22 March 2008

Sepuluh Mangaka Favorit Jepang


Siapa sih mangaka Jepang yang karyanya paling dinantikan para penikmat manga? Awal bulan ini, Oricon, sebuah lembaga riset marketing terkemuka di Jepang, mengungkapkan daftar 10 besarnya. Berikut hasilnya:
----------

Yazawa Ai
Mangaka cewek yang juga menelurkan Kagen no Tsuki ini mencatatkan namanya lewat NANA. Manga tersebut mengisahkan perjalanan sukses band Black Stones yang digawangi Oosaki Nana. Meski sempat absen dari majalah Cookie karena Yazawa jatuh sakit, toh NANA masih dinanti pembaca cewek. Tahun lalu, Yazawa pun menempati urutan teratas dalam poling yang sama.

Toriyama Akira
Penggemar shounen manga pasti kenal namanya. Dragon Ball, karya yang dikerjakannya lebih dari dua dekade silam, mengantar Toriyama menjadi mangaka paling digemari. Tentu saja, penyumbang suara terbanyaknya adalah cowok.

Inoue Takehiko
Peringkat ketiga dihuni oleh mangaka bergaya realis ini. Lewat Slam Dunk yang kaya humor namun menyentuh, Inoue merenggut perhatian pembaca. Sekarang Inoue tengah disibukkan oleh proyek barunya yang konon merupakan gabungan dari Vagabond dan REAL.

Adachi Mitsuru
Namanya merupakan jaminan manga berkualitas. Nggak heran para pembaca menyumbangkan suara untuk mangaka H2, Natane, dan Cross Game ini. Adachi terpilih berkat karyanya, Touch.

Togashi Yoshihiro
Bolak-balik absen dari Shonen Jump bukan berarti Hunter X Hunter kehilangan pembaca. Buktinya, sang mangaka masuk jajaran mangaka paling dinanti karyanya.

Oda Eiichiro
Posisinya seimbang dengan Togashi. Tentu saja, mantan asisten Watsuki Nobuhiro (Rurouni Kenshin) ini sukses berkat serial yang kini telah mencapai ratusan chapter di Shonen Jump, One Piece.

Urasawa Naoki
Mangaka spesial serial thriller ini mencatatkan namanya di bawah Oda-Togashi. Namun, beliau masuk daftar bukan karena Pluto, melainkan karena 20th Century Boys.

CLAMP
Daftar Oricon nggak akan lengkap tanpa kehadiran kuarter mangaka cewek asal Osaka ini. Kebiasaan buruk mereka, suka mendadak kehilangan mood meneruskan suatu serial, nggak lantas membuat mereka kehilangan fans. Untung saja CLAMP masih aktif mengerjakan Tsubasa RESERVoir CHRoNiCLE yang membuat nama mereka masuk daftar, meski kini sibuk dengan serial barunya, Kobato.

Fujio F. Fujiko
Kalau masih hidup, tentu beliau menepuk dada. Doraemon, manga jebolan 30 tahun silam masih terus dikenang pembaca hingga kini. Nama Fuji bersanding dengan CLAMP di posisi 8.

Tezuka Osamu
Mantan runner-up tahun lalu ini kini terpuruk di posisi juru kunci. Karya legendaris sang bapak manga ini, Atom Boy, merupakan pembuka jalan sukses anime dan manga di luar Jepang.

Oricon memang tak memublikasikan jumlah suara yang diperoleh masing-masing mangaka. Namun, lembaga ini mengumumkan rangkumannya. Yazawa unggul di kalangan responden cewek. Sedangkan responden cowok lebih memilih Toriyama. Inoue dan Adachi muncul di daftar lima besar untuk responden cewek maupun cowok.

Bila ditinjau dari usia pembaca, Yazawa dan Oda sama-sama menduduki peringkat teratas. Hanya, Yazawa lebih beruntung karena pembaca berusia awal 20-an juga memilihnya. Toriyama banyak dipilih oleh responden yang berusia 30 tahun ke atas. Tentu saja, karena Dragon Ball milik Toriyama sangat populer saat responden tersebut berusia remaja. Meski aksi petualangan Son Goku sudah berakhir 13 tahun lalu, popularitasnya terdongkrak karena perilisan DVD animenya dan live-action movie yang akan dirilis tahun ini.

Poling ini digelar 12-15 Februari melalui internet dengan total 600 responden yang dibagi rata berdasarkan gender. Oricon membidik tiga range usia responden, remaja, usia 20 tahunan, dan 30 tahunan. Tahun lalu, jumlah responden total mencapai 1.000 orang dengan pembagian range usia responden siswa SMP, SMU, sekolah kejuruan, mahasiswa, pegawai berusia 20 tahunan, pegawai berusia 30 tahunan, dan pegawai berusia 40 tahunan.

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

3 Responses to "Sepuluh Mangaka Favorit Jepang"

  1. wah, clamp masuk oricon chart senangnya ^^, coz ki sangat suka karya2 clamp, mulai dr css, tsubasa chronicle, detektif school clamp, chobits, ama apalgi ya lupa >_<, slamdunk jugsa suka banget, hanamichi sakuragi sugoii ne ^^,
    salam anime n manga ^^

    ReplyDelete
  2. @akina
    salam juga,,clamp emang keren code geass buktna

    ReplyDelete
  3. kalo aku suka banget ama karya-karya urazawa naoki.. pertama kali baca monster..langsung suka.. trus pastinya 20th century boys... :D top abiezzzz...
    pokoknya kalo ada capnya level comic.. aku pasti baca kebanyakan.. :D

    ReplyDelete

Kolom Untuk Mengisi Komentar.