27 March 2008

Lego

LEGO, Mainan Edukatif yang Nggak Pernah Basi
LIHAT saja betapa menakjubkan mainan-mainan yang terpampang dalam halaman ini. Pesawat dan bandara, kereta api plus stasiun, semua berawal dari brick kecil buatan produsen mainan LEGO. Dengan membongkar pasang brick kecil itu, terbentuklah beragam bentuk cantik. Itu membuat LEGO menjadi mainan edukatif yang nggak pernah basi.

DetEksi kali ini mengulas LEGO City. Pada seri City ini, bermacam bentuk bangunan bisa disusun. Antara lain, bandara, pelabuhan, kantor polisi, kantor petugas pemadam kebakaran, stasiun kereta api, dan masih banyak lagi.

Jelas sudah, dari semua itu bisa terbentuklah sebuah kota mini impian. Termasuk, pemandangan yang disajikan pada pameran LEGO yang dilangsungkan di JS Plaza berikut ini. Di sini, LEGO disusun bertumpuk-tumpuk hingga mirip sebuah miniatur kota nan luas, plus segala pernak-pernik detailnya.

Untuk mengoleksi, LEGO tersebut dijual dalam wujud paket. Misalnya, bandara. Dalam paket itu, tersedia brick untuk membangun sebuah bandara plus sebuah pesawat. Juga, ada lima mini figure alias orang-orangan di paket tersebut. Kalau ingin memajang lebih dari satu pesawat, paket LEGO untuk sebuah pesawat juga dijual terpisah.

Paket stasiun tak kalah menarik untuk dimasukkan ke daftar koleksi. Dalam paket itu, brick yang ada bisa membentuk serangkaian pendek gerbong kereta api sekaligus relnya. Lebih seru lagi, paket tersebut juga bisa dilengkapi motor berbaterai sehingga memungkinkan kereta api itu bergerak.

Kalau masih merasa rel tersebut kurang panjang, ada pula paket brick yang disediakan untuk membentuk rel-rel kereta. Ada yang disediakan untuk rel melengkung dan rel lurus. Tinggal gabungkan saja sesuai dengan panjang yang kamu harapkan.

Dari tempat nongkrong kereta api, pindah ke pelabuhan. Satu setnya berisi sebuah kapal, mobil boks, dock, dan crane. Ada juga sejumlah mini figure yang termasuk dalam paketnya.

Stasiun polisi pun bisa didirikan dari kumpulan brick kecil itu. Untuk menambah hidup suasana kantor polisi, bisa tambahkan mobil dan helikopter. Keduanya dijual dalam paket terpisah.

Untuk seri police station tersebut, LEGO juga mengeluarkan seri terbarunya Januari lalu. Namun, rilisan itu dilakukan di Denmark dan baru masuk ke Indonesia sekitar akhir Maret ini. Bentuknya tak jauh berbeda, namun disebut-sebut tentang adanya sedikit pembaruan model.

Seluruh bangunan tadi bisa didirikan di atas plate khusus agar bisa menjadi satu area. Plate pun dijual terpisah. Harganya berkisar antara Rp 50 ribu-Rp 100 ribu, tergantung pada besar plate.

Seluruh paket itu dijual dengan buku panduan. Tapi, kalau sudah mahir, asah saja kreativitas untuk membuat tampilan baru

Share this

Blogger nyantai yang jarang posting

0 Comment to "Lego"

Post a Comment

Kolom Untuk Mengisi Komentar.