolfwood dikisahkan tewas di penghujung serial animenya, tentu saja movie ini mengundang rasa penasaran.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

1 Response to "Trigun"

  1. udah baca, udah download manga nya ampe complete.. keren lah...

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.